Home » » Mengidentifikasi Sifat Campuran

Mengidentifikasi Sifat Campuran

Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat. Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan. Sedangkan campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Perbedaan Campuran Homogen dan Campuran Heterogen antara lain : Setiap bagian dari campuran homogen adalah serba sama (warna, rasa, dan perbandingan zat-zat tercampur sama). Contoh campuran homogen: Sesendok gula dilarutkan dalam segelas air.

Sedangkan pada campuran heterogen tidak sama (tidak sama warna, perbandingan zat tercampur dan konsentrasinya). Contoh campuran heterogen : Pasir yang dilarutkan dalam air.

Ingat kembali pembelajaran tentang zat tunggal dan zat campuran. Kita juga telah berlatih untuk membedakannya. Sekarang, kita akan berlatih mengidentifikasi sifat zat campuran. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja:
1. Sediakan gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan pewarna merah.
2. Buatlah campuran sesuai tabel berikut, lalu catat hasil pengamatanmu.

Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu.
GelasKomponen PenyusunTercampur SempurnaTidak Tercampur Sempurna
1. Air + gula-
2. air + minyak-
3. air + pasir-
4. air + pewarna makanan-
5. minyak + pasir-
6. minyak + pewarna makanan-
7. minyak + gula-

a. Campuran manakah yang tercampur sempurna?
Campuran yang tercampur sempurna adalah Air + gula dan Air + pewarna makanan
b. Campuran manakah yang tidak tercampur sempurna?
Campuran yang tidak tercampur sempurna adalah; air + minyak, air + pasir, minyak + pasir minyak + pewarna makanan, minyak + gula

Ayo Mencoba
Pernahkah kamu melihat penjual jamu mencampur air dengan serbuk dari kunyit dan buah asam? Percampuran antara air, serbuk kunyit, dan buah asam menghasilkan minuman kunyit asam. Apakah campuran itu tercampur sempurna atau tidak tercampur sempurna?
Percobaan Campuran
Ayo, lakukan percobaan berikut.
Sediakan gelas, air putih, serbuk kunyit, dan serbuk asam. Lakukan percobaan seperti pada percobaan di atas.

Tuliskan hasil percobaanmu di buku latihanmu, Setelah itu, laporkan hasilnya kepada Ibu/Bapak Gurumu.
Campuran air dengan serbuk kunyit maupun air dengan serbuk asam, keduanya tidak dapat tercampur sempurna.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:04 PM

1 komentar:

  1. Makasih jawabannya saya terbantu sekali 😃😁

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.