Home » » Membaca Teks Cerpen “Juru Masak”

Membaca Teks Cerpen “Juru Masak”

Cerpen juru masak bercerita tentang seorang juru masak bernama Makaji yang memiliki seorang anak bernama Azrial dan dia memiliki sifat yang baik, tidak sombong dan senang membantu. walaupun dia adalah seorang juru masak nomor satu di lereh panjang, namun dia mau membantu siapapun yang sedang menyelenggarakan kenduri tanpa memandang statusnya, dan seorang yang sombong bernama mangkudun dan memiliki anak bernama renggogeni yang awalnya berpacaran dengan azrial, namun hubunganya tidak direstui oleh mangkudun hanya karena azrial adalah anak dari seorang juru masak.

Kumpulan cerpen Juru Masak ini berisi cerpen-cerpen karya Damhuri Muhammad, antara lain: Sumanda, Juru Masak, Tamu dari Kampung, Ratap Gadis Suayan, Jo Ampok, Tikam Kuku, Pawang Hujan, dan lain-lain. Tema kampung, lokalitas, adat, sosial, dan budaya terasa kental mewarnai cerpen-cerpen Damhuri.

Sangat penting memahami sebuah cerpen dengan memperhitungkan berbagai unsur pembentuk teks cerpen. Anda dapat membongkar dan memaparkan secermat mungkin keterjalinan dan keterkaitan semua unsur yang membagun teks cerpen tersebut sehingga menghasilkan makna yang menyeluruh. Unsur tcerpen, seperti tema, tokoh dan penokohan, latar, konflik, alur, dan sebagainya.
Teks Cerpen “Juru Masak”
1. Tema
Tema merupakan makna keseluruhan yang didukung cerita. Tema ini bersifat mengikat keseluruhan masalah yang ada dalam cerita. Untuk menemukan tema, terlebih dahulu harus diidentifikas masalah yang ditemukan dalam cerita. Masalah ini yang kemudian menggiring pada penemuan tema tersebut. Tema cerpen "Juru Masak" adalah Perjuangan Hidup.

2. Tokoh dan Penokohan
Tokoh adalah orang yang melakukan perbuatan dan mengalami peristiwa dalam sebuah karya rekaan, sementara penokohan lebih mengacu pada pandangan, sifat, sikap, dan emosi yang dipunyai oleh tokoh dalam karya rekaan tersebut.
  • Makaji, adalah sosok bapak tua yang ramah dan sikap menolong pada siapa saja, tak pernah ia memilih. Keahliannya adalah memasak, dan sekaligis ia adalah sebagai kunci sebuah kehormatan pada pesta di kampungnya. Ketenarannya tak membuatnya naik derajatnya, sebab tetap saja miskin. Mengenai latar belakang budaya termasuk asli Minangkabau, yang tinggal di sebuah kampung, Lerah Panjang.
  • Mangkudun adalah sosok setengah baya yang angkuh dan seorang yang kaya raya di kampung Lerah Panjang. Nyaris hampir semua tanah kampung Lerah Panjang adalah miliknya. Namun ketika martabat dan harga dirinya harus tercoreng tatkala pesta pernikahan puterinya nyaris gagal.
  • Azrial adalah putera bungsu makaji. Ia sosok pemuda yang baik, jujur, dan ulet ini harus rela ia meranatu ke negeri orang untuk memendam lukanya (lamarannya ditolak) dan kemiskinan, namun karena keuletannya ia menjadi orang terkaya yang sukses di negeri rantau. Ia sama-sama berlatar belakang budaya Minang, kampung Lerah Panjang.
  • Renggogeni adalah mantan kekasih Azrial, dan puteri Mangkudun adalah sosok wanita yang baik dan penurut.

Berdasarkan peranannya dalam cerita, tokoh terbagi atas tokoh utama atau tokoh sentral dan tokoh tambahan.
  • Tokoh utama adalah tokoh yang berhubungan dengan setiap peristiwa dalam cerita. Tokoh ini selalu ada dan relevan dalam setiap peristiwa di sebuah cerita. Biasanya dalam sebuah cerita, tokoh utama ini mendominasi sebagian besar cerita. Dia lebih sering diceritakan dibandingkan dengan tokohtokoh lainnya. Dia juga diberi kesempatan lebih banyak untuk mengemukakan pendapat dan sikapnya.
  • Tokoh tambahan adalah tokoh yang tidak sentral kedudukannya dalam cerita, tetapi kehadirannya sangat diperlukan untuk menunjang tokoh utama. Tokoh ini dimunculkan untuk memperkuat keberadaan tokoh utama. Kecenderungan jumlah tokoh tambahan yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan tokoh utama, membuat tokoh ini tidak diceritakan dan dibicarakan secara mendetail dalam cerita.
Tokoh utama dan tokoh tambahan pada cerpen "Juru Masak" antara lain sebagai berikut :
No.Nama TokohTokoh UtamaTokoh Tambahan
1.Makaji -
2Azrial-
3.Renggogeni-
4.Mangkudun-
5Yusnaldi-
6Gentasari-
7Rustamadji-

Apakah permasalahan yang dihadapi tokoh dalam cerpen? Dapatkah tokoh tersebut menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapinya?

