Home » » Menentukan Isi Teks Deskripsi

Menentukan Isi Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang berisi tanggapan deskriptif dan personal terhadap objek. Teks
deskripsi memaparkan atau menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci dari sudut
pandang subjektif penulisnya. Hal-hal yang dideskripsikan dipilih dari sudut pandang penulis sendiri. Teks deskripsi disebut juga teks tanggapan deskriptif.

Teks deskripsi mengandung kalimat kalimat yang seolah olah kita dapat merasakan, mendengar, dan membayangkan peristiwa yang diceritakan. deskripsi itu gambaran atau lukisan tentang suatu peristiwa.Ciri-ciri yang sangat jelas di teks deskripsi ini tentunya akan sangat mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya. Berikut ini ciri-cirinya:
  1. Paragraf deskripsi menggambarkan sesuatu.
  2. Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  3. Ketika pembaca membaca teks deskripsi seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  4. Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.
Berikut ini beberapa contoh teks deskripsi.

Pesona Pantai Senggigi (teks 1)
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.

Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tangguh nampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
snggigi

Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau. Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah laut Senggigi. Dengan snorkeling maupun menyelam anda dapat menyaksikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa mempesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah keindahan taman laut di Senggigi.

Selain pemandangan bawah laut, terdapat juga pemandangan indah di Pura Batu Bolong. Pada arah selatan bibir pantai Senggigi, terdapat pura kecil yang bernama Batu Bolong.Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. Sungguh sebuah keagungan pura di tengah keindahan Senggigi. Berkunjung ke pura ini, Anda langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan bersahabat. Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di area sekitar Pura Batu Bolong. Memasuki pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini, Anda harus berjalan menuruni anak tangga. Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah pohon rindang. Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat para pemancing tradisional sedang mencari ikan dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Selain itu, melewati senja sambil memandang matahari terbenam di pura ini juga menjadi saat-saat paling menyenangkan. Keindahan semburat merah sang mentari menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

Latihan
1) Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks.
a) Apa yang dibicarakan penulis pada teks 1?
Penulis menuliskan jikalau pantai senggigi itu sangat indah dengan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan.

b) Keindahan bagian mana saja dari pantai Senggigi yang dipaparkan penulis?
  1. Di pantai senggigi terdapat angin yang lembut dan udara yang segar, warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik.
  2. Bukit-bukit tangguh menjadi latar belakang bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.
  3. Terumbu karang yang masih terawat dan ikan yang beraneka ragam menambah keindahan bawah laut senggigi.
  4. Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan.
c) Apa tujuan penulis menampilkan teks di atas?
Mengajak pembaca untuk merasakan keindahan pantai Senggigi.

d) Bagaimana penulis menggambarkan keindahan pantai Senggigi? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!
Penulis menceritakan keindahan pantai senggigi dengan bahasa yang seolah-olah pembaca bisa melihat dan merasakan langsung keindahan pantainya.

2) Buatlah pemetaan isi teks yang kamu baca dengan cara menuliskan di tengah topik/ hal yang dibicarakan. Kemudian berilah garisgaris sesuai dengan bagian-bagian yang diperinci! Lengkapi contoh pemetaan di bagian berikut!
Pemetaan Isi Teks 1
pantai senggigi
Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah (teks 2)
Drama tari kolosal “Ariah” dipentaskan di area Monas. Pementasan tari kolosal ini dalam rangka hari jadi Kota Jakarta ke- 386. Drama musikal “Ariah” diambil dari cerita Betawi. “Ariah” menceritakan pejuang perempuan muda Betawi yang penuh semangat dan mempunyai martabat. Atilah Soeryadjaya memprakarsai dan menjadi sutradara cerita rakyat Betawi ini. Selain itu, seniman serba bisa itu juga menulis naskah dan sekaligus menulis lirik lagu pementasannya. Dari awal sampai akhir, pementasan ini sangat memukau.

Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00. Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas. Di bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan musik mengentak keras. Penonton bersorak-sorai kaget sekaligus terpesona. Tata lampu yang didukung cuaca cerah malam itu semakin menambah kedahsyatan suasana pembukaan. Pertunjukan awal melibatkan Monas sebagai latar. Monas nampak gagah dan menawan karena berkali-kali disoroti gambargambar indah sebagai latar cerita.

Setelah sukses memukau penonton pada acara pembukaan, penonton disuguhi kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah. Para penari berlenggak-lenggok di atas tiga level panggung miring dengan sudut 15 derajat. Kostum warna-warni tradisional Betawi nampak semarak dibalut sinar lampu yang dramatis. Erwin Gutawa mengaransemen lagu-lagu Betawi dengan syahdu. Musik menggetarkan suasana.

