Home » » Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran

Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran

Media campuran adalah dua atau lebih media yang digunakan dalam karya tunggal seni, misalnya logam dan kayu, atau logam, kayu dan batu. Dalam pembuatan produk kerajinan dengan menggunakan satu jenis bahan terkadang banyak menemui kendala. Kendala yang biasa didapat seperti terbatasnya bahan baku, bentuk produk yang monoton, dan kurang terlihat modern.

Sebagai pengrajin perlu juga meningkatkan inspirasinya untuk melakukan perubahan perubahan bentuk pada produk kerajinan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media campuran. Adapun prinsip perubahan strateginya adalah sebagai berikut :
  1. Merupakan penggabungan dari berbagai bahan yang tidak memiliki reaksi kimia tertentu ketika dilakukan penggabungan, misalnya bahan yang digunakan dapat membuat bahan lainnya terkikis atau berkarat dan sebagainya.
  2. Bahan yang digunakan terdiri dari berbagai jenis. Tidak hanya satu saja melainkan lebih dari satu, dapat dua, tiga atau lebih. Semua bergantung kepada rancangan kebutuhan dari produk kerajinan yang akan dibuat.
  3. Bahan dapat terdiri dari bahan homogen, atau heterogen. Misalnya bahan alam dengan bahan alam, bahan buatan dengan bahan buatan, dapat pula bahan alam dengan buatan. Tidak terjadi perubahan fisik pada salah satu bahan yang digabungkan, misalnya terjadi lelehan setelah direkatkan dan sebagainya.
  4. Masing-masing bahan memiliki karakteristik sendiri yang saling mendukung terwujudnya keindahan (estetika) dari sebuah produk kerajinan yang dibuat.
  5. Penggabungan bahan yang dilakukan harus dapat menyatu dengan bahan lainnya, sehingga terjadi kesatuan dan harmonisasi.

A. Menyederhanakan Bentuk dengan Mengurangi atau Menambah Bentuk Produk Kerajinan Berbasis Media Campuran (Stilasi)
Menyederhanakan bentuk dengan cara mengurangi atau menambah bentuk, prinsip yang harus dilakukan dalam tahap perancangan adalah sebagai berikut:
  1. Pesan eksplisit pada produk harus jelas, apakah sebagai produk fungsional ataukah sebagai produk hias,
  2. Pesan yang bersifat implisit pun harus diperhatikan, apakah produk kerajinan membawa pesan infomatif atau prestige,
  3. Bahan yang tersedia sejak awal dapat menjadi modal perancangan produk kerajinan, namun dapat pula bahan yang dibutuhkan disiapkan setelah perancangan,
  4. Produk kerajinan sebagai materi asal untuk dilakukan penyederhanaan bentuk harus disiapkan, apakah bentuknya gambar ataupun bentuk langsung,
  5. 5) perhatikan penghematan bahan, agar produksi dapat dilakukan
  6. sebanyak mungkin dengan berbagai bentuk rancangan.

TUGAS 3
Identifi kasi Produk Kerajinan Berbasis Media Campuran dengan Penyederhanaan Bentuk
  1. Beraneka bentuk karya kerajinan berbasis media campuran yang disederhanakan bentuknya dan karakteristik apa saja yang dapat kalian jelaskan.
  2. Jika menemui hal lain tambahkanlah pada kolom baru.
  3. Ungkapkan perasaan yang timbul terhadap karunia Tuhan berdasarkan produk kerajinan berbasis media campuran tersebut.

