Home » » Iklan Layanan Mayarakat BPJS Kesehatan

Iklan Layanan Mayarakat BPJS Kesehatan

Berdasarkan isinya, jenis-jenis iklan elektronik dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu iklan komersial, iklan perusahaan, dan iklan layanan masyarakat.

Iklan komersial adalah iklan yang menginformasikan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pemasar. Iklan perusahaan adalah iklan yang menekankan pada citra perusahaan.
Iklan perusahaan umumnya dirancang dengan tujuan tertentu yang menguntungkan perusahaan di masa datang. Tujuan utama iklan perusahaan adalah meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini biasanya dibuat oleh instansi pemerintah. Iklan jenis ini mmiliki bebrapa ciri yang membedakan dengan jenis iklan yang lainnya. Ciri-ciri Iklan Layanan Masyarakat  antara lain sebagai berikut.
  1. Tidak mengandung unsur komersial
  2. Tidak ada unsur produk
  3. Klien iklan layanan mayarakat adalah yayasan/organisasi sosial non profit
  4. Berupa didikan/anjuran tingkah laku tertentu.
  5. Cenderung memiliki target lebih luas daripada periklanan komersial

Ayo Mengamati
Ketika Edo, Lani, Siti, Dayu, dan Beni sedang asyik mencari artikel, tiba-tiba muncul sebuah iklan. Iklan tersebut muncul saat mereka membuka sebuah situs untuk mencari artikel yang menjadi tugas sekolah mereka. Iklan apa yang muncul? Amatilah iklan yang muncul saat Edo membuka sebuah situs.
Iklan Layanan Masyarakat
Tuliskan isi iklan di atas pada kolom berikut.
Iklan tersebut dibuat oleh BPJS Kesehatan yang mengingatkan masyarakat untuk membayar iuran JKN-KIS tepat waktu, maksimal tanggal 10 setiap bulan.

Ayo Berlatih
Untuk lebih memahami tentang isi iklan di media elektronik, cobalah kamu mengamati salah satu iklan di media elektronik (televisi/radio/internet). Setelah itu buatlah kesimpulan isi dari iklan yang kamu amati secara visual (menggunakan gambar). Buatlah gambar dan kesimpulan isi iklan pada kotak berikut
Iklan tersebut dibuat oleh Bukalapak.com yang menjelaskan bahwa harga yang ditawarkan di bukalapak.com masih bisa dinego, serta menawarkan pengirimkan gratis melalui layanan JNE.

Pada umumnya iklan akan dikenakan biaya kepada pengiklan. Sementara untuk iklan layanan masyarakat tidak dikenai biaya pemasangan iklan. Pengiklan umumnya merupakan sebuah lembaga non komersil dimana memiliki tujuan untuk memberi informasi demi kepentingan masyarakat. Dengan berbagai jenis iklan layanan masyarakat diharapkan informasi yang terdapat di dalam iklan tersebut dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat luas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:20 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.