Home » » Menelaah Bahasa Teks Hasil Observasi

Menelaah Bahasa Teks Hasil Observasi

Menelaah isi teks laporan hasil observasi menuntut ketelitian, pemahaman, kekritisan berfikir, serta keterampilan menangkap ide-ide yang tersirat dalam bacaan. Sumber bahan dapat diperoleh dari sumber bahan buku paket, buku rujukan, majalah, dan sebagainya. Isi bahan dalam kegiatan membaca bahasa dapat berupa bahan yang menyangkut masalah ilmu pengetahuan alam, sosial, budaya, dan kesusastraan. Adapun yang perlu diingat dalam kegiatan membaca bahasa adalah bahan yang akan digunakan harus memuat struktur bahasa. Berikut ini adalah contoh menelaah bahasa teks laporan hasil observasi.

A. Mendaftar Istilah pada Teks Hasil Observasi
Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Contoh istilah biologi abiotik, amputasi, anatomi, antioksidan, asimilasi, aorta, benangsari, ekosistem, embrio, empat sehat lima sempurna, genetika, hermaprodit, insekta, komplikasi, kornea mata, penyerbukan silang, sporadis, transplantasi, umbi batang, vaksin.

Isilah tabel dengan istilah yang kamu temukan pada teks 1,2, dan 3.
Teks 1 Hutan BakauTeks 2 MuseumTeks 3 Manggis
ekosistemmuseumtropika
payaustudisimetri
habitatheraldikagarcinia mangostana L
abrasimaterialabses
intrusifosilxanthone
karbondioksidaetnisasam fenolat
biologiprasejarahantosianin
kadar garamkeramonologikarbohidrat

B. Menelaah untuk Melengkapi Teks Laporan Hasil Observasi
1. Pola pengembangan Isi
Pola pengembangan isi laporan tergantung apa yang diobservasi. Di bawah ini contoh-contoh pengembangan isi dalam teks laporan hasil observasi
Contoh 1Contoh 2Contoh 3
  1. definisi pantai
  2. uraian jenis pantai dari berbagai segi
  3. manfaat pantai
  1. definisi pantai
  2. uraian jenis pantai dari berbagai segi
  3. manfaat pantai
  1. definisi terumbu karang
  2. habitat terumbu karang
  3. jenis terumbu karang dari segi bentuk
  4. jenis terumbu karang dari segi tempat tumbuh

2. Pola pengembangan Urutan Isi
Dari contoh-contoh itu kelompokkan menjadi beberapa jenis cara pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
Teks Laporan
Telaahlah teks Terumbu Karang berikut dan tentukan bagian mana yang belum ada!
Daftarlah informasi apa saja yang akan kamu cari!
Cari informasi yang relevan pada ensiklopedi atau internet atau buku pengetahuan yang relevan!
StrukturKalimat
Definisi UmumTerumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga. Terumbu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa. Koloni karang dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut Polip.

Deskripsi
Bagian
Dalam bentuk sederhananya, karang terdiri atas satu polip saja yang mempunyai bentuk tubuh seperti tabung dengan mulut yang terletak di bagian atas dan dikelilingi oleh tentakel. Namun pada kebanyakan spesies, satu individu polip karang akan berkembang menjadi banyak individu yang disebut koloni. Hewan ini memiliki bentuk unik dan warna beraneka rupa serta dapat menghasilkan CaCO3. Terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai spesies tumbuhan laut, hewan laut, dan mikroorganisme laut lainnya yang belum diketahui.

Deskripsi
Bagian
Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi. Manfaat terumbu karang secara ekologi adalah sebagai penunjang kehidupan berbagai jenis makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Terumbu karang menyediakan tempat tinggal, mencari makan, dan berkembang biak bagi berbagai biota laut. Serta sebagai pelindung pasir dan pesisir dari abrasi, dan mengurangi pemanasan global dengan mengubah CO2 menjadi zat kapur yang bahan baku terumbu. Sedangkan manfaat terumbu karang secara ekonomi adalah sebagai sumber makanan oleh manusia. Seperti rumput laut yang dijadikan agar-agar, berbagai jenis ikan, udang, kepiting, dan teripang. Serta sebagai mata pencaharian baik sebagai nelayan, petani rumput laut, dan sebagainya.

