Home » » Membuat Poster Cara Memelihara Organ Pernapasan

Membuat Poster Cara Memelihara Organ Pernapasan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara mencegah penyakit. Selain menjaga kebersihan, masih ada banyak cara mencegah penyakit. Salah satu cara mengatasi bahaya kabut asap adalah dengan memakai masker. Memakai masker perlu dilakukan karena kabut asap dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Memakai masker memang merupakan salah satu cara mengatasi bahaya kabut asap dan merawat organ pernapasan. Selain memakai masker ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat organ pernapasan.

Kita berusaha selalu menjaga kesehatan organ pernapasan. Saat sakit kita perlu segera berobat. Namun, kita juga dapat mencegah penyakit pada sistem pernapasan dengan memelihara organ pernapasan. Berikut cara-cara memelihara organ pernapasan.

1. Menjaga kesehatan organ pernapasan
Organ pernapasan sangat rentan terserang penyakit karena udara keluar masuk secara langsung dan bebas. Udara yang mengandung bakteri dan virus berbahaya mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegah agar organ pernapasan tetap sehat ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan seprti :
  • Makan makanan bergizi agar daya tahan tubuh terjaga baik,
  • Berolahraga teratur supaya alat-alat pernapasan terlatih baik sehingga dapat bekerja dengan baik,
  • Istirahat cukup, dan
  • Posisi tidur benar (miring ke kanan dan jangan telungkup).

2. Menghindari zat-zat yang dapat merusak organ pernapasan
Beberapa zat yang ada di sekitar kita dapat merusak organ pernapasan. Untuk itulah ada beberapa zat yang harus dihindari agar organ pernapasan tetap shat. Beberapa zat yang prlu dihindari antara lain adalah :
  • Tidak merokok dan menghindari paparan asap rokok karena banyak mengandung racun,
  • Menggunakan masker saat berada di lingkungan kotor,
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman dingin karena jaringan paru-paru sensitif terhadap dingin,
  • Menghindari makanan dan minuman mengandung banyak gula dan bahan kimia karena dapat merangsang lendir pada paru-paru sehingga kapasitas udara yang disimpan dalam paru-paru akan lebih sedikit.

3. Merawat organ pernapasan
Kuman dan penyakit dapat menyerang saluran pernapasan. Cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan pada alat pernapasan antara lain :
  • Membersihkan rongga hidung secara teratur (bulu halus dan rambut hidung berfungsi menyaring kotoran),
  • Memeriksa kesehatan pernapasan secara teratur ke dokter.

4. Menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Lingkungan yang bersih sangat memengaruhi kesehatan pernapasan karena zat yang terkandung dalam udara yang kita hirup. Agar  udara yang ada di sekitar kita tetap layak hirup, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan seperti :
  • Membuat sebanyak mungkin ventilasi dalam rumah untuk menjaga sirkulasi udara,
  • Menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak banyak debu beterbangan yang akan ikut masuk ke dalam organ pernapasan saat kita menghirup napas,
  • Membuat udara bersih di lingkungan sekitar rumah dengan menanam banyak tumbuhan hijau, serta
  • Mencegah ruangan lembap karena virus dan bakteri mudah berkembang di ruangan dengan kelembapan tinggi.

Ayo Berkarya
Kamu telah memahami cara merawat organ pernapasan. Buatlah kelompok bersama 5-6 orang temanmu. Buatlah poster tentang cara merawat organ pernapasan. Pada Pembelajaran 5 nanti kamu dan kelompokmu akan mempresentasikan poster yang telah kalian buat.
Menjaga kesehatan organ pernapasan
Pernapasan adalah aktivitas penting dalam kehidupan. Semua makhluk hidup pasti bernapas. Organ-organ pernapasan manusia terdiri dari hidung, faring, laring, trakea, dan paru-paru. Sistem pernapasan pada manusia adalah menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.