Home » » Komponen dan Material Produk Elektronika Praktis

Komponen dan Material Produk Elektronika Praktis

Produk elektronika praktis dengan mengembangkan sumber daya yang ada untuk menjadikan nilai tambah pada komponen dan material yang mengarah pada usaha produktif. Menjadikan nilai tambah pada komponen dan material dibutuhkan jiwa kewirausahaan melalui proses pembelajaran dan pengembangan diri sehingga memiliki usaha yang tumbuh secara berkelanjutan. Usaha produktif yang didasari pada semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan menangani kegiatan usaha dalam upaya mencari, mencipta, menerapkan cara kerja, teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam usaha. 

Produk elektronika praktis yang akan dibuat adalah rangkaian elektronika sederhana lampu baca LED dan tidak menutup kemungkinan bagi pembelajaran untuk mengembangkan rangkaian elektronika yang lain . Kebutuhan penerangan untuk mengembangkan diri melalui baca tulis sudah menjadi bagian dari life style di masa kini. Kebutuhan akan penerangan meningkat, sementara di sisi lain terdapat issue energi yang tak terbarukan mengalami penurunan pasokan membawa dampak kekhawtiran akan kurangnya pasokan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan. 

Produk elektronika praktis rangkaian sederhana lampu baca LED sebagai solusi sebagian pengguna atau pelanggan. Kebutuhan pelanggan akan produk elektronika praktis lampu baca LED menberikan inform peluang usaha bagi pelaku usaha untuk membuat produk yang memiliki keunikan dan penanganan secara efektif dan esisien. Salah satu cara kerja dalam pembuatan produk elektronika praktis melalui tahapan action loop seperti berikut :
action loop
1. Desain Produk Elektronika Praktis Lampu Baca LED
Desain merupakan gambar rancangan awal untuk membuat sebuah produk. Ide atau gagasan dituangkan dalam skema rangkaian elektronika. Rangkaian ini didesain kembali untuk dituangkan pada papan PCB dan soldering mash. Desain produk elektronika praktis rangkaian sederhana lampu baca LED merupakan salah satu produk yang dikembangan dalam pembahasan sebagai tahapan dalam pembuatan produk. Tidak menutup kemungkinan untuk produk-produk elektronika praktis lainnya sesuai dengan hasil diskusi kelompok.

2. Bahan Pembuatan Produk Elektronika Praktis
Desain yang telah dibuat membutuhkan komponen-komponen yang dirakit untuk membentuk rangkaian serta bahan-bahan yang diperlukan untuk mendukung desain pembuatan produk secara mekanik.

a. Material Bagian Mekanik
Material yang digunakan dalam pembuatan produk lampu baca LED untuk bagian mekanik dapat menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar atau dengan memanfaatkan limbah. Limbah yang dapat digunakan antara lain limbah kayu di industri furniture, limbah kaleng kemasan bekas, limbah plastik, limbah styrofoam, limbah hasil pertanian, bambu yang didesain sedemikian rupa sehingga membentuk desain yang unik dan memiliki nilai tambah serta fungsi yang optimal sesuai dengan selera pelanggan.
material mekanik
b. Material bagian Elektronik
Rangkaian sederhana Lampu baca LED membutuhkan beberapa komponen diantaranya LED, resistor, PCB, baterai, dan saklar geser.
  1. Lampu Penerangan. Light Emiting Diode (LED) digunakan sebagai lampu penerangan baca, memiliki sifat dan konsumsi tegangan rendah, kecepatan penyaklaran cepat. Energi yang dikeluarkan LED dalam bentuk pancaran cahaya. Dalam memilih LED perlu diperhatikan tegangan kerja dan arus maksimum. LED terbuat dari bahan mineral anorganik yang bervariasi sehingga menghasilkan berbagai warna.
  2. Resistor. Resistor merupakan komponen yang berfungsi untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian elektronika dalam hal ini membatasi arus yang masuk ke dalam LED sehingga dapat bekerja sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Jenis resistor cukup beragam dalam satuan ohm dan symbol Ω (omega). Disamping resistor dengan kode warna, terdapat resistor SMD (Surface Mounted Device), seiring perkembangan teknologi elektronika SMD berbentuk kotak kecil dan cara pemasangan menempel pada PCB. Resistor SMD 5% dengan 3 digit angka memberi kode digit sebagai contoh 220, diartikan :digit ke 1 = menunjukkan angka pertama dari nilai resistor, digit ke 2 = menunjukkan angka ke dua dari nilai resistor, digit ke 3 = menunjukkan angka pengali (multiplier). Nilai resistans pada gambar resistor SMD 220 adalah sebesar 22 ohm.
  3. Baterai. Bentuk fisik baterai beragam dan berukuran kecil. Button cell, baterai ponsel, batu baterai berukuran AA, AAA. Baterai pada ponsel dapat diisi ulang. Penggunaan disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Saklar Geser. Saklar berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan rangkaian listrik yang menggunakan sumber listrik arus searah (DC).
  5. Printed Circuit Board (PCB). Papan sirkuit cetak sebagai media untuk meletakkan komponen elektronika yang dipasang dan dirangkai dan di salah satu sisinya dilapisi tembaga untuk menyolder kaki-kaki komponen. PCB memiliki jalur konduktor yang berfungsi untuk menghubungkan satu komponen denga  komponen yang lainnya.
material elektronik
c. Material Bagian Pengemasan
Pengemasan disebut juga pembungkusan, pewadahan atau pengepakan, dan merupakan salah satu cara perlindungan pada produk. Pengemasan merupakan wadah atau pembungkus yang dapat membantu mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan-kerusakan pada bahan yang dikemas/dibungkusnya. Material yang digunakan untuk pengemas dapat berasal dari kertas, karton, bamboo, kayu atau plastik disesuaikan dengan desain produk yang dibuat. Fungsi pengemasan antara lain:
  • Menjaga Produk tetap bersih
  • Proteksi produk terhadap kerusakan !sik
  • Proteksi terhadap perubahan kadar air, cahaya
  • Berfungsi lebih e!sien ekonomis
  • Memudahkan membuka menutup
  • Penanganan pengangkutan
  • Menampilkan identi!kasi dan informasi
  • Promosi

3. Peralatan Pendukung
pendukung
Peralatan digunakan untuk mempermudah pekerjaan baik secara manual maupun dengan menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Kecepatan, ketepatan, dan kualitas hasil menjadi penting untuk menghasilkan produk yang memenuhi minat pasar. Keamanan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi bagian utama yang harus diperhatikan. Beberapa alat pendukung dalam pembuatan lampu baca led antara lain : tang kombinasi, tang potong,  tang pengupas kabel, multitester, tang lancip,  screwdriver, bor dan peralatan pemotong MCB.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:49 PM

1 komentar:

  1. Alat elektronik dari rangkaian elektronika seperti alat pengusir nyamuk, alat pengusir tikus, lampu emergency, silahkan cari di internet bagaimana pembuatannya dengan hasil nama dari rangkaian elektronik gambar skema elektronik identifikasi kebutuhan alat bahan cara pembuatan ungkapan perasaan

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.