Home » » Keberagaman dalam Teks Bogor Siap Gelar Cap Go Meh

Keberagaman dalam Teks Bogor Siap Gelar Cap Go Meh

Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar untuk mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu dalam keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.

Festival tahun ini akan lebih meriah dibandingkan dengan festival sebelumnya. Festival akan dimeriahkan sekitar 10.000 pengisi acara dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000 pengunjung. Festival yang akan diliput media elektronik dan media cetak ini akan dinikmati sekitar 30 juta penonton dan pembaca.

Ada penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran. Rute festival lebih panjang, yakni tidak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana sampai simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata.

Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi. Kepanitiaan tidak eksklusif berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antargolongan.

Sumber: http://print.kompas.com/baca/2015/03/04/Bogor-Siap-Gelar-Cap-Go-Meh

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan informasi dari bacaan!
  1. Apakah yang dimaksud dengan perayaan Cap Go Meh?  Cap Go Meh adalah perayaan mengakhiri perayaan Imlek.
  2. Atraksi apa sajakah yang dapat ditemui di perayaan Cap Go Meh di Bogor? Perayaan Cap Go Meh di Bogor dimeriahkan oleh atraksi penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.
  3. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas tentang keberagaman? Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi.
  4. Apakah manfaat keberagaman di dalam suatu masyarakat? Berikan pendapatmu! Manfaat keberagaman diantaranya kita bisa saling menghormati perbedaan agama, suku, status sosial serta memupuk rasa nasionalisme

Buklet Keberagaman
Kalian dapat mencari informasi dari buku, majalah, koran, atau internet. Kalian juga bisa melakukan wawancara dengan guru atau pemuka masyarakat di lingkungan sekitar sekolah. Carilah informasi tentang segala aktivitas yang melibatkan partisipasi seluruh anggota masyarakat dari segala kalangan.
Keberagaman
Gunakan dua helai kertas A4 yang dilipat menjadi dua untuk membuat buklet. Kamu dapat memperkaya bookletmu dengan gambar-gambar aktivitas yang dimaksud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.