Home » » Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain sebagai berikut.
a. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold)
Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Sekitar abad XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

b. Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel)
Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis..

c. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)
Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory). Dengan adanya anggapan ini, negaranegara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.

d. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang
pesat. Contohnya seperti berikut.
  1. Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang dapat digunakan untuk mengarungi samudra luas.
  2. Ditemukannya mesiu untuk persenjataan. Senjata dapat digunakan untuk melindungi pelayaran dari ancaman bajak laut dan sebagainya.
  3. Ditemukannya kompas. Kompas digunakan sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk menentukan arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga jika angkasa tertutup awan, mereka tidak dapat meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah mana pun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.
Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!
Bangsa Barat
Ayo Berdiskusi 
Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.
Ulasan Teks
Judul TeksPeristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarikKekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Harga rempah-rempah sangat mahal semahal emas (gold). Mereka sangat
membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak
Informasi pentingFaktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain .
  1. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold)
  2. Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel)
  3. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)
  4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat sprti dikembangkannya teknik pembuatan kapal, ditemukannya mesiu, dan ditemukannya kompas.
Pendapat saya tentang teks iniTeks tentang Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang jarah bangsa Indonesia
Saya menyarankan teks ini karenaTeks tentang Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat berisi informasi yang sangat bermanfaat

Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!
Kdatangan Bangsa Barat
Ayo Menulis
Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory). Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!
Ulasan Teks
GoldAdanya keinginan mencari kekayaan (gold)
GospelAdanya keinginan menyebarkan agama (gospel)
GloryAdanya keinginan mencari kejayaan (glory)
Tuliskan pendapatmu mengenai Semboyan 3G tersebut.
Saya tidak setuju dengan semoyan tersebut karna akibat ketiga semboyan tersebut bagi indonesia adalah antara lain:
  1. Indonesia semakin miskin karena kekayaanya diambil oleh bangsa-bangsa eropa
  2. Masuknya agama nasrani menyebabkan sebagian rakyat indonesia juga menganut agama nasrani
  3. Kekuasaan bangsa eropa semakin menjadi-jadi di indonesia,menyebabkan indonesia makin terpuruk, rakyat jadi sengsara,dan bagsa indonesia makin tertindas
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:55 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.