Home » » Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Luas, letak, dan kondisi geografis negara Indonesia merupakan modal dasar yang sangat penting bagi pembangunan nasional dan pemerataan hasilhasilnya. Namun demikian, semuanya itu harus didukung dengan perilaku dan sikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-silaPancasila. Sikap dan perilaku negatif yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila akan menjadi penghambat pembangunan nasional.

Ayo Membaca
Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan
Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati di antara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.

Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat secara bersama, dan perjuangan saling bantu membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.
Gotong Royong
Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling memiliki. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, yakni terwujudnya kehidupan yang sejahtera. Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat.

Ayo Berlatih
Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
No.ParagrafIde Pokok
1.Pargraf 1Gotong royong merupakan modal terwujudnya suasana masyarakat yang harmonis.
2.Paragraf 2Dalam gotong royong tidak ada perbedaan antara yang satu dengan yang lain.
3.Paragraf 3Prinsip-prinsip dalam gotong royong bisa menjadi modal pembangunan nasional.

Ayo Menulis
Berdasarkan ide pokok berikut, kembangkan menjadi sebuah paragraf.
Ide PokokParagraf
Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus di terapkan dalam kehidupan sehari. Melalui musyawarah mufakat keputusan dapat diambil secara bersama atas dasar saling menghargai dan menghormati. Melalui musyawarah mufakat dapat menghindarkan dari sikap egois, sifat suka memaksakan kehendak serta tidak menghargai atau menghormati pendapat orang lain.
Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara.Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara. Hak orang lain wajib kita hargai dengan cara saling menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.

Gotong royong dan musyawarah merupakan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:14 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.