Home » » Teks Cerita Ulang Biografi Walt Disney

Teks Cerita Ulang Biografi Walt Disney

Menulis teks cerita ulang biografi artinya menulis perihal perjalanan kehidupan seseorang. Dalam penulisan teks cerita ulang harus menganalisis dan menginterpretasi sejumlah peristiwa dalam kehidupannya, termasuk peristiwa luar biasa yang pernah dialaminya. Setelah menginterpretasi peristiwa selanjutnya adalah mencari dan menemukan hubungan antarperistiwa yang dialami oleh sang tokoh dan apa pengaruhnya terhadap kehidupan banyak orang. Dalam hal ini, perlu juga dijelaskan dengan argumen pendukung makna dari setiap aktivitasnya hingga yang bersangkutan mencapai prestasi gemilang.

Ada berbagai tokoh dunia, baik politisi, seniman, maupun olahragawan. Salah satu tokoh dunia yang terbilang unik adalah Walt Disney. Tokoh yang satu ini dikenal sebagai penguasa kerajaan dongeng. Dialah yang pertama sekali yang memproduksi film animasi panjang. Walt Disney telah tercatat dengan tinta emas dalam dunia hiburan. Sebelum menenyimpulkan bahwa seseorang itu layak disosokkan sebagai orang hebat dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan sederhana: Apa yang membuat seseorang itu menjadi spesial dan menarik untuk dipercakapkan? Pertanyaan selanjutnya: Seberapa jauh prestasi dan mutu kinerjanya yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia?
walt disney
Struktur Teks
Struktur teks cerita ulang biografi terdiri dari orientasi^urutan peristiwa kehidupan tokoh^reorientasi seperti di bawah ini.

Struktur TeksKalimat
OrientasiWalter Elias Disney atau akrab dipanggil Disney atau Walt Disney adalah pendiri kerajaan film anak serta pendiri pusat hiburan keluarga yang sangat tenar di dunia ini. Walt Disney lahir di Chicago, Illionis Amerika Serikat, pada tanggal 5 Desember 1901 dari pasangan Elias Disney dan Flora Call. Walt Disney dikenal sebagai penguasa kerajaan dongeng. Dialah yang pertama sekali yang memproduksi film animasi panjangdan tercatat dengan tinta emas dalam dunia hiburan.
Urutan Peristiwa Kehidupan TokohPada tahun 1906, ketika Walt masih berusia empat tahun, Elias dan keluarganya pindah ke peternakan di Marceline, Missouri. Setelah tinggal selama 4 tahun di Marceline, mereka pindah ke Kansas City tahun 1911. Di sana, Walt dan adiknya Ruth masuk ke Benton Grammar School. Ia juga mengikuti kursus hari Sabtu di Kansas City Art Institute.

Pada tahun 1917 mereka pindah ke Chicago. Disney mula belajar di McKinley High School dan mula menghadiri kursus malam di Chicago Art Institute. Disney dikeluarkan dari sekolah pada usia 16 tahun, lalu mencoba bergabung dengan Angkatan Bersenjata AS, namun ditolak karena belum cukup umur. Walt bersama salah seorang temannya bergabung dengan Palang Merah, Walt dikirim ke Perancis selama setahun sebagai sopir ambulans.

Pada tahun 1919, Walt Disney pindah kembali ke Kansas City untuk memulai karier seninya. Saudaranya, Roy, yang bekerja di sebuah bank di Kansas City, membuat Walt mendapat pekerjaan sementara di Pesmen-Rubin Art Studio. Di sinilah ia berkenalan Ubbe ‘Ub’ Iwerks. Setelah berakhirnya kerja sementara di Pesmen-Rubin, mereka berdua tidak memiliki pekerjaan, lalu memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri.

Pada Januari 1920, ia bersama rekannya Ubbe Iwerks mendirikan perusahaan bernama "Iwerk-Disney Commercial Artist", namun perusahaan ini tak bertahan lama dan bangkrut. Ia kemudian beralih menjadi pekerja di bidang cutout animation di Ad Company.

Walt hendak membuka bisnis animasi sendiri, ia merekrut seorang rekan kerja dari Kansas City Film Ad Company, Fred Harman. Melalui kartun yang berjudul "Laugh-O-Grams" kartun Disney menjadi populer di Kansas City sehingga Disney mampu membeli studio sendiri. Sayangnya, karena gaji karyawan yang tinggi dan tidak mampu mengurus keuangan dengan baik akhirnya perusahaan tersebut bangkrut.

Disney dan saudaranya mengumpulkan uang untuk mendirikan studio kartun di Hollywood. Bersama Margaret Winkler berhasil mengedarkan kartun barunya Alice Comedies. Atas permintaan Disney Virginia Davis dan Iwerks pindah Ke Kansas City, awal Disney Brothers' Studio yang terletak di Hyperion Avenue di distrik Silver Lake.

Pada tahun 1925 ia menikah dengan Lillian Bounds yang merupakan salah satu pekerjanya. Mereka dikaruniai seorang putri bernama bernama Diane Marie Disney dan juga mengadopsi Sharon Mae Disney.

Pada Pebruari 1928 Disney memperundingkan kenaikan bayaran, yang menyebabkan banyak pekerjanya yang meninggalkannya kecuali Iwerks. Setelah ditinggalkan oleh karyawannya dan kehilangan trademark Oswald, Disney sekali lagi bekerja sendiri.

Kartun yang pertama dibuatnya bersama Iwerks adalah Miki Mouse merupakan kartun bisu. Disney terus mengembangkan usahanya hingga animasi yang paling populer Disney yang berjudul Snow White and the Seven Dwarfs pada 21 Desember 1937 yang ditayangkan di Carthay Circle Theater yang meraih sukses. Keberhasilan film Snow White memangkinkan Disney untuk membangun kampus baru bagi Walt Disney Studios di Burbank, yang dibuka pada 24 Desember 1939.

Setelah dirilisnya Dumbo pada Oktober 1941, Amerika Serikat mulai terlibat dalam Perang Dunia II. Tentara AS mengkontrak banyak fasilitas studio Disney, namun film militer tidak memberikan pendapatan. Film fitur Bambi dirilis pada April 1942, dan Disney berhasil merilis kembali Snow White pada 1944. Pada tahun 1945, The Three Caballeros adalah film fitur animasi terakhir Disney yang dibuat pada masa perang.

Setelah perang Studio Disney turut menghasilkan film kartun pendek, seperti Make Mine Music (1946), Melody Time (1948), Fun and Fancy Free (1947) dan The Adventures of Ichabod and Mr. Toad (1949).

Cinderella yang digarap setelah Perang Dunia II kemudian menjadi salah satu animasi populer Disney selanjutnya namun tidak mengalahkan kepopuleran Snow White.  Bisnisnya kemudian beralih ke pembuatan taman bermain anak yang berjudul Disneyland. Disneyland dibuka secara resmi pada 17 Juli 1955. Dalam rentan satu dekade setelah perang dunia Walt Disney Production meraih berbagai penghargaan dengan berbagai anmasi-animasi garapan mereka.

Disney yang ternyata mengidap tumor di paru-paru kirinya meregang nyawa pada 15 Desember 1966. Tepat sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-65. Setelah kepergian Walt Disney, Roy Disney menguasai sepenuhnya Walt Disney Productions dan WED Enterprises.
ReorientasiWalt Disney terkenal akan pengaruhnya terhadap dunia hiburan. Disney menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia. seorang penerbit film tersohor di dunia. Perusahaan yang didirikannya, kini dikenal sebagai The Walt Disney Company.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:19 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.