Deskripsi
Bagian
Terumbu karang dikelompokkan berdasarkan tempat tumbuh. Berdasarkan letak tumbuh terdapat jenis terumbu karang tepi dan karang penghalang. Terumbu karang tepi adalah jenis terumbu karang paling sederhana dan paling banyak ditemui di pinggir pantai yang terletak di daerah tropis dan berkembang di mayoritas pesisir pantai. Perkembangannya bisa mencapai kedalaman 40 meter dengan pertumbuhan ke atas dan ke arah luar menuju laut lepas. Sedangkan terumbu karang penghalang menyerupai terumbu karang tepi, hanya saja jenis ini hidup lebih jauh dari pinggir pantai,yaitu terletak sekitar 0.5­2 km ke arah laut lepas dengan dibatasi oleh perairan berkedalaman hingga 75 meter. 

D. Menelaah dan Memperbaiki Kepaduan Paragraf
Bacalah teks berikut! Carilah kalimat yang tidak padu pada tiap paragraf!
ParagrafKalimat
1(1) Lebah memiliki ciri fisik secara khusus. Sebagai serangga, lebah memilik tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Beberapa jenis lebah memiliki sengat yang sebetulnya bersifat fatal bagi. Jika sengat digunakan untuk menyengat akan mengakibatkan kematian bagi lebah sendiri. Hal ini disebabkan oleh adanya sengat dan kantong kelenjar yang terlepas dan tertancap pada sasaran.Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya badan lebah dibagi menjadi tiga bagian: kepala, torak, dan perut. Lebah memiliki berbagai mafaat dalam dunia kesehatan.

1(2) Lebah memiliki perilaku yang khas. Jika madu diambil, lebah akan marah. Kemarahan lebah bisa disebabkan karena terganggu dan terkejutnya koloni itu. Lebah ada yang bersifat agresif dan ada yang tidak agresif. Perilaku khas lebah juga terkait dengan pembagian kerja lebah. Cara pembudidayaan lebah dapat dilakukan dengan beberapa teknik. Teknik tradisional dan teknik modern sama-sama baik untuk budidaya lebah.

3(3) Lebah di alam berfungsi penting sebagai serangga penyerbuk utama. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari membantu tumbuhan untuk melakukan penyerbukan silang.

Lebah di alam berfungsi penting sebagai serangga penyerbuk utama. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari membantu tumbuhan untuk terjadinya penyerbukan silang dan penyebaran serbuk sari.

Lebah juga bermanfaat pada dunia pengobatan. Sengat lebah dimanfaatkan manusia dalam pengobatan serupa akupunktur yang dinamakan terapi lebah. Ada berbagai jenis madu dari lebah yang diternakkan. Agar bisa memperoleh madu yang baik, sebaiknya dipilih jenis lebah yang sesuai.

Pada dunia kuliner lebah juga memiliki beragam manfaat. Dalam dunia kuliner lebah berperan sebagai bahan yang membuat masakan tertentu lebih nikmat.

Memang lebah bermanfaat dalam berbagai bidang. Manfaat lebah merambah pada bidang pertanian, kesehatan, dan kuliner.
E. Menyunting kalimat yang mengungkapkan klasifikasi
  1. Berdasarkan bentuknya maka terumbu karang dapat dikelompokkan menjadi dua.
  2. Manfaat daripada pasir putih untuk kehidupan sangatlah banyak.
Perbaikan
  1. Berdasarkan bentuknya maka terumbu karang dapatdikelompokkan menjadi dua.
  2. Manfaat daripada pasir putih untuk kehidupan sangatlah banyak.
Perbaikilah kalimat tersebut sesuai dengan kaidah penyusunan paragraf dan penyusunan kalimat efektif!

F. Menyunting kalimat (kalimat boros)
Contoh Salah
Manfaat yang terkandung dalam terumbu karang dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu adalah manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.
Perbaikan:
  1. Manfaat yang terkandung dalam terumbu karang dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.
  2. Terumbu karang mengandung memiliki berbagai manfaat yang sangat besar sekali.

Contoh Salah
Pantai memiliki berbagai macam-macam manfaat baik secara ekologi dan ekonomi.

Perbaikan:
Pantai memiliki berbagai manfaat baik secara ekologi maupun ekonomi.

