Home » » Contoh Zat Tunggal dan Campuran Di Sekitar Kita

Contoh Zat Tunggal dan Campuran Di Sekitar Kita

Materi adalah sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Materi tersebut amat banyak ragamnya. Amatilah benda-benda di sekitarmu, mungkin Anda dapat menyebutkan ratusan jenis materi. Seperti air, batu, pasir, tanah, oksigen, kayu, besi, emas, plastik, dan sebagainya.

Setiap materi mempunyai sifat-sifat khas yang membedakannya dari materi lainnya. Namun diantara berbagai macam materi terdapat juga berbagai persamaan, sehingga kita dapat membuat pengelompokan. Misalnya, pengelompokan berdasarkan wujud (padat, cair, dan gas), komposisi kimia, daya hantar listrik, dan sebagainya. Pada tulisan ini akan dibahas pengelompokan materi berdasarkan komposisi penyusunnya.

Materi dapat digolongkan ke dalam zat tunggal (zat murni) atau campuran.  Zat murni atau zat tunggal adalah zat yang hanya mengandung satu macam zat penyusun. Dengan cara-cara fisika, zat murni tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana. Contoh zat murni adalah emas 24 karat, air suling atau aquades, dan besi murni.

Ayo Mengamati
Perhatikan berbagai gambar benda yang termasuk dalam zat tunggal berikut.
Zat Tunggal
Berdasarkan gambar-gambar, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Apakah yang dimaksud zat tunggal? Zat tunggal adalah zat yang tersusun dari satu jenis materi. Contoh benda di sekitar yang termasuk zat tunggal yaitu kapur tulis, logam besi, dan kawat tembaga.
  2. Bawalah benda-benda di sekitarmu yang mengandung zat tunggal ke sekolah. Minimal tiga benda. Lakukan pengamatan terhadap benda yang kamu bawa. Apakah benda yang kamu bawa benar-benar termasuk zat tunggal? Tuliskan benda yang termasuk zat tunggal hasil pengamatan kamu dan teman-temanmu pada kolom berikut.
No.Benda Termasuk dalam Zat Tunggal
1.Air merupakan suatu zat tunggal.
2.Besi merupakan zat tunggal
3.Garam dapur merupakan zat tunggal

Ayo Membaca
Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat
tunggal dan campuran.

A. Zat Tunggal
Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

B. Campuran
Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

1. Campuran Homogen
Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan.

2. Campuran Heterogen
Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut.
  1. Apakah yang dimaksud zat campuran? Tuliskan dalam kolom berikut. Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. 
  2. Apa saja benda di sekitarmu yang termasuk dalam zat campuran? Tuliskan minimal 5.  Susu coklat, es krim, sirop, udara, perhiasan, air kopi, air teh.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.