Home » » Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?

Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada
gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.
Mengapa Mati Lampu?
Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

1. Apa topik/gagasan utama bacaan di atas?
Peran listrik di era globalisasi
2. Apa saja penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga?
Penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga yaitu Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. 
3. Bagaimana mencegah terjadinya mati lampu?
Cara mencegah matinya lampu dapat dilakukan dengan mencegah gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak
Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang tepat dan lengkap.

Ayo Menulis
Tuliskan informasi tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut. Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Peran Listrik
Paragraf 1
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.  Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan.

Paragraf 2
Penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga yaitu Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi.

Paragraf 3
Sebagai pengguna listrik dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu

Penemuan listrik sangat berpengaruh terhadap proses globalisasi. Benda-benda menggunakan energi listrik yang berperanan hingga terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memberikan peran yang sangat besar terhadap akses informasi ke berbagai belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:55 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.