Home » » Pentas Perpaduan Musik Tari dan Bahasa

Pentas Perpaduan Musik Tari dan Bahasa

Pentas seni adalah pertunjukan yang melibatkan beberapa aksi individu atau kelompok. Pementasan seni perlu dipersiapkan dengan baik agar berjalan dengan lancar. Pentas seni merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pertunjukkan berbagai macam kreativitas seni yang dilakukan siswa di sekolah. Manfaat pentas seni bagi siswa merupakan ajang pertunjukan bakat dimana mereka dapat menyalurkan kreativitas.

Seni memiliki banyak sisi dan dapat dipelajari mulai dari tingkat dasar. Pementasan seni dapat memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menjadi kreatif. Seni adalah sebuah jalan untuk membimbing anak-anak muda ke arah kreativitas dan perkembangan otak yang sehat. Berikut ini beberapa kegiatan yang dilakukan sebelum dan sesudah melakukan pementasan seni.

1. Tahap Persiapan Pementasan
Sebelum pementasan dilaksanakan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Beberapa tahapan yang yang perlu dilakukan antara lain sebagai berikut.

a. Membentuk Kepanitiaan
Dengan bimbingan bapak/ibu guru di kelas siswa membentuk susunan kepanitiaan pementasan. Susunan panitia terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, seksi pementasan, seksi dekorasi, seksi publikasi, dan seksi konsumsi.
  1. Ketua panitia adalah pimpinan penyelenggaraan pementasan yang bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan acara pementasan. Ketua dalam pelaksanaan tugasnya harus bekerja sama dengan berbagai pihak yang mendukung dan menyukseskan kegiatan pementasan.
  2. Tugas pokok sekretaris dalam suatu kegiatan pementasan adalah menulis seluruh kegiatan panitia selama penyelenggaraan pementasan. Tugas sekretaris lainnya adalah dalam urusan surat-surat.
  3. Seorang bendahara bertanggung jawab secara penuh tentang penggunaan, penyimpanan, dan penerimaan uang dana yang masuk sebagai biaya penyelenggaraan pementasan. Bendahara harus juga dapat menyusun laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dan pengelolaan keuangan selama pementasan berlangsung.
  4. Seksi-seksi dibentuk dalam rangka membantu tugas dan menyukseskan kegiatan yang akan dilaksanakan. Pembentukan seksi-seksi bisa berkembang sesuai kebutuhan acara yang akan digelar. Seksi-seksi harus memiliki sikap jujur, bertangung jawab, dan disiplin dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
Tugas seksi pementasan mengumpulkan bahan-bahan yang akan dipentaskan. Apabila pementasan berkaitan dengan seni musik, tari, bahasa dan materinya yang perlu dipersiapkan meliputi menyanyi, bermain ansambel, menari, bermain drama, dan baca puisi dan deklamasi.

Bagilah tugas perlu dibagi siapa saja yang akan bernyanyi, bermain ansambel, menari, bermain drama, membaca puisi dan deklamasi.
Baca Puisi
b. Pengisi Pementasan
Para pengisi pememntasan harus melakukan latihan dengan sebaik-baiknya. Tentukan jadwal latihan dan taatilah jadwal latihan yang telah dibuat. Disiplinlah dalam melakukan latihan agar pementasan sukses.

2. Tahapan Pelaksanaan Pementasan
Sebelum pelaksanaa pertunjukkan perlu dilakukan gladi bersih dahulu. Gladi bersih adalah persiapan terakhir menuju sebuah pementasa.Tujuan dari tahapan ini adalah simulasi pada hari-H agar panitia yang terlibat siap menghadapi kendala dalam pementasan. Dalam tahapan pelaksanaan pementasan hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut.
  1. Seluruh anggota panitia bekerja dengan sebaik-baiknya dan bekerja sama demi keberhasilan pementasan.
  2. Pengisi acara pementasan harus bersikap tenang dan percaya diri dalam menampilkan pementasan, baik yang bertugas menyanyi, bermain musik, bermain drama maupun membaca puisi dan deklamasi.
Pada  dasarnya  saat  pementasan  adalah  masa  penerapan  hasil  pelatihan.  Apa  saja yang  sudah Anda  lakukan  dalam  pelatihan  akan dipraktekan.

3. Tahap Evaluasi
Pada tahap ini hal penting yang harus Anda lakukan adalah evaluasi dan tindak lanjut. Evaluasi penting Anda lakukan supaya Anda mengetahui kekurangan yang ada. Pengetahuan akan kekurangan (dan kelebihan) inilah yang kemudian harus Anda tindaklanjuti, dalam arti hal-hal yang sudah baik Anda tingkatkan, dan hal-hal yang masih kurang harus Anda perbaiki.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:55 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.