Home » » Menginterpretasi Makna Teks Nelson Mandela

Menginterpretasi Makna Teks Nelson Mandela

Cerita ulang adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya. Cerita ulang terdiri atas tiga jenis, yaitu rekon pribadi, rekon faktual (informasional), dan rekon imajinatif. Rekon pribadi adalah cerita ulang yang memuat kejadian di mana penulisnya terlibat secara langsung. Rekon faktual (informasional) adalah cerita ulang yang memuat kejadian faktual seperti eksperimen ilmiah, laporan polisi, dan lain-lain. Rekon imajinatif adalah cerita ulang yang memuat cerita imajinatif dengan lebih detil.

Menginterpretasi teks adalah memberi tafsiran terhadap makna tersirat atau maksud tersembunyi teks. Interpretasi juga berarti pemberian kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu teks Untuk menginterpretasikan makna teks cerita ulang biografi. Silahkan berikan pendapat atau penafsiran tentang teks tersebut. Tentu tidak akan mengalami kesulitan karena sudah memahami bagaimana struktur teksnya, bagaimana aspek kebahasaan yang kerap digunakan pada teks, serta informasi apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah teks cerita ulang biografi.  Bacalah kembali secara saksama teks tersebut.

1. Struktur Teks
Struktur TeksKalimat
OrientasiRolihlahla Mandela lahir pada 18 Juli 1918 di Umtata, Afrika Selatan. Dia anak dari seorang kepala suku. Nama Rolihlala kadang diartikan sebagai ‘pembuat onar’, sementara nama Nelson baru kemudian ditambahkan oleh guru sekolah dasarnya yang membayangkan suatu kemegahan kerajaan pada nama itu. Masa kecil Mandela cukup damai, dia banyak menghabiskan waktu menggembala atau melakukan kesibukan pedesaan yang lain. Ketika ayahnya meninggal, dia diurus oleh seorang sanak keluarganya yang menjadi bupati. Wanita yang pernah mendampingi hidupnya ada beberapa orang, yaitu Evelyn Mase (cerai 1957), Nkosikazi Nomzamo Madikizela atau Winnie Mandela (cerai 1996), dan Graca Machel-Mandela (menikah 1998).
Urutan Peristiwa Kehidupan TokohNelson Mandela pernah mengenyam pendidikan di College of Fort Hare, University of South Africa, dan University of Witwaterrand, Johannesburg. Keterlibatannya dalam politik dimulai saat dia keluar dari sekolah College of Fort Hare. Dia mulai melibatkan diri dalam aksi protes mahasiswa menentang tatanan politik yang menempatkan orang kulit putih lebih tinggi dari orang kulit hitam. Keterlibatan inilah yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus ditempuhnya dalam memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit
hitam di Afrika Selatan.

Mandela kemudian magang pada sebuah biro hukum. Kariernya dalam bidang hukum berlanjut hingga dia bisa menjadi pengacara yang cukup sukses. Namun, selama bertahun-tahun kemudian dia menyaksikan bagaimana politik apartheid (politik diskriminasi warna kulit) sangat tidak manusiawi. Hanya karena berkulit hitam orang bisa kehilangan status sebagai manusia. Mandela meneguhkan hatinya untuk melawan semua ini. Dia rela meninggalkan kehidupan desa yang damai, bahkan kariernya sebagai pengacara, untuk memasuki masa depan yang penuh pengorbanan dan penderitaan.

Harapan Mandela untuk berhasil sangatlah kecil karena selama berabad-abad pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer, akses pendidikan, dan sebagian besar kekayaan di tangan minoritas kulit putih. Kondisi yang mendukung keberhasilan revolusi hampir tidak ada sama sekali. Rakyat banyak telah dijinakkan dalam kepatuhan, wilayah geografis yang luas merintangi komunikasi dan mobilitas, sementara perang antar-ras bukan suatu pilihan yang realistis, bahkan bisa menghebohkan.

