Home » » Pembelajaran 2 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Pembelajaran 2 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Pada kegiatan latihan pramuka siaga banyak dipelajari berbagai hal. Banyak kegiatan diajarkan dalam bentuk permainan. Salah satu alat yang dapat dijadikan alat permainan adalah tongkat. Banyak permainan yang dapat dilakukan dengan menggunakan tongkat.

Permainan lompat tongkat dikenal diberbagai daerah sebagai permainan tradisional. Ada banyak nama daerah untuk jenis permainan ini. Salah satunya adalah permainan Rangku Alu. Rangku alu atau bisa di sebut dengan tari tongkat merupakan permainan yang terkenal dalam masyarakat Manggarai (Nusa Tenggara Timur) yang biasa di gunakan untuk merayakan panen setiap satu tahun sekali biasanya jatuh pada bulan Juni atau Juli.  Setidaknya di butuhkan 2 meter bambu sebanyak 4 buah atau lebih.
Rangku Alu
Pemain di bagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok jaga dan satu kelompok main. Kelompok jaga bertugas menggerak gerakkan bambu sambil di iringi nyanyian lagu tari tongkat. Sementara yang bertugas mendapat giliran main di haruskan menari sambil melompat lompat dan menghindari jepitan bambu yang di gerakkan oleh pemain yang jaga. Buka tutupnya bambu mengikuti irama lagu yang di nyanyikan.

Permainan lompat tongkat ini selain menyenangkan juga menyehatkan, karena dalam latihan ini melatih kekuatan otot kaki dan keseimbangan. Selain itu juga diperlukan kekompakan antar pemain tongkat dan pemain lompat tongkat. Perhatikan salah satunya adalah permainan lompat tongkat berikut ini.

Latihan keseimbangan dilakukan seperti berikut ini:
Lompat Kaki Satu
  1. Berdiri tegak.
  2. Angkat kaki kirimu.
  3. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
  4. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
  5. Angkat kaki kanan.
  6. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
  7. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh. Lalu, cobalah melompat dengan menggunakan satu kaki. Coba juga berlari menggunakan satu kaki dengan cara bergantian. Latihan keseimbangan dapat membuat badan menjadi sehat dan kuat.

Ayo Membaca
Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila. Lambang negara adalah suatu bentuk yang digunakan sebagai lambang resmi negara.

Lambang burung Garuda melambangkan kebesaran dan kekuatan. Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara kita juga harus kuat dan sehat. Sebagai warga negara kita harus menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat.

Lambang negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang menyerupai jantung. Leher, syap dan ekor memiliki sejumlah bulu. Garuda mencengkeram pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika.

Ayo Berlatih
Tuliskan kembali informasi tentang lambang negara berdasarkan bacaan tersebut !
Garuda Pancasila
  1. Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila.
  2. Menurutmu mengapa burung Garuda dipilih sebagai lambang negara? Burung Garuda dipilih sebagai lambang negara karena Garuda melambangkan kebesaran dan kekuatan.
  3. Bentuk perisai yang menggantung di leher burung Garuda adalah berbentuk menyerupai jantung.
  4. Tulisan pada pita yang dicengkeram burung Garuda adalah Bhinneka Tunggal Ika

Biasanya lambang negara di pasang di kelas, ruang kepala sekolah, kantor pemerintahan seperti kelurahan, dan kecamatan. Mengenal lambang negara sebagai identitas bangsa dapat memperkuat karakter nasionalis.

Tuliskan kembali informasi mengenai lambang negara dengan bahasamu sendiri !
Para pendiri negara Indonesia memilih burung Garuda sebagai lambang negara. Burung garuda menunjukkan kekuatan. Indonesia ingin menjadi negara yang besar dan kuat. Oleh karena diperlukan juga warga negara yang kuat dan sehat. Melalui latihan olahraga diharapkan seluruh warga negara Indonesia tumbuh menjadi warga negara yang sehat dan kuat.

Bendera Merah Putih merupakan lambang Negara Republik Indonesia. Garuda pancasila juga merupakan lambang Negara Republik Indonesia.

Lambang tersebut harus dijaga sebagai tanda kehormatan negara. Penggunaan dan pemasangan lambang negara harus mengikuti peraturan. Mari kita mengamati tempat menemukan lambang negara dipasang.

Temukan lima tempat dipasang lambang negara !
  1. Ruang kelas
  2. Ruang kepala sekolah
  3. Ruang UKS/Perpustakaan
  4. Kantor kelurahan
  5. Kantor Kecamatan
Tuliskan hal yang kamu ketahui pada lambang negara Garuda Pancasila !
No.Bagian pada Garuda Pancasila
1.Kepala menoleh ke sebelah kanan dan memiliki bulu di leher
2.Sayap
3.Ekor
4.Tameng berupa jantung berisi sila-sila Pancasila
5.Pita dalam cengkeraman dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:25 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.