Home » » Laporan Percobaan Medan Magnet

Laporan Percobaan Medan Magnet

Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda disekitarnya karena memiliki sifat kemagnetan atau magnetis. Kemagnetan atau magnetis adalah kemampuan benda untuk menarik benda-benda lain yang ada di sekitarnya. Gaya magnet dapat menyebabkan tertariknya benda-benda di sekitarnya. Kekuatan magnet menarik benda-benda tertentu disebut gaya magnet.

Medan magnet adalah daerah atau wilayah yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet tidak dapat kita lihat, tetapi dapat digambarkan. Besar medan magnet tergantung pada kekuatan magnet. Medan magnet dapat ditunjukan dengan menggunakan serbuk besi yang ditaburkan di atas kertas dan dapat pula menggunakan kompas.
Medan Magnet
Arah medan magnet yang berupa garis-garis yang menghubungkan kutub-kutub magnet disebut dengan garis gaya magnet. Garis gaya magnet memiliki ciri antara lain sebagai berikut :
  1. Garis gaya magnet memiliki arah meninggalkan kutub utara dan menuju kutub selatan.
  2. Garis gaya magnet selalu tidak berpotongan.
  3. Daerah yang garis-garis gaya magnetiknya rapat menunjukkan medan magnetik yang kuat, sedangkan daerah yang garis-garis gaya magnetiknya kurang rapat menunjukkan medan magnetik yang lemah

Laporan Percobaan Medan Magnet
Tujuan Percobaan :Mengidentifikasi medan magnet
Alat dan bahan :1..Magnet
2. Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir
3. Kertas karton berukuran A4
Langkah-langkah :Langkah-langkah Percobaan:
  1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
  2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
  3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
  4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
  5. Jauhkan magnet dari kertas.
Hasil Percobaan:
  1. Di daerah sekitar kutub magnet garis-garis yang dibentuk oleh pasir besia sangat rapat.
  2. Di bagian tengah magnet garis-garis yang terbentuk oleh pasir besi lebih renggang jika dibandingkan dengan daerah di sekitar kutub magnet..
Kesimpulan:
    Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa medan magnet paling kuat adalah di sekitar kutub magnet yang ditunjukan oleh rapatnya garis-garis yang dibentuk oleh pasir besi. Sedangkan pada bagian tengah magnet memiliki medan magnet yang kurang kuat yang ditunjukan dengan renggangnya garis-garis yang dibentuk oleh pasir besi.

      Walaupun gaya-gaya magnet yang terkuat terletak pada kutub-kutub magnet, gaya-gaya magnet tidak hanya berada pada kutub-kutubnya.. Gaya-gaya magnet juga timbul di sekitar magnet. daerah di sekitar magnet yang terdapat gaya-gaya magnet disebut medan magnet.
      Posted by Nanang_Ajim
      Mikirbae.com Updated at: 9:06 PM

      2 komentar:

      Mohon tidak memasukan link aktif.