Dalam situasi semacam itu, Mandela memilih jalan tanpa kekerasan sebagai strategi. Dia bergabung dengan Liga Kaum Muda, organisasi pemuda Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1944. Dia mengambil bagian dalam program perlawanan pasif untuk menentang aturan agar orang kulit hitam membawa pas jalan dan membuat mereka tetap dalam posisi budak terus-menerus.
nelson mandela
Pemerintah kemudian menggelar peradilan besar-besaran terhadap para “pengkhianat”, Mandela termasuk di antaranya. Namun, pada 1961 semua itu berakhir dengan pembebasan ke-156 tertuduh. Kemudian, Afrika Selatan “bergolak” karena pembantaian para demonstran kulit hitam di Sharpeville pada Maret 1960. Akan tetapi, Pemerintah tetap konsisten menghantam oposisi: sebagian besar gerakan pembebasan, termasuk ANC, dilarang. Mandela yang telah meraih reputasi sebagai pemimpin orang kulit hitam, berjuang di bawah tanah selama lebih dari setahun dan bepergian ke luar negeri untuk mencari dukungan bagi ANC.

Ketika Mandela kembali, dia ditahan dan dikirim ke penjara Robben Island selama lima tahun. Namun, dia tetap kukuh, “Sepanjang hidup saya, saya mendedikasikan diri pada perjuangan rakyat Afrika. Saya telah berjuang menentang dominasi kulit putih, dan telah berjuang melawan dominasi kulit hitam. Saya mengharapkan demokrasi dan masyarakat bebas yang ideal, memperlihatkan bahwa setiap orang hidup bersama dalam harmoni dan mendapat kesempatan yang sama. Hal itulah yang ingin saya hidupkan dan saya capai. Jika perlu, untuk itu saya siap mati.”
ReorientasiMandela memikul seluruh tanggung jawab perjuangannya. Lebih dari dua dekade berada dalam penjara, Mandela menjadi simbol perlawanan terhadap apartheid. Presiden F.W. de Klerk pada 2 Februari 1990 mencabut pemberangusan ANC dan mengumumkan pembebasan segera Mandela. Pada 1993 Mandela mendapat hadiah Nobel Perdamaian bersama F.W. de Klerk untuk jasanya menghentikan sistem apartheid.

Ketika pemilihan umum demokrasi berlangsung, Mandela terpilih sebagai Presiden Afrika Selatan (1994). Sebagai presiden, pelbagai hal berat harus dihadapinya. Nelson Mandela wafat usia 95 tahun (5 Desembaer 2013) setelah lama dirawat karena menderita infeksi paru-paru. Sehari setelah dimakamkan (16 Desember 2013), Presiden Jacob Zuma meresmikan patung besar dengan sosok Mandela yang tersenyum dan mengenakan hem ciri khasnya. Nelson Mandela memiliki sifat pemaaf yang luar biasa. Sudah sepantasnya sosok yang bersahaja ini dihormati dan dikenang banyak orang di penjuru dunia.

Selama hayatnya Nelson Mandela mengalami berbagai peristiwa, baik kehidupan personal, pendidikan, maupun pekerjaan. Tentu saja semasa hidupnya tidak hanya kesuksesan yang diraihnya, tetapi juga berhadapan dengan berbagai persoalan. Urutan peristiwa yang pernah dialami oleh Nelson Mandela semasa hidupnya adalah sebagai berikut.
No.RiwayatKalimat
1.Nama LengkapRolihlahla Mandela
2.Nama GelarPahlawan Apertheid
3.Tempat dan Tanggal LahirUmtata, Afrika Selatan, 18 Juli 1918
4.Tempat dan Tanggal WafatAfrika Selatan, 5 Desember 2013
5.Nama PasanganIstri Evelyn Mase (cerai 1957), Nkosikazi Nomzamo Madikizela atau Winnie Mandela (cerai 1996), dan Graca Machel-Mandela (menikah 1998).
6.Riwayat personal Nelson MandelaKetika masih kecil, Mandela mnggembala dan melakukan kesibukan pedesaan lainya. Setelah dia besar dia magang di sebuah Biro Hukum.
7.Riwayat pendidikan Nelson MandelaNelson Mandela pernah mengenyam pendidikan di College of Fort Hare, University of South Africa, dan University of Witwaterrand, Johannesburg.
8.Riwayat pekerjaan Nelson Mandela
  1. Magang pada sebuah biro hukum.
  2. Menjadi pengacara yang cukup sukses.
  3. Anggots Liga Kaum Muda, organisasi pemuda Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1944.
  4. Presiden Afrika Selatan dalam masa sekitar 5 tahun (Mei 1994 - Juni 1999)
9.Berbagai persoalan yang pernah dihadapi oleh Nelson Mandela
  1. Memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika Selatan.
  2. Bertahan di penjara selama 5 tahun.
  3. Ketika menjadi Presiden, dia harus bisa menyatukan satu Negara dengan dua warna kulit yang berbeda.
10.Peristiwa yang berkesan selama hidup Nelson Mandela
  1. Mandela rela meninggalkan kehidupan desa yang damai, bahkan kariernya sebagai pengacara, untuk memasuki masa depan yang penuh pengorbanan dan penderitaan.
  2. Memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika Selatan.
  3. Mandela menjadi simbol perlawanan terhadap apartheid. dia siap mati untuk mendedikasikan diri pada rakyat Afrika.
  4. Mandela diangkat menjadi kepala negara kulit hitam pertama untuk Afrika Selatan.
  5. Mandela memiliki sifat pemaaf yang luar biasa.
  6. Pada 1993 Mandela mendapat hadiah Nobel Perdamaian untuk jasanya menghentikan sistem apartheid. 
  7. Mandela menulis buku berjudul yang berjudul Long Walk to Freedom pada 1994.

