Home » » Kegiatan Literasi 5 Persami Pertama Dea

Kegiatan Literasi 5 Persami Pertama Dea

Perkemahan merupakan salah satu macam kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan secara out door. berkemah juga melatih hidup bermasyarakat di alam terbuka dengan menggunakan kemah atau tenda sebagai tempat bernaung dari panas, dingin, hujan, dsb. Berikut ini teks tentang pengalaman Dea mengikuti Persami.

Persami Pertama Dea
Penulis: Niken Ari
“Huh, kenapa sih harus ikut Persami,” keluh Dea sore itu saat diantar ayahnya menuju lapangan sepak bola dekat sekolahnya di daerah Cipayung, Jakarta Timur untuk mengikuti Persami. Persami atau perkemahan Sabtu Minggu adalah bagian dari kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah Dea.

“Pasti akan membosankan ya, Yah, satu malam tidak ada televisi,” Dea masih mengeluh.

“Ayah yakin, kamu akan suka. Dahulu, waktu Ayah seusia kamu, Ayah juga sering ikut Persami,” kata Ayah. Dea hanya mengangguk. Ia mencium tangan ayahnya dan segera bergabung dengan teman sekelasnya yang sudah berkumpul di lapangan sepak bola.

“Adik-adik, kalian akan dibagi berkelompok untuk mendirikan tenda. Satu kelompok satu tenda, terdiri dari lima orang,” ujar Kak Firman, kakak pembina Pramuka.

Dea ditempatkan di kelompok 2 bersama Ayu, Isma, Lulu, dan Fina. Mereka segera membangun tenda dibantu Kak Sari, kakak pembina yang lain. Setelah tenda selesai, mereka diberikan waktu membersihkan diri dan berkumpul lagi pukul 7 malam dalam acara api unggun.

Biasanya, pukul 7 malam, ada kartun favorit Dea di TV. Dea pun kesal karena akan melewatkan satu episode.

Api unggun sudah menyala di tengah lapangan. Semua anggota Pramuka mengelilingi api unggun. Kelompok Pramuka dari kelas 6, lalu membawakan dua lagu diiringi gitar. Setelah itu, kakak-kakak alumni tampil membawakan pantun berantai.

“Ayah memiliki mobil berwarna biru. Akhir-akhir ini mobil kesayangan Ayah sering mogok. Maka Ayah membawa mobilnya ke...,” kata seorang kakak alumni.

“...dokter hewan,” sambung kakak alumni yang lain. Semua penonton pun tertawa.

Dea merasa sangat terhibur. Kekesalan Dea karena tidak bisa menonton kartun favoritnya pun hilang.

Pada tengah malam, Persami dilanjutkan dengan acara jurit malam. Saat itu, malam bulan purnama. Peserta diwajibkan mencari jejak dengan cara memecahkan sandi-sandi Pramuka.

Dea bersama teman-teman kelompoknya menemukan sebuah papan petunjuk. Dibantu senter mereka membaca tulisan di papan: “IRIK KOLEB NIGNIREB NOHOP UMETEK”. Mereka pun kebingungan.

Tib-tiba Ayu berkata, “Aku bisa memecahkannya! Ini adalah sandi Pramuka Balik, yaitu abjad yang dibaca terbalik. Jadi begini cara membacanya, "Ketemu Pohon Beringin Belok Kiri’. Itu petunjuknya.”

Benar saja, tak lama Dea dan teman-temannya menemukan pohon beringin yang dimaksud. Setelah itu, masih banyak sandi Pramuka yang harus mereka pecahkan. Sungguh mengasyikkan.

“Benar kata Ayah, Persami adalah acara yang sangat seru,” gumam Dea.

Ulasan Teks
Judul CeritaPersami Pertama Dea 
PengarangNiken Ari
Tokoh Utama:Dea
Tokoh LainAyah Dea, Kak Firman, Kak Sari, Ayu, Isma, Lulu, dan Fina
Di manakah cerita ini terjadi?Daerah Cipayung, Jakarta Timur
Apa yang terjadi dengan tokoh utama? Dea tidak bisa menonton kartun favoritnya.
Mengapa hal itu terjadi? Dea mengikuti kegiatan persami di sekolahnya
Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan? Ternyata Persami sangat mnghibur sehingga kekesalan Dea karena tidak bisa menonton kartun favoritnya pun hilang.
Kapankah waktu terjadinya cerita ini? Sore hari dan Malam hari
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di ata?
Kegiatan persami selain dapat melatih kemampuan kepramukaan juga dapat menjadi sarana hiburan

Salah satu kegiatan berkemah yang menyenangkan adalah bermain di sekitar api unggun. Dari zaman manusia mengenal api, kegiatan di sekitar api unggun merupakan kegiatan yang sering dilakukan masyarakat untuk berkumpul, bahkan untuk mengusir binatang buas. Pada saat api unggun dinyalakan, panas dari api akan dipancarkan ke sekelilingnya hingga sekitarnya terasa hangat. Panas dapat dipindahkan dengan beberapa cara selain dipancarkan.

Gunakan tempat yang tersedia di bawah ini untuk menggambarkan sebuah peristiwa perpindahan panas melalui konveksi, radiasi dan konduksi. Berilah catatan pada gambar untuk memperjelasnya. Gambarlah dengan menggunakan media kering dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitarmu. Jelaskanlah gambarmu kepada teman di dalam kelompokmu dengan percaya diri.
Perpindahan Panas
Perpindahan panas dapat terjadi dengan tiga cara yaitu konduksi, konveksi,  dan radiasi (pancaran). Pada umumnya, perpindahan kalor pada zat padat akan berlangsung secara konduksi. Konduksi kalor dapat terjadi jika ada perbedaan suhu. Konveksi hanya terjadi pada zat-zat yang dapat mengalir, yaitu zat cair dan gas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:10 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.