LEMBAR KERJA-1 (LK-1)
BentukFungsiApa yang dikurangi
atau ditambah
Teknik
Hiasan Kepala Penari baliFungsi hiasDisederhanakan menjadi hiasan ruangan sekaligus kap lampuPaduan bahan logam dan kayu serta besi sebagai penyangga.
Hiasan Meja dari KerangFungsi hiasTambahan aksen seperlunya sebagai hiasan lemari atau mejaDitambah bentuknya menjadi memiliki kaki sehingga dapat berdiri
Pot BungaFungsi hiasTambahan aksen seperlunya sebagai hiasan ruanganDitambah bentuknya menjadi memiliki kaki sehingga dapat berdiri
Sandal KayuFungsi pakaiDisederhanakan menjadi hiasan ruanganPaduan bahan kayu dan logam besi sebagai penyangga hiasan
Teko KeramikFungsi pakaiDisederhanakan menjadi hiasan ruanganPaduan bahan keramik dan rotan sebagai pegangan hiasan
Ungkapan Perasaan :
Merasa bangga dan bersyukur kepada Tuhan YME dan bangsa,

B. Merubah Bentuk Produk Kerajinan Berbasis Media Campuran (Deformasi)
Selain dengan cara menyederhanakan bentuk, kerajinan berbasis media campuran dapat pula dilakukan dengan menggunakan cara merubah bentuk hingga menjadi bentuk yang benar-benar baru. Deformasi adalah perubahan bentuk yang terjadi secara permanen.

Beberapa contoh merubah bentuk kerajinan berbasis media campuran antara lain sebagai berikut :
Bahan Campuran
  1. Produk kerajinan terbuat dari bahan kayu. Meskipun tidak terlihat jelas paduan bahan yang digunakan, namun sesungguhnya kursi ini memiliki campuran bahan kayu yang dibentuk sedemikian rupa hingga tidak nampak. Fungsinya sebagai kursi, namun bentuknya sudah dirubah sehingga tidak menyerupai kursi yang sebenarnya.
  2. Produk kerajinan berbasis media campuran. Karya ini terbuat dari keramik, fungsinya sebagai mangkuk, namun bentuknya sudah diubah terutama pada bagian dekorasi bagian dalamnya, sehingga tidak maksimal berfungsi sebagai mangkuk. Namun keramik ini tetap digunakan sebagai wadah bunga atau lilin.

TUGAS 4
Cari tahu tentang produk kerajinan berbasis media campuran Lakukan bersama kelompok, carilah informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai media informasi.

Piring Hias Keramik Pajangan Dinding

Piring adalah alat makan yang berbentuk datar dan juga ada yang sedikit cekung, di mana makanan disajjkan, terbuat dari kaca, rotan, porselen, batu, plastik, logam, atau gelas bahkan yang semakin berkembang terbuat dari melamin. Kadang-kadang kayu juga digunakan. Ada juga piring yang berfungsi sebagai penghias ruangan, biasanya berupa piring yang banyak hiasannya atau berbahan logam mulia atau batu mulia.

Piring juga ada bermacam-macam ukuran. Untuk piring sekali pakai biasanya digunakan bahan dari kertas atau styrofoam. Seiring perkembangan zaman, piring tidak hanya menjadi alat makan. Piring juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti sebagai souvenir, plakat, dan media promosi.
Piring Hias
Mendekorasi dinding dengan piring sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Banyak yang memilih piring-piring sebagai penghias dinding karena selain akan mempercantik ruangan juga menjadikannya lebih unik. Terutama bila kamu punya koleksi piring yang antik.

Piring fungsi utamanya adalah sebagai peraltan makan, namun dengan menambahkan sedikit hiasan benbentuk bunga ternyata piring dapat digunakan sebagai hiasan dinding yang sangat menarik.

LEMBAR KERJA-2 (LK-2)
Mencari informasi produk kerajinan berbasis media campuran yang dikerjakan dengan proses disederhanakan atau diubah bentuk.
  1. Carilah informasi dari sumber bacaan dan media online tentang karya kerajinan berbasis media campuran yang disederhanakan atau diubah bentuknya.
  2. Kumpulkan catatan pertanyaan yang harus kalian cari tahu terkait dengan produk kerajinan berbasis media campuran.
  3. Buatlah gambar atau ambil foto dari produk kerajinan berbasis media campuran yang disederhanakan atau diubah bentuknya.
  4. Catatlah semua penemuan yang didapatkan.
  5. Buatlah laporan hasil penemuan kelompokmu dan sajikan secara menarik dan artistik.
  6. Presentasikan di depan kelas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:58 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.