Home » » Peragaan Tari Kepak Kepak Iringan Lagu Burung Kutilang

Peragaan Tari Kepak Kepak Iringan Lagu Burung Kutilang

Menggelar pertunjukan karya seni tari merupakan salah satu bentuk apresiasi seseorang dalam seni tari. Pergelaran tari bertujuan untuk menunjukkan kemampuannya dalam mementaskan karya seni tari. karya tari yang digelar terdiri dari berbagai karya tari dari yang sifatnya tradisi sampai yang modern. Pergelaran karya tari juga sering diadakan di sekolah-sekolah, baik tingkat SD, SMP, maupun SMU.

Iringan atau karawitan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan tari, sebab tari dan musik (karawitan) merupakan paduan yang harmonis. Musik atau iringan selain sebagai pengiring atau iringan tari juga berfungsi sebagai pemberi suasana tari yang ditampilkan. Demikian juga warna bunyi untuk iringan tari, tentu disesuaikan dengan gerakan tarinya. Apabila gerak tarinya dinamis, cepat, dan bersemangat, maka warna bunyinya, juga yang berirama cepat, bersemangat, dan keras. Sebaliknya gerak tari yang lemah gemulai, lembut, tenang, maka iringan musiknya juga dipilih yang tenang, syahdu, dan lembut.

Gerak dengan iringan dalam karya tari tidak dapat dipisahkan. Peragaan karya tari sangat didukung dengan hadirnya iringan. Namun, harus diperhatikan bahwa gerak dengan iringan harus sesuai atau sebaliknya, iringan juga harus sesuai dengan gerakannya. Oleh karena itu, kesesuaian gerak dan iringan harus dipersiapkan secara sungguh-sungguh sebelum diperagakan di depan orang lain.

Memperagakan karya seni tari, baik secara individu, berpasangan, maupun berkelompok tidak dapat dipisahkan dari iringan. Iringan mempunyai peranan yang penting dalam peragaan karya tari. Selain sebagai pengiring tari, iringan juga dapat mempertegas gerak tari dan membangun suasana tari.

Lagu anak tentang binatang seperti lagu Burung Kutilang tersaji sebagai lagu anak edukatif untuk pembelajaran anak SD dengan syair lagu yang mudah dimengerti anak-anak. Lagu Burung Kutilang diciptakan oleh Ibu Sud dan termasuk ke dalam lagu anak populer karena sudah dikenalkan kepada anak-anak sejak puluhan tahun lalu. Perhatikan peragaan karya tari Kepak-Kepak Sayap yang diiringi lagu ”Burung Kutilang” berikut.
Burung Kutilang
Gerak 1
Menggerakkan ujung sampur ke atas dan ke bawah sambil berlari-lari kecil. Bersamaan dengan itu menengokkan kepala ke kanan dan ke kiri
Gerak 1
Gerak 2
Menggerakkan tangan secara bergantian lurus ke depan dan ke belakang, bersamaan dengan menengokkan kepala ke kanan dan ke kiri. Badan sedikit demi sedikit turun sampai akhirnya duduk.
Gerak 2
Gerak 3
Duduk sambil menganggukkan kepala ke kanan, ke tengah, ke kiri, dan ke tengah lagi, yang dilakukan secara berulang-ulang.
Gerak 3
Gerak 4
Menggerakkan tangan secara bergantian lurus ke depan dan ke belakang, bersamaan dengan itu menengokkan kepala ke kanan dan ke kiri. Badan naik sedikit demi sedikit sampai akhirnya berdiri
Gerak 4
Gerak 5
Menggerakkan ujung sampur ke atas dan ke bawah sambil berlari-lari kecil membentuk lingkaran. Kepala menengok ke kanan dan ke kiri.
Gerak 5
Manfaat peragaan tari tari dapat dibedakan menjadi dua kelompok manfaat yakni sebagai hiburan dan sebagai komunikasi. Adapun penjelasanya adalah sebagai berikut:
  1. Manfaat tari sebagai hiburan. Berbagai macam tarian tradisional yang ada di Indonesia memiliki manfaat sebagai hiburan. Adanya tarian-tarian yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang tentu akan memberikan hiburan bagi para penonton.
  2. Manfaat tari sebagai komunikasi. Tari-tarian yang ditampilkan dalam suatu acara tertentu memiliki nilai komunikatif terhadap orang yang melihatnya. Gerakan-gerakan dalam tarian memiliki pesan tertentu untuk disampaikan kepada orang lain atau para penikmat. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:53 PM

3 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.