Setelah mengetahui berbagai informasi tentang Nelson Mandela dalam teks “Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid” tersebut dari segala sudut pandang, pendapat atau kesan tentang perjalanan kehidupan Mandela antara lain sebagai berikut.
  • Riwayat personal Nelson Mandela penuh liku-liku, saat Nelson Mandela menjalaninya. Dimulai ketika masih kecil, Mandela mnggembala dan melakukan kesibukan pedesaan lainya. Setelah dia besar dia magang di sebuah Biro Hukum sampai akhirnya menjadi presideen Afrika Selatan. Dapat kita lihat dari berapa kali dia menikah dan berapa istrinya ini bukanlah hal yang mudah. Namun dia adalah tokoh yang tegar dan kuat meski dalam menghadapi berbagai cobaan dan juga tidak mudah untuk menyerah.
  • Riwayat pendidkan Nelson Mandela. Dari segi pendidikan yang di tempuh Mandela memang cukup baik. Riwayat pendidikannya pun juga dapat kita ketahui bahwa Mandela begitu siap dan membuat dia berani terjun dalam dunia politik khususnya setelah dia keluar dari College of Fort Hare , University og South Africa
  • Riwayat pekerjaan Nelson Mandela. Jika dilihat dari segi riwayat pekerjaan Nelson Mandela, membuat kita kagum karena keberanian beliau yang meningalkan kariernya sebagai pengacara di biro hukum untuk membela persamaan hak mayoritas orang kulit hitam dan membuat suatu keadilan serta hal itu dilakukan sepanjang hidupnya begitu dia meninggalkan keriernya atau pekerjaannya.
  • Berbagai persoalan yang pernah dihadapi Nelson Mandela. Mandela pernah dianggap pengkhianat saat pemerintah menggelar peradilan besar-besaran, Mandela pernah dikirim ke penjara Robben Island selama lima tahun, dan ketika menjadi Presiden, dia harus bisa menyatukan satu Negara dengan dua warna kulit yang berbeda. Namun dengan sifat pemaafnya dan kerja keras yang dilakukan Mandela dapat membawa Afrika Selatan seperti yang ada saat ini.
  • Peristiwa yang berkesan selama hidup Mandela. Peristiwa yang berkesan selama hidup Mandela menurut saya adalah pada tahun 1993 Manela mendapatkan hadiah nobel Perdamaian bersama F. W de Klerk untuk jasanya mengehentikan sistem apartheid. Mandela menjadi simbol perlawanan terhadap apartheid. dia siap mati untuk mendedikasikan diri pada rakyat Afrika, dan Mandela diangkat menjadi kepala negara kulit hitam pertama.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:55 PM

1 komentar:

  1. Makasih gan!! Blog nya sangat membantu dalam kelancaran presentasi kami..Semoga blog nya makin berkembang..*trusted..
    recommended bgt..cendol gan

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.