Home » » Mari Belajar Q.S al-Falaq

Mari Belajar Q.S al-Falaq

Al-Qur’an surah al-Falaq artinya waktu subuh. Rasulullah saw. sering membaca surah ini, terutama ketika dalam perjalanan agar selalu terpelihara dari kejahatan. Di dalam Q.S al-Falaq ini Allah Swt. memerintahkan Nabi Muhammad saw. agar mengatakan: “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (falaq)”. Maksudnya, Allah memerintahkan kepada nabi dan umatnya selalu berlindung kepada Tuhan agar terpelihara dari kejahatan.

Surat Al Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al Quran. Namun dalam urutan turunnya, surat ini merupakan surat ke-20. Bersama surat An Nas, keduanya disebut al mu’awwidzatain. Yakni dua surat yang menuntun pembacanya menuju tempat perlindungan. Surat Al Falaq disebut al mu’awwidzah al ‘ula. Sedangkan Surat An Nas disebut al mu’awwidzah ats tsaaniyah. Surat Al Falaq dan Surat An Nas juga disebut al muqasyqisyatain yaitu dua surat yang membebaskan manusia dari kemunafikan.

Al-Qur’an surah al-Falaq ini menceritakan: ada kejahatan makhluk, ada kejahatan malam apabila gelap gulita, ada kejahatan tukang sihir (mantera-mantera), dan ada kejahatan orang dengki. Apabila kita membaca Q.S al-Falaq, insya Allah kita akan terpelihara dari berbagai yang kejahatan itu. Dengan demikian, Q.S al-Falaq ini mengajarkan kepada kita bahwa hanya Allah tempat berlindung.

A. Membaca Q.S al-Falaq
Bacalah al-Qur’an surat al-Falaq dan artinya seperti berikut ini!
Surat al-Falaq
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
١qul a'uudzu birabbi alfalaqi
(Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh)
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ
٢min syarri maa khalaqa
(ari kejahatan makhluk-Nya)
مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
٣wamin syarri ghaasiqin idzaa waqaba
(dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita.)
وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
٤wamin syarri alnnaffaatsaati fii al'uqadi
(dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul)
وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ
٥wamin syarri haasidin idzaa hasada
(dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki".)
وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

B. Menghafal Q.S al-Falaq
Hafalan Q.S al-Falaq dapat digunakan dalam salat. Kamu dapat membacanya setelah bacaan surah
al-Fatihah. Bagaimanakah cara menghafalkan Q.S al-Falaq? Caranya mudah, yaitu melafalkan secara berulang hingga hafal. Menghafal dapat dilakukan dengan pelafalan secara berulang atau mendengarkan pelafalan orang lain.

Ayo lakukan secara berulang sehingga kamu dapat membaca Q.S al-Falaq dengan baik dan benar

Tugas Individu
Ceritakan, apa yang kamu lakukan ketika:
1. Merasa takut terhadap gangguan makhluk halus (jin atau setan);
Jika merasa takut akan gangguan jin atau setan kita bisa meminta perlindungan kepada Allah SWT dengan cara berdoa.
2. Merasa takut terhadap gangguan orang yang akan berbuat jahat.
Jika merasa takut akan gangguan orang yang akan berbuat jahat kita bisa meminta perlindungan kepada Allah SWT dengan cara berdoa.

C. Hikmah
Rasulullah saw. bersabda :

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya :
“Barangsiapa yang membaca satu huruf al-Qur’an maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dibalas sepuluh kebaikan, aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, mim satu huruf.” (H.R. Tirmizi)

Surah Al falaq memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terpelihara dari segala kejahatan. Sebagai manusia kita wajib hanya meminta perlindungan kepada Allah semata terhadap semua hal yang membahayakan, seperti kegelapan, sihir dan pelakunya, hasad dan pelakunya
Al-Falaq
Surah ini banyak keutamaannya dan sangat berguna sekali, terutama di dalam mengobati sakit, „ain (penyakit yang muncul apabila dilihat oleh orang yang dengki atau orang yang kagum melihat tetapi tidak memuji Allah) dan sihir.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:26 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.