Home » » Ide Pokok Teks Gerak Kupu-Kupu

Ide Pokok Teks Gerak Kupu-Kupu

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Fungsi ide pokok adalah sebagai gagasan utama yang akan dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Dengan menemukan ide pokok, pembaca sudah memahami hampir seluruh isi bacaan. Selain itu juga emudahkan dan mempercepat membaca sebuah bacaan. Perhaikan gambar di bawah ini.
Kandang Kelinci
Ayo Berkreasi
Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf. Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kamu kembangkan dalam cerita.
ParagrafIde Pokok
1.Edo berkunjung ke rumah Pak Rudi
2.Edo segera membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci
3.Kandang kelinci diberihkan agar kelinci terhindar dari penyakit.
4.Saat membersihkan kandang kelinci dikeluarkan dari kandangnya. 
5.Kandang yang bersih dan sehat akan membuat kelinci nyaman.

Edo berkunjung ke rumah Pak Rudi. Pak Rudi adalah peternak kelinci yang sukses di kampungnya. Kandang kelincinya sangat luas, terletak di pekarangan belakang rumah. Ketika Edo datang ke rumah Pak Rudi kebetulan sekali dia sedang membersihkan kandang kelinci miliknya.

Edo segera membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Sisa-sisa makanan kelinci yang berupa daun-daunanan dimasukan ke dalam keranjang sampah lalu dibuang ke dalam bak sampah yang ada.

Kandang kelinci diberihkan agar kelinci terhindar dari penyakit. Bagi kelinci kandang merupakan rumah bagi mereka. Layaknya manusia pun akan hidup sehat, bahagia dan sejatera apabila rumah yang ditinggali nyaman dan sehat.

Saat membersihkan kandang kelinci dikeluarkan dari kandangnya. Kelinci ditempatkan di kandang kecil  yang bisa dipindah-pindah atau tempat lain yang aman. Membersihkan kandang mudah dilakukan jika kelinci dikeluarkan terlebih dahulu.

Kandang yang bersih dan sehat akan membuat kelinci nyaman. Kandang yang sehat adalah kandang yang senantiasa bersih dan cukup ventilasi. Kandang yang terawat akan membuat kelinci tetap nyaman tinggal di dalam kandang dan berkembangbiak dengan baik pula.

Ayo Membaca
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui contoh hewan yang termasuk avertebrata, yakni siput. Berikut contoh lain hewan yang juga termasuk avertebrata, yakni kupu-kupu.

Gerak Kupu-Kupu
Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Sukakah kamu pada kupu-kupu?

Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya adalah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.

Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.

Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.
ParagrafIde Pokok
1.Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.
2.Kupu-kupu termasuk hewan serangga.
3.Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan?
4.Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:34 PM

4 komentar:

  1. Maaf izin copas,Gan....untuk referensi belajar anak kami, terima kasih semoga Alloh selalu memberi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sangat membantu...

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.