Home » » Pengaruh Listrik terhadap Kehidupan Masyarakat di Lingkunganku

Pengaruh Listrik terhadap Kehidupan Masyarakat di Lingkunganku

Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik. Dengan adanya listrik, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Listrik membuat orang hidup lebih nyaman karena banyak pekerjaan yang dapat terbantu. Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia.

Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Indonesia memiliki kebutuhan listrik yang besar, saat ini listrik tidak hanya ada di kota besar saja. Namun energi listrik ada di pelosok desa sehingga listrik sudah masuk desa. Listrik adalah kebutuhan utama rakyat Indonesia, tanpa listrik roda ekonomi di Indonesia bisa macet total. Pasalnya banyak pabrik dan industri besar yang menggunakan listrik dan bergantung pada listrik.

Dalam kehidupan sehari-hari pun manusia mengandalkan listrik, mulai dari memasak, belajar dan masih banyak lagi lainnya. Manusia membutuhkan energi listrik untuk kehidupannya. Banyak sekali manfaat energi listrik untuk kehidupan ini,

Ayo Mengamati
Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?
Pengaruh Listrik
Sebelum ditemukan listrik (dulu)Setelah ditemukan listrik (sekarang)
  1. Menyetrika baju menggunakan setrika arang
  2. Komunikasi hanya dilakukan secara tatap muka di satu wilayah saja.
  3. Masyarakat hanya bekrja di siang hari.
  4. Belajar penerangannya  menggunakan lampu minyak.
  5. Kegiatan pentas seni tradisional dan sejenisnya hanya dilakukan di siang hari.
  1. Menyetrika baju menggunakan setrika listrik
  2. Bisa melakukan komunikasi jarak jauh, akses informasi semakin tinggi.
  3. Kegiatan bekerja bisa dilakukan di malam hari.
  4. Belajar lebih nyaman dengan adanya lampu listrik
  5. Kegiatan pentas seni tradisional dan sejenisnya bisa dan banyak dilakukan di malam hari.
Sekarang amati lingkungan sekitarmu!
Temukan sebanyak mungkin pengaruh listrik dalam kehidupan di bidang sosial dan budaya di lingkungan tempat tinggalmu! Kamu dapat menggunakan tabel hasil diskusi kelompok, atau melakukan wawancara dengan guru, pegawai sekolah, dan petugas lainnya yang ada di sekolah. Tuliskan dalam peta pikiran berikut:
Manffaat Listrik
Meski dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak boleh boros begitu saja dalam menggunakan energi listrik. Hal itu dikarenakan biaya listrik akan semakin mahal, jika sudah mahal kita sendiri yang akan menanggung akibatnya. Saat ini, anggaran pemerintah untuk listrik membengkak. Jadi pemerintah sering mengadakan pemadaman listrik bergilir. Hal itu untuk menghemat anggaran pemerintah untuk listrik. Meski tidak lama, pemadaman listrik bergilir itu sering membuat banyak orang kacau dalam menjalankan aktivitasnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.