Home » » Pembelajaran 3 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Pembelajaran 3 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Anggota pramuka harus mengenal dengan baik negaranya. Anggota pramuka harus mengenal bahasa dan lambang negaranya. Anggota pramuka juga harus mengenal lagu kebangsaan. Mengenal lambang negara dan lagu kebangsaan berguna untuk melatih rasa cinta tanah air.

Salah satu kegiatan mengenal negara adalah memahami arti lagu Garuda Pancasila. Syair lagu Garuda Pancasila memiliki arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukung Pancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot artinya siap berjuang dan rela berkorban untuk negara.

Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu bangsa Indonesia harus terus maju dan pantang mundur.

Setelah memahami lagu Garuda Pancasila diharapkan anggota pramuka memiliki sikap nasionalis. Anggota pramuka harus mencintai negara Indonesia dan selalu bersikapsesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Arti lagu Garuda Pancasila berisi tentang sikap yang diharapkan dari warga negara untuk mencintai negaranya. Rela berkorban untuk bangsanya. Semua bisa berkontribusi untuk mengharumkan nama bangsa. Salah satunya menghargai kebudayaan, menghargai perbedaan, dan berprestasi.

Ayo Berlatih
Temukan arti dari syair lagu Garuda Pancasila dan tuliskan
Syair LaguArtinya
Garuda pancasila, akulah pendukungmuWarga negara Indonesia mencintai negara dan mengenal baik lambang negaranya
Patriot proklamasi, sedia berkorban untukmuWarga negara Indonesia mencintai negara dan mengenal baik lambang negaranya
Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosaMengakui Pancasila sebagai dasar negara dan siap melaksanakan nilainilai Pancasila untuk menjadikan rakyat Indonesia hidup makmur sentosa.
Pribadi bangsaku, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju majuSebagai warga negara Indonesia akan terus maju dan tidak mudah menyerah.

Ayo Berlatih
Melatih kecintaan terhadap negara dapat dilakukan melalui kegiatan upacara. Edo menjadi pemimpin upacara saat latihan pramuka. Edo memimpin upacara dengan baik dan dapat menunjukkan sikap hormat bendera dengan baik. Edo juga sudah dapat menunjukan sikap baris yang baik. Edo menjadi contoh bagi teman-temannya.

Dapatkah kamu menjiplak tepi lurus dari gambar-gambar berikut? Bagaimana sudut yang kamu hasilkan dari menjiplak tepi lurus? Ingat sudut dibentuk oleh dua buah garis !
Sudut
Sekarang coba perhatikan benda-benda di sekitarmu ! Tuliskan benda-benda yang tepi lurusnya membentuk sudut. Tuliskan pada tabel berikut sebanyak mungkin !
No.Nama BendaNo.Nama Benda
1Meja6Gambar Presiden
2Kursi7Gambar Wakil Presiden
3Almari8Kotak Pensil
4Rak Buku9Tempat Sampah
5Gambar Lambang Negara10Buku Tematik Kelas III

Ayo Bernyanyi
Latihan pramuka akan ditutup dengan menyanyikan lagu
Aku Dapat Berbaris
Kegiatan ini dapat dilakukan menggunakan alat musik pukul.

Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang digambarkan seperti bunyi detak jarum jam. Pola irama berjalan menurut birama. Birama yaitu kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. Kuat lemahnya bunyi dibatasi garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh dari tanda birama yaitu 4/4. Artinya setiap birama ada empat ketukan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.