G Menelaah Prinsip Penggunaan Kata, Kalimat, Tanda Baca dan Ejaan
Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks Laporan Observasi.
Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks
  1. Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan. (dan, ataupun)
  2. Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
  3. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya. Contoh Pulau Seram, Antartika, Sungai Kapuas
  4. Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi ( Selat Lombok, Teluk Benggala)
H. Penggunaan Imbuhan Asing dalam Teks Laporan Hasil Oservasi
Akhiran -is memiliki makna ‘bersangkutan dengan’. Akhiran –is merupakan adaptasi dari bahasa Belanda dan bahasa Inggris berikut. Contoh
  1. teknis : bersifat atau mengenai (menurut) teknik.
  2. praktis : berdasarkan praktik; mudah dan senang memakainya.
  3. kronologis : berkenaan dengan kronologi; menurut urutan waktu.
  4. Biologis : berkenaan dengan biologi
Akhiran -isasi menyatakan ‘proses atau menjadikan sesuatu’. Akhiran –isasi adaptasi dari bahasa Inggris berikut.
  1. specialisatie specialization spesialisasi
  2. globalisatie globalization globalisasi
  3. naturalisatie naturalization naturalisasi
I. Penggunaan Imbuhan Asing dalam Teks Laporan Hasil Oservasi
Awalan asing banyak digunakan pada istilah-istilah bahasa Indonesia terutama untuk laporan hasil observasi (kajian pengetahuan). Kata yang menggunakan awalan asing dicontohkan berikut.
  1. anti-(‘melawan’ atau ‘bertentangan dengan’.) antioksidan, antikomunis, antiklimaks, antikarat yang artinya 
  2. bi- misalnya pada bilateral, bilingual, bikonveks. Awalan ini artinya ‘dua’.
  3. de- (Awalan ini artinya ‘meniadakan’ atau ‘menghilangkan’) seperti pada dehidrasi, devaluasi, dehumanisasi, deregulasi.
  4. ekstra- (Awalan ini artinya ‘tambah’, ‘diluar’, atau ‘sangat’) seperti pada ekstrakurikuler, ekstralinguistik, kadang juga dipakai pada kata-kata bahasa Indonesia sendiri. Contoh: ekstraketat, ekstrahati-hati. .
  5. hiper- (‘lebih’ atau ‘sangat’.) misalnya pada hipertensi, hipersensitif. Awalan ini artinya
  6. in- (awalan ini artinya ‘tidak’.) misalnya pada kata inkonvensional, inaktif, ilegal. 
  7. infra- (awalan ini artinya ‘di tengah’.))misalnya pada infrastruktur, inframerah, infrasonik. 

J. Latihan Menelaah Kesalahan Penggunaan Bahasa dan Tanda baca/ejaan
Penggunaan salahAlasan SalahPerbaikan
Museum yaitu tempat
penyimpanan benda bersejarah
Kalimat definisi dapat dirumuskan menjadi X = Y.
X adalah benda (sesuatu) yang didefinisikan dan Y adalah definisinya. Sementara itu, = adalah kata kerja penghubung seperti adalah, ialah, merupakan, termasuk, atau digolongkan.
Museum adalah tempat penyimpanan benda bersejarah
Jika ditinjau dari bentuknya, maka terumbu karang dibagi
menjadi tiga kategori
Mengganti kategori menjadi jenisJika diklasifikasikan berdasarkan bentuknya, terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori.
Sesuai dengan peraturan yang ada, maka dilarang berburu
di taman nasional Way Kambas.
Huruf kapital digunakan untuk huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografiSesuai dengan peraturan yang ada, maka dilarang berburu di Taman Nasional Way Kambas

K. Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku
Kata tidak bakuAlasan tidak bakuKata Baku
bawainKosakata daerah.bawakan
pengrusakawalan /pe-/ atau /per-/ yang melekat pada kata berfonem awal /r/ tidak berubah menjadi /peng-/perusak
merubahPenambahan awalan me– tidak menjadikan ubah menjadi merubah dengan tambahan r, tetapi mengubah, dengan penyesuaian me– menjadi meng–untuk semua kata dasar yang diawali dengan vokal: a, u, i, e, o.mngubah
mempengaruhiKata dasar “p” bila diberi awalan “me-“, huruf “p” mengalami pelunturan menjadi “m”.memengaruhi
sintesaAkhiran -is memiliki makna ‘bersangkutan dengan’. Akhiran –is merupakan adaptasi dari bahasa Belanda dan bahasa Inggrissintesis
resikoresiko (tidak baku), kata yang benar adalah "risiko"(resiko (tidak baku), kata yang benar adalah "risiko")risiko
diakomodirakomodasi : sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergiandiakomodasi
kuwalitasPenambahan konsonan Wkualitas
infra merahPenulisan imbuhan serapan asing harus dirangkai dengan kata yang diikuti.inframerah
ekstra kurikulerPenulisan imbuhan serapan asing harus dirangkai dengan kata yang diikuti.ekstrakurikuler
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.