Home » » Karakteristik Iklan Media Elektronik

Karakteristik Iklan Media Elektronik

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

Dari pengertian diatas, dapat dikatakan bahwa iklan memiliki arti memberitahu kepada orang banyak mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Manfaat iklan untuk masyarakat yaitu masyarat lebih tahu dan lebih mengenal mengenai produk yang akan di gunakan dan lebih pandai untuk memilih produk mana yang tepat untuk digunakan.

Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa:

1. Iklan Radio
Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam.

2. Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.

3. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Iklan Media Digital Interaktif (internet) adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi.

Ketika Edo sedang asyik menonton berita bersama ayah dan ibunya, tiba-tiba diselingi iklan. Salah satu iklan yang muncul, terlihat dalam cuplikan gambar berikut. Amatilah iklan yang dilihat Edo.
Iklan
1. Informasi apa saja yang kamu peroleh?
Iklan tersebut berisi tentang penawaran sebuah produk anti septic.

2. Simpulkan informasi yang kamu peroleh dengan kalimat sendiri.
Anti septik berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman. Anti septik tersebut dapat digunakan untuk mandi dan membersihkan luka.

Ayo Berlatih
Amatilah iklan elektronik, baik iklan di radio, televisi, maupun internet. Tuliskan informasi yang disampaikan dari iklan yang kalian amati. Berikan juga tanggapan terhadap iklan yang kamu amati. Apakah iklan menarik dan jelas dalam penyampaiannya?
No.Media elektronikProduk yang DiiklankanTanggapan
1.RadioJasa Pengobatan AlternatifIklan kurang menarik karena hanya menyajikan jnis jasa yang ditawarkan saja
2.TelevisiOreo Dark White  ChocokateIklan sangat menarik karena menyajikan gambar tentang oreo coklat dan putih
3.InternetIklan Laptop LenovoIklan sangat menarik karena menjlaskan berbagai keunggulan Lenovo dibanding laptop yang lainnya

Pernahkah kamu mengamati iklan elektronik yang berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan? Coba, carilah iklan dari media elektronik berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:50 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.