Home » » Ide Pokok Teks Penyandang Cacat yang Sukses

Ide Pokok Teks Penyandang Cacat yang Sukses

Ide pokok adalah masalah utama yang dibahas dalam suatu paragraf. Nama lain ide pokok antara lain pokok pikiran, pikiran pokok, gagasan utama, gagasan pokok, dan pikiran utama. Cara sederhana untuk menentukan ide pokok bisa dengan mengajukan pertanyaan “paragraf tersebut membahas tentang apa?”.

Untuk dapat menentukan ide pokok suatu paragraf tentunya harus membaca setiap paragraf dalam bacaan dengan cermat. Cermati kalimat pertama hingga terakhir. Apakah kalimat pertama mengandung ide pokok atau ide penjelas? Apakah kalimat kedua yang mengandung ide pokok? Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga kita menemukan ide pokok paragraf. Ide pokok sebagai inti paragraf terletak dalam kalimat utama.

Kalimat utama dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau seluruh paragraf.  Teks Penyandang Cacat yang Sukses dapat dibaca pada Subtema 2: Manusia dan Lingkungan halaman 69 dan 70. Berikut ide pokok dari tks tersebut.

Penyandang Cacat yang Sukses
Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan kursi roda, dia mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya untuk berjalan.
sIDIK
Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha melakukan semua aktivitasnya sendiri. Dia juga tidak mau dipapah atau digendong.

dan seterusnya.......
No.ParagrafIde Pokok
1.PertamaSidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan, ia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha.
2.KeduaMeski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak mau merepotkan orang lain
3.KetigaSetelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tapi tak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain.
4.KeempatModalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.
5.KelimaIa juga sudah punya merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.
6.KeenamBeruntung ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.
7.KetujuhSaat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya
8.KedelapanKini, dari hasil usahanya Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan.

Ayo Renungkan
1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
Paragraf 1 : Makan sayur membuat sehat
Paragraf 2 : Aku gemar makan sayur
Paragraf 3 : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
Pargaraf 4 : Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida

Makan sayur membuat sehat. Sayur-sayuran memang kaya akan vitamin dan mineral yang semuanya penting untuk tubuh. Semakin banyak makan sayuran, maka semakin besar kemampuan tubuh kita untuk menangkal penyakit. Makan sayuran adalah sebuah keharusan bagi yang sadar akan pentingnya kesehatan.

Aku gemar makan sayur. Dulu, sebelum tahu manfaat sayuran memang aku kurang menyukai sayuran. Namun setelah mengetahui jika sayuran tersebut membuat tubuh menjadi sehat kekurangsukaanku terhadap sayuran berubah. Sekarang malah sebaliknya aku jadi sangat senang makan sayuran.

Sayur bayam adalah sayur kesukaanku. Dari sekian banyak jenis sayuran yang ada bayam merupakan sayuran yang paling kusukai. Tidak salah kalau tokoh kartun Popeye juga menjadi kuat setelah makan bayam, sebab memang kandungan gizi pada bayam demikian banyak.

Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida.  Petani sayur biasanya menggunakan pestisida untuk membudidayakan tanaman sayur mereka. Pestisida tidak baik untuk kesehatan, untuk itulah pandai-pandai memilih sayuran yang bebas pestisida.

Demikian tulisan tentang Ide Pokok Teks Penyandang Cacat yang Sukses. Berbagai aktivitas dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya itu tidak terlepas dari karunia Tuhan yang memberikan kelengkapan dan kesempurnaan fungsi bagian-bagian tubuh kita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:01 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.