Home » » Kelompok Monera dan Protista

Kelompok Monera dan Protista

Klasifikasi terhadap makhluk hidup diperlukan sehingga memudahkan kita untuk mempelajari jenis-jenis makhluk hidup. Salah satu kelompok makhluk hidup adalah monera dan protista. Kingdom Protista dan Monera keduanya adalah organisme yang bersel tunggal, tetapi mereka berdua berbeda satu sama lain. Perbedaan utama antara monera dan protista terletak pada inti sel. Monera tidak memiliki inti sejati, sementara protista memiliki inti yang terikat dalam membran inti mereka sendiri. Para ilmuwan mengklasifikasikan organisme dengan inti sejati sebagai eukariota dan organisme tanpa inti sejati sebagai prokariota.

1. Kingdom Monera
Monera adalah kelompok organisme yang inti selnya masih belum memiliki membran inti disebut organisme Prokariotik. Meskipun tidak memiliki membran inti, organisme ini memiliki bahan inti. Bahan inti tersebut berupa asam inti atau DNA (deoxy ribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat). Organisme yang termasuk ke dalam Kingdom Monera adalah organisme yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Bersel satu.
  2. Tidak memiliki selaput Inti atau prokariot.
  3. Ada yang dapat membuat makanan sendiri atau autotrof.
  4. Ada yang dapat bergerak berpindah tempat.
Monera terdiri dari bakteri dan ganggang biru.

a. Bakteri
Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Bakteri berkembang biak dengan cara membelah diri. Beberapa bakteri ada yang berklorofil dan mampu melakukan fotosintesis. Misalnya, bakteri hijau. Bakteri ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan bagi kehidupan manusia. Berikut ini beberapa contoh bakteri:
  1. Salmonella typhi penyebab penyakit tifus
  2. Mikrobakterium tuberculosis penyebab TBC
  3. Escherichia coli hidup di usus besar manusia dan membantu pembusukan sisa makanan
  4. Rhizobium radicicola hidup bersimbiosis dengan tanaman kacang-kacangan yang membantu menambat nitrogen dari udara dengan membentuk bintil-bintil akar.
  5. Bacillus anthracis penyebab penyakit anthrax pada ternak.
Tubuh bakteri terdiri dari satu sel, sebagian besar bakteri hidup secara sporofit atau parasit. Bakteri berkembangbiak dengan membelah diri dan konjugasi.
Jenis Bakteri

b. Alga biru (cyanobacteria)
Alga biru adalah satu satunya ganggang yang tergolong dalam kingdom monera Divisio Cyanophyta , ganggang ini bersel tunggal atau berbentuk benang dengan struktur tubuh yang masih sederhana dimana intinya masih prokaryotik. Alga biru berkembang biak dengan membelah diri. Alga biru bersifat autotrof (mampu membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis). Manfaat ganggang biru antara lain: Annabaena azollae digunakan sebagai pupuk. SpiruLina sebagai bahan makanan yang mengandung protein dan lain-lain.
Alga Biru
2. Kingdom Protista
Protista adalah organisme eukariot pertama atau paling sederhana. Protista merupakan organisme eukariotik sehingga memiliki membran inti sel. Kingdom protista meliputi berbagai jenis makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Bersel tunggal
  2. Mempunyai selaput inti sel (eukariot)
  3. Bersifat heterotrof
  4. Berkembang biak dengan kawin (konjugasi) dan tak kawin (membelah diri)
  5. Hidup soliter atau berkoloni.

Secara umum, protista dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu protista mirip hewan (protozoa) protista mirip tumbuhan (Alga) dan protista mirip jamur (oomycota)
  1. Protista mirip hewan atau protozoa. Berdasarkan alat geraknya hewan bersel satu dibagi menjadi: Hewan berkaki semu tumbuhnya membentuk kaki contoh amoeba proteus. Hewan berbulu cambuk atau flagellata, memiliki flagel yang bergerak mirip dengan cambuk contoh chlamydomonas. Hewan berbulu getar atau Ciliata, memiliki silia yang selalu bergerak berfungsi sebagai alat gerak dan mengambil makanan. contoh paramaecium, didinium.
  2. Hewan spora atau sporozoa berkembang biak dengan spora. Contoh plasmodium.
  3. Protista mirip tumbuhan atau alga ganggang bersel satu soliter contohnya chlorella atau masa kini dapat diolah menjadi makanan berprotein tinggi dan ganggang bersel satu koloni contohnya volvox. Protista mirip jamur, protista yang merupakan menyerupai jamur adalah dari golongan jamur lendir (myxomycota) dan jamur air Omycota.
Jenis Protista
Selain kelompok Protista yang bersifat mikroskopis, terdapat juga Protista yang bersifat makroskopis (dapat dilihat tanpa menggunakan mikroskop). Misalnya Alga merah: Eucheuma spinosum, Gracillaria sp, Alga hijau: Ulva sp, dan Alga Cokelat; Fucus sp.

Tugas Pengamatan
Mengamati makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam
Siapkan alat dan bahan berikut ini.
  1. Air kolam yang warnanya hijau
  2. Mikroskop
  3. Pipet tetes
  4. Kaca objek dan penutupnya

Lakukan kegiatan berikut.
  1. Ambilah setetes air kolam yang warnanya hijau.
  2. Teteskan pada kaca objek dan tutuplah dengan gelas penutup.
  3. Amatilah makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam tersebut dengan mikroskop dimulai dari perbesaran lemah sampai perbesaran kuat.
  4. Jika kamu belum menemukan makhluk hidup yang dicari, ulangilah kembali dari langkah 1.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:41 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.