Home » » Jenis IKlan Elektronik Berdasarkan Isinya

Jenis IKlan Elektronik Berdasarkan Isinya

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio. Berdasarkan media yang digunakan iklan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik,

Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Isi iklan elektronik sangat beragam. Oleh karena itu ada banyak jenis iklan elektronik dilihat dari segi isinya. Ayo mengamati iklan elektronik untuk mengidentifikasi jenis iklan berdasarkan isinya. Perhatikan iklan televisi yang dilihat Udin dan keluarganya! Perhatikan iklan dari segi isinya.
Iklan Berdasarkan Isi
1. Iklan Politik
Iklan di televisi menayangkan gambar partai-partai politik dalam Pemilu 2014. Iklan tersebut, untuk mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta Pemilu tahun 2014.

Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Iklan pada gambar termasuk jenis iklan politik.

2.  Iklan Pendidikan
Iklan ini berisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa Indonesia. Iklan ini ditayangkan melalui internet. Berdasarkan isinya, iklan ini termasuk iklan pendidikan.

3. Iklan Kecantikan
Iklan ini ditayangkan melalui televisi. Kamu tentu sering melihat iklan ini. Iklan ini berisi ajakan kepada khalayak menggunakan sampo. Pada gambar iklan di bawah, dengan menggunakan sampo, rambut akan menjadi bersih, kuat, dan lebat. Dilihat dari isinya iklan sampo ini termasuk jenis iklan kecantikan.

Ayo Mencoba
Smengetahui beberapa jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Ada iklan politik, pendidikan, dan kecantikan. Masih banyak jenis iklan elektronik lainnya dilihat dari isinya. Coba identifikasi jenis-jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Tuliskan hasil identifikasimu dalam lembar tugas. Sertakan gambar iklannya. Setiap anak minimal membuat dua contoh iklan dari satu jenis iklan. Misalnya dua iklan tentang pendidikan atau dua iklan tentang kecantikan.

1. Iklan Politik
Iklan politik digunakan untuk mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta Pemilu. Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun.

2.  Iklan Pendidikan
Iklan pendidikan iberisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa Indonesia.
Iklan Pendidikan
3. Iklan Kecantikan
Iklan kecantikan berisi ajakan kepada khalayak menggunakan bahan-bahan kecantikan.
Iklan Kecantikan
Secara umum iklan berdasarkan isinya dibedakan menjadi tiga jenis iklan yaitu iklan pengumuman, iklan tawaran dan iklan ayanan masyarakat.

Iklan Pengumuman Atau Pemberitahuan
Iklan pengumuman merupakan jenis iklan yang sifatnya memberitahu kepada orang banyak dengan tujuan menarik perhatian dari orang yang membaca atau melihatnya, Contoh dari iklan pengumuman ini adalah acara reuni sekolah, iklan acara pernikahan dan lain sebagainya

Iklan Penawaran Atau Niaga
Iklan niaga merupakan iklan yang isinya sebuah pemberitahuan atau menawarkan suatu barang atau jasa kepada banyak orang dengan tujuan agar ingin membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Contohnya jenis iklan ini adalah penawaran sepatu, penawaran produk kecantikan, penawaran mobil, dan penawaran software. Contoh jenis iklan jasanya adalah iklan ojek Online, iklan jasa klinik pengobatan, dain lain sebagainya

Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang ditujukan untuk masyarakat, Iklan jenis ini bertujuan untuk memberi penerangan atau pencerahan terhadap suatu hal, Selain itu iklan ini juga  untuk menciptakan kesadaran dan pola pikir masyarakat Contohnya adalah tindakan penyalahgunaan narkoba, Posyandu, dan lain-lain
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:29 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.