Home » » Teknik dan Ciri Ciri Gambar Cerita

Teknik dan Ciri Ciri Gambar Cerita

Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemui pada buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi atau cerita imajinasi. Bagaimana gambar cerita dibuat?

Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering atau teknik basah. Teknik kering menggunakan media pensil, arang, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air atau minyak. Sebaliknya, teknik basah menggunakan media berupa cat air, cat minyak, tinta, atau media lain yang memerlukan air atau minyak khusus sebagai pengencer.

Dalam pelaksanaannya, kamu dapat menggunakan berbagai macam teknik. Kamu dapat menggambar cerita dengan teknik kering saja. Kamu dapat membuat gambar cerita dengan teknik basah saja. Namun, kamu juga dapat menggambar cerita dengan menggabungkan teknik kering dan teknik basah.

Gambar cerita merupakan salah satu karya seni berupa gambar dua dimensi yang disusun sedemikian rupa untuk kemudian menjalin sebuah cerita. Gambar-gambar dilengkapi teks dialog maupun narasi, lalu dicetak baik di koran, buku, atau media digital.. Ciri-ciri gambar cerita:
  1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita.
  2. Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  3. Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita.

Ayo Mengamati
Gambar Cerita

Gambar tersebut merupakan cuplikan dari buku cerita bergambar yang berjudul “Kakek Bangau yang Baik Hati”. Buku tersebut menceritakan sebuah sawah yang kekeringan. Ketam dan katak yang biasa hidup di situ menjadi sangat tersiksa. Mereka meminta pertolongan kepada Kakek Bangau. Merasa iba, maka Kakek Bangau terbang berkeliling mencarikan tempat berair bagi ketam-ketam dan katak-katak. Akhirnya Kakek Bangau menemukan sebuah telaga, lalu dipindahkannya katak-katak dan ketam-ketam ke telaga itu.

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
  1. Apakah gambar tersebut mendukung cerita? Ya.
  2. Jika jawabanmu “ya”, apa alasanmu? Jika jawabanmu “tidak”, apa pula alasanmu? Karena gambar tersebut emudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita.

Karya gambar cerita banyak kita temui pada buku cerita, terutama buku cerita bergambar atau komik. Perhatikan gambar berikut.

Ikan dan Kak Diko
Gambar Cerita

Ayo Menulis
Kamu telah melihat contoh karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita? Tulislah dalam kotak berikut.

Ciri-ciri gambar cerita:
  1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita.
  2. Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  3. Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita.

Ayo Mencoba
Tentukan satu tema yang kamu pilih untuk membuat gambar cerita. Kamu dapat mengingat-ingat pengalamanmu yang paling berkesan atau kamu dapat mengambil beberapa contoh tema berikut.
1. Lingkunganku sehat airku bersih.
2. Aku menjaga sungaiku bersih.
3. Indonesia beragam, Indonesia kaya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:10 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.