Adegan puncak benar-benar mengaduk-aduk emosi penonton. Beragam suasana hati semakin dirasakan penonton. Nuansa keceriaan permainan anak-anak wak wak gung disusul suasana romantis Juki dan Ariah. Adegan berganti dengan suasana seru latihan silat antara Ariah dan Juki. Pergantian suasana berlangsung sangat cepat. Puncak ketegangan semakin terasa pada saat para penari laki-laki membawa replika obor yang menggambarkan suasana perlawanan para petani terhadap pemerintah kolonial. Suasana tanam paksa diiringi dan kekejaman para tuan tanah yang merugikan bagai lintah darat divisualisasikan dengan penuh penjiwaan.

Latihan
1) Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks
a) Teks 2 di atas membicarakan tentang apa?
Tentang pementasan tari kolosal “Ariah” yang dipentaskan di area Monas dalam rangka hari jadi Kota Jakarta ke- 386.

b) Apa saja yang dijelaskan penulis pada awal pementasan, puncak pementasan, dan akhir pementasan?
  • pada awal pementasan : pembukaan pementasan (waktu, latar)
  • pada puncak pementasan : kemunculan 200 penari yang menjadi inti drama Ariah (permainan wak wak gung), pencak silat)
  • pada akhir pementasan : peristiwa tragis.

c) Apa tujuan penulis menampilkan teks tersebut?
Tujuan penulis adalah untuk mendeskripsikan pementasan drama tari musikal kolosal Ariah ini sangat megah dan fantastik dari awal hingga akhir.

d) Bagaimana penulis menggambarkan keindahan pementasan? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!
Penulis menggambarkan keindahan pementasan tersebut sangat luar biasa. pada paragraf terakhir penulis menulis: Pagelaran karya seni yang berbasis budaya lokal Betawi ini berhasil menyuguhkan pertunjukan yang spektakuler. Tepuk tangan gemuruh mengiringi akhir pementasan.

2) Menentukan Pemetaan Isi Teks Deskripsi
Buatlah pemetaan isi teks yang kamu baca dengan cara menuliskan di tengah topik/ hal yang dibicarakan. Kemudian berilah garisgaris sesuai dengan bagian-bagian yang diperinci! Amati contoh pemetaan berikut!
pementasan tari
2. Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
Diskusikan dengan teman sebangkumu perbedaan teks 1 dan teks 2!
PerbedaanTeks 1Teks 1
topik utama yang dideskripsikanKeindahan AlamKeanekaragaman Tarian
rincian isi
  1. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan.
  2. Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar.
  3. Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau.
  4. Terdapat juga pemandangan indah di Pura Batu Bolong.
  1. Pertunjukan pembuka: dibuka dengan nyala api yang berkobar didepan tugu monas.
  2. Pertunjukan setelah acara pembuka: muncul 200 penari yang berlenggak lenggok di atas panggung.
  3. Pertunjukan puncak: Nuansa keceriaan permainan anak-anak wak wak gung disusul suasana romantis Juki dan Ariah
  4. Penutup: menggambarkan suasana tragis dengan menggunakan irama yang menyayat, cahaya lampu berangsur meredup
pola pengelompokan
isi
Mengelompokkan bagian-bagian
(pantai, bawah laut, pura batu bolong)
Teks gebyar pementasan tari kolosal ariah menjelaskan pertunjukan pembuka, adegan puncak, pertunjukan penutup

Diskusikan dengan teman sebangkumu persamaan teks 1 dan teks 2!
HalTeks 1Teks 2
cara mengembangkan isiTeks pesona pantai senggigi mengembangkan ceritanya secara deskriptif, yaitu dengan menjelaskan dan menggambarkan keindahan-keindahan dari pantai senggigiTeks pesona gebyar pementasan tari kolosal Ariah mengembangkan ceritanya secara deskriptif, yaitu dengan menjelaskan pementasan drama tari musikal kolosal Ariah ini sangat megah dan fantastik dari awal hingga akhir.
isi dapat ditangkap dengan penggunaan
panca indera
Teks pesona pantai senggigi dapat ditangkap dengan menggunakan paca indera misalnya seolah olah dapat :
  1. Dilihat : Keindahan semburat merah sang mentari menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.
  2. Didengar : Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap.
  3. Dirasakan : Angin lembut terasa mengelus kulit
Teks gebyar pementasan tari kolosal Ariah dapat ditangkap dengan menggunakan paca indera misalnya seolah dapat :
  1. Dilihat : Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas.
  2. Didengar : Erwin Gutawa mengaransemen lagu-lagu Betawi dengan syahdu. Musik menggetarkan suasana.
  3. Dapat dirasakan : Beragam suasana hati semakin dirasakan penonton
pola pengelompokan
isi
Mengelompokkan bagian-bagian
(pantai, bawah laut, pura batu bolong)
Mengelompokkan bagian-bagian (pembuka, puncak, penutup)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:04 PM

5 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.