Permasalahan yang dihadapi tokoh dan solusi atas permasalahan yang dihadapinya antara lain sebagai berikut.
  • Tokoh Azrial. Permasalahan : Patah hati karena Magkudun ayah dari Renggogeni tidak merestui hubungan mereka. Solusi : Akhirnya Azrial pergi mengadu nasib ke Jakarta.
  • Tokoh Makaji. Permasalahan : Bimbang antara ikut anaknya ke Jakarta atau menepati janjinya membuatkan makanan di kenduri Mangkudun.. Solusi : Ikut anaknya ke jakarta dan tidak memenuhi janjinya membuatkan masakan kenduri Mangkudun.
  • Tokoh Mangkudun. Permasalahan : tidak mengizikan anaknya menikah dengan Azrial karena menurutnya keluarga Azrial tidak sederajad dengan keluarganya. Solusi : Mangkudun menikahkan anaknya dengan laki laki lain yang menurutnya pantas bagi anaknya.

Sikap kewirausahaan apa yang dapat kalian teladani dari cerpen tersebut?
Sikap kewirausahaan dari cerpen tersebut adalah kegigihan Azrial dalam membangun usahanya yang semula ia hanya seorang pencuci piring di rumah makan.Hingga ia bisa memiliki enam buah rumah makan dan 24 karyawan.

Bagaimana pendapat kalian tentang perjuangan tokoh dalam cerita itu?
Perjuangan Azrial patut dicontoh dan menjadi suri teladan dalam kehidupan sehari hari. Tentang Azrial seorang pria yang gigih,sabar dan pekarja keras tanpa mengenal lelah untuk mencapai kesuksesannya di tanah rantau.

Jika kelak kalian berprofesi sebagai pengusaha, apa yang harus kalian lakukan ketika menghadapi hambatan yang menghadang?
Untuk menjadi seorang pengusaha harus banyak banyak berdoa dan bekerja keras, sabar dan pantang menyerah dalam berusaha. Jangan sampai putus asa karena ada hambatan yang menghadang.

3. Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak
Berikut ringkasan dari cerpen "Juru Masak" karya Damhuri Muhammad.

Makaji adalah seorang juru masak yang terkenal dan patut diperhitungkan di desanya, Lareh Panjang. Tanpa kehadiran Makaji, sebuah perhelatan kenduri tidak akan meriah danmemuaskan para tamu undangan. Walaupun begitu, Makaji tak pernah pandang bulu dalam melayani pesanan masyarakat Lareh Panjang.

Ketika usianya mulai senja, Arial anak Makaji mengajaknya untuk tinggal bersama di Jakarta. Namun, Makaji bimbang memikirkan hanya ada satu juru masak di desanya. Sehingga ia meminta pada Azrial untuk diberikan satu kesempatan lagi memasak dalam kenduri milik anak Mangkudun. Ketika Azrial mengetahui tentang hal ini, pikirannya kembali ke kisah masa lalunya yang kelam.

Masih segar di ingatan Azrial bagaimana hubungannya dengan Renggogeni, anak Mangkudun tidak disetujui oleh Mangkudun. Azrial berusaha melupakan segalanya dan merantau hingga sukses dan memiliki sebuah rumah makan dan 24 anak buah. Tepat 2 hari sebelum perhelatan kenduri Renggogeni diadakan, Azrial mengajak Makaji ke Jakarta. Cerita ini pun sampai ke telinga Renggogeni. Renggogeni bisa membayangkan bagaiamana terpiuhnya hati Azrial mengetahui dirinya dipinang orang lain.

Jawaban Pertanyaan
  1. Masalah apa yang di hadapi Azrial ? Masalah yang di hadapi Azrial adalah ketika Azrial di tolak oleh orang tua atau keluarga sang kekasih karena dia bukan dari orang yang berada
  2. Bagaimana Azrial mengatasi masalahnya ? Azrial mengatasi masalahnya dengan ia pergi untuk merantau ke kota besar yaitu Jakarta. Lalu ia bekerja pada seorang penduduk Lareh Panjang yang telah lebih dahulu mengadu nasib di kota besar. Namun karena Azrial tidak ingin terus bergantung pada orang lain maka ia mulai merintis usahanya dan kini menjadi pengusaha yang sukses
  3. Apakah Makaji, sang juru masak menemui masalah pula ? Makaji sang juru masak pun juga menemui permasalahan seperti yang telah di ceritakan bahwa Makaji diajak oleh anaknya untuk tinggal bersama di kota dan menghabiskan waktu tua Makaji bersama sang anak. Namun Makaji tidak mau dan ingin tetap tinggal di Lareh Panjang sebagai Juru Masak
  4. Keputusan Apa yang akhirnya diambil Azrial ? Mengajak Makaji untuk menjadi juru masak di salah satu restoran milik Azrial dan menghabiskan waktunya bersama Makaji
  5. Menurut kalian apakah keputusan makaji tersebut sudah tepat? Keputusan Makaji untuk ikut bersama anaknya Azrial adalah keputusan yang tepat. Makaji sudah mengambil keputusan untuk meninggalkan kampung halamannya dan mengikuti anaknya, sebab makaji memikirkan kehidupan di masa tuanya yaitu tinggal bersama anak anaknya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:50 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.