Home » » Posisi dan Peranan Indonesia di Bidang Ekonomi dalam Lingkup ASEAN

Posisi dan Peranan Indonesia di Bidang Ekonomi dalam Lingkup ASEAN

Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampil dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.

Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Anjungan ini menampilkan
berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara. Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.

Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarik dengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.

Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini populer sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkan kembali minat masyarakatnya untuk mempelajari Wayang Asik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknya berbagai budaya asing. Hal yang menarik bagi Beni adalah melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik. Berbeda dengan wayang Indonesia, yang menampilkan sosok legendaris dunia pewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokoh manusia dalam bentuk kecil. Tinggi wayang hanya sekitar delapan hingga sepuluh cm. Wayang ini dibuat dari kertas tebal dengan pegangan dari kayu.

Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulir pendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari negara tersebut.

Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga. Kini pengetahuan mereka semakin kaya. Pengetahuan dari penjelasan guru, dari buku yang dibaca, serta menyaksikan langsung ragam karya dan budaya yang ditampilkan tiap negara ASEAN.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Mengapa hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan?
Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan karena mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta.
Apa yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN?
Kita dapat mempelajari berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil di Anjungan yang dikelola sekretariat ASEAN  Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara.
Apa pengalaman belajar yang diperoleh Edo?
Edo memperoleh pengalaman belajar bahwa makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.
Apa pengalaman belajar yang diperoleh Beni?
Beni memperoleh pengalaman belajar mengenal Wayang Asik dari Brunei yang berbeda dengan wayang Indonesia .
Apa pengalaman belajar yang diperoleh Udin?
Udin memperoleh pengalaman belajar Udin mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh
beberapa anjungan
Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran tersebut, apa kegiatan yang mungkin paling menarik menurutmu? Mengapa?
Menurut saya yang paling menarik adalah mengenal Wayang Asik dari Brunei karena berbeda dengan wayang Indonesia, yang menampilkan sosok legendaris dunia pewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokoh manusia dalam bentuk kecil. 
Tulis 3 hal yang menurutmu penting dari teks tersebut!
  1. Pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN
  2. Anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil.
  3. Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga.

Ayo Berdiskusi
Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN mempunyai potensi masingmasing, mulai dari sumber daya alamnya hingga sumber daya manusianya. Bagaimana peranan dan posisi Indonesia dalam kancah perekonomian ASEAN? Bagaimana peranan dunia usaha? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut. Kamu akan mencari informasi secara berkelompok tentang kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN, khususnya tentang posisi dan peranan Indonesia. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber. Laporkan hasilnya dalam bentuk peta pikiran
Peran Indonesia
Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN mempunyai potensi masingmasing, mulai dari sumber daya alamnya hingga sumber daya manusianya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:38 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.