Home » » Jenis dan Manfaat Makanan dari Bahan Pangan Produk Samping

Jenis dan Manfaat Makanan dari Bahan Pangan Produk Samping

Bahan pangan hasil samping hasil perikanan dan peternakan adalah bahan-bahan selain daging pada hasil perikanan dan peternakan yang dapat dimanfaatkan untuk pangan. Bahan baku berupa daging hasil perikanan dan peternakan merupakan bahan pangan utama manusia, sedangkan bagian tulang, kulit, jeroan, kaki, dan sisik, bagian tubuh yang jarang dimakan, tetapi masih dapat dimanfaatkan sebagai Bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan masih memiliki kandungan gizi sehingga dapat dimanfaatkan hasil samping pangan.

Hasil samping dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan siap konsumsi seperti mie bakso dan ceker ayam, keripik ceker ayam, kerupuk kulit ian, kerupuk kulit sapi, keripik usus ayam, gulai kepala ikan kakap, rempeyek sisik ikan, dan lain-lain.

Jenis dan Manfaat
Jenis-jenis bahan baku yang digunakan untuk membuat makanan dari hasil samping perikanan dan peternakan, yaitu
Bahan Pangan Produk Samping
Jenis Produk SampingManfaat
Kepala ikan Bagian kepala ikan dapat diolah menjadi hidangan yang lezat dan bergizi seperti: gulai kepala ikan atau sup kepala ikan,
Kulit Kulit mempunyai banyak fungsi antara lain sebagai alat perasa, pelindung jaringan di bawahnya, memberi bentuk, mengatur suhu tubuh, tempat sintesis vitamin D. Kulit dapat diolah menjadi produk pangan seperti kerupuk dan masakan lainnya.
Ceker ayam Ceker ayam mengandung protein, kolagen, zat kapur/kalsium dan kartilago. Ceker ayam dapat diolah menjadi produk pangan seperti, keripik ceker ayam, baso ceker ayam, sup ceker ayam, dan lainlain.
Tulang ikan Tulang ikan mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kokohnya tulang. Setelah menjadi tepung tulang ikan bisa diversifikasi dalam bentuk olahan berupa cemilan, seperti pangsit ikan, stik ikan, kerupuk, dan lainnya.
Sisik ikan Sisik ikan mengandung lemak, protein, dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sisik ikan kakap dapat diolah menjadi keripik dengan hasil rasa yang gurih, aroma yang sangat khas ikan, warna yang menarik dan tekstur yang renyah

TUGAS KERJA KELOMPOK
Diskusikan!
  1. Amati jenis-jenis hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan yang ada di daerahmu.
  2. Catatlah jenis hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan tersebut, dapat digunakan apa saja di daerahmu.
  3. Bagaimana latar belakang atau sejarah pemanfaatan hasil samping dari bahan baku perikanan dan peternakan tersebut?
  4. Kesan apa yang kamu rasakan terhadap ciptaan Tuhan tersebut?
  5. Saat melakukan observasi dan wawancara, hendaknya kamu bersikap ramah, berbicara sopan, dan dapat bekerja sama dengan narasumber yang kamu wawancarai serta toleransi dengan teman kelompokmu
Nama hewan hasil
perikanan dan
peternakan
Manfaat Hasil
samping yang
dimanfaatkan
Produk
pangan yang
dihasilkan
Manfaat
Ikan Kulit Kerupuk dan keripik Menambah variasi jenis makanan
Udang Kepala Udang Bubuk Kepala Udang Bumbu pelengkap buat nasi goreng buat mie goreng buat tumisan
Kambing Kulit Kerupuk Menambah variasi jenis makanan
Bandeng Tulang Tepung Tulang Pencegahan osteoporosis dengan mengkonsumi tepung tulang bandeng
Sapi Kulit Kikil Makanan kaya akan protein untuk pertumbuhan

Demikian tulisan mengenai Jenis dan Manfaat Makanan dari bahan pangan Produk samping. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:30 PM

8 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.