Home » » Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?

Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?

Apa manfaat globalisasi bagi manusia di berbagai belahan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan berbagai makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta dari Italia, keju dari Belanda, kursi plastik buatan Tiongkok, atau peralatan dapur produksi Jerman. Apakah makanan dan barang produksi Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot hasil karya pengrajin daerah pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal positif dari globalisasi.

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya era globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa berita dari belahan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, berita penting dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia.

Namun perlu pula kita waspadai. Globalisasi dapat memengaruhi kebudayaan manusia di sebuah negeri. Masuknya pengaruh asing, secara tidak langsung akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat. Perubahan budaya bisa menjadi pengaruh positif, namun bukan tidak mungkin membawa pengaruh negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, anak-anak muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga meniru cara berpakaian muda-mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam budaya Indonesia? Belum tentu!

Pengaruh positif akibat globalisasi tentu akan memperkaya manusia di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang kuat, tidak mustahil nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akibat globalisasi.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa saja dampak positif dari globalisasi?
Dampak positif globalisasi diantanranya adalah kita dapat dengan mudah menemukan berbagai makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Selain itu juga berita penting dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia.
2. Apa saja dampak negatif dari globalisasi?
Dampak negatif globalisasi diantaranya adalah membanjirnya barang dari luar negeri sehingga mengalahkan produksi dalam negeri. Selain itu globalisasi juga mengakibatkan masuknya budaya asing yang belum tentu cocock dengan budaya bangsa Indonesia.
3. Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa?
Globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa karena dengan masuknya pengaruh asing secara tidak langsung akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat.
4. Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?
Globalisasi membawa banyak perubahan pada budaya bangsa Indonesia sehingga tidak mustahil nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akibat globalisasi. Bangsa Indonesia harus memiliki benteng nilai budaya yang kuat.
5. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globaliasi?
Untuk menghadapi era globalisasi dibutuhkaan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan dan benteng nilai budaya yang kuat.
6. Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi
Dampak Globalisasi
Saat ini, pengaruh budaya asing telah membawa begitu banyak perubahan berlangsung sangat cepat dan menyangkut sendi-sendi dasar kehidupan masyarakat. Misalnya adalah perubahan mode pakaian. Dapat kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari baik anak-anak maupun dewasa sudah mulai meniru cara berpakaian orang-orang asing atau yang kebarat-baratan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:56 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.