Home » » Interaksi Sosial dan Interaksi Dengan Lingkungan

Interaksi Sosial dan Interaksi Dengan Lingkungan

Makanan merupakan bahan baku utama bagi manusia untuk memproduksi energi dan memenuhi segala nutrisi yang diperlukan tubuh. Ibarat bensin yang sangat vital peranannya bagi kendaraan
bermotor, makanan sangat berperan bagi tubuh manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup.

Namun, tidak semua jenis makanan yang dikonsumsi dapat memberikan asupan gizi yang baik
dan sehat. Makanan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperoleh energi.

Dalam pemenuhan makanan, manusia tidak dapat bekerja sendiri. Contohnya, dalam budidaya padi, manusia melakukan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan hidup.

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial amat dibutuhkan untuk kehidupan bersama sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya.
Interaksi Sosial dan Intraksi Dengan Lingkungan
Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.

Ayo Berlatih
  1. Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi. Interaksi sosial yang terjadi pada lahan pertanian padi terjadi antara pemilik lahan dengan para pekerja yang mengolah tanah dan menanam padi, sedangkan interaksi dengan lingkungan terjadi antara manusia dan tanah (lahan sawah).
  2. Amatilah lingkungan sekelilingmu. Sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu temukan di sana. Apakah yang tengah dilakukan oleh manusia? Apa pengaruh dari kegiatan manusia terhadap lingkungan alam? Salah satu kegiatan interaksi manuia dengan alam kegiatan penebangan hutan. Jika penebangan hutan dilakukan dengan sembarangan tentu saja lingkungan alam akan menjadi rusak dan menimbulkan kerugian bagi manusia. 

Ayo Berdiskusi
Ternyata menarik untuk dicermati bahwa terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara manusia dengan lingkungan hidupnya. Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, bisa berupa lingkungan rumah atau sekolah. Isilah tabel berikut ini.

Tentukan jenis interaksi yang terjadi dengan menjelaskan alasannya. Tuliskan hasilnya pada tabel seperti berikut ini.
Interaksi yang dilakukanInteraksi
Lingkungan Hidup
Interaksi Sosial
Menangkap ikan di lautNelayan dengan laut karena nelayan mengambil ikan yang ada di laut. Selain itu nelayan juga memanfaatkan angin untuk berlayar.Nelayan dan nelayan, serta para pedagang ikan. Nelayan bersama-sama menangkap ikan dan menjualnya kepada para pdagang di pasar ikan.
Bekerja bakti membangun jalan kampungInteraksi antara manusia dengan tanah yang digunakan untuk membangun jalanInteraksi antara warga masyarakat yang ikut bergotong royong membangun jalan.
Kegiatan menyiram tanaman di rumah.Interaksi antara manusia dengan tumbuhan dan juga airInteraksi sodial antara anggota keluarga.
Penghijauan hutanIntraksi antara manusia dengan tumbuhan dan interaksi antara manusia dengan tanahInteraksi antar warga yang ikut dalam kegiatan penghijauan tersebut
Lomba panjat pinangInteraksi antara manusia dengan tumbuhan (pohon pinang) dan tanahInteraksi diantara peserta lomba yang saling berebut untuk mndapatkan hadiah

Ketika mengamati interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, identifikasi pihak yang berinteraksi dengan memperhatikan hal-hal berikut.
  1. Apakah pihak yang berinteraksi memiliki perbedaan?
  2. Berapa usia manusia yang berinteraksi tersebut?
  3. Apakah jenis kelamin mereka?
  4. Apakah pekerjaan mereka?
  5. Berasal dari latar belakang budaya apakah mereka?
  6. Apakah agama yang mereka anut?

Indonesia memang dikenal memiliki tingkat keragaman budaya, adat istiadat, dan agama yang tinggi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:15 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.