Home » » Bermain Ansambel Musik Tradisional

Bermain Ansambel Musik Tradisional

Salah satu bentuk cara memainkan alat musik adalah ansambel. Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana. Bermain musik secara ansambel memerlukan kerja sama dan kekompakan. Musik ansambel merupakan salah satu jenis musik yang dimainkan minimal terdiri dari tiga jenis alat musik yang berbeda. Harmonisasi bunyi merupakan salah satu kekuatan pada musik ansambel. Ansambel menghasilkan muik yang enak didengar.

Jenis Musik nsambel
Gamelan jelas bukan musik yang asing. Popularitasnya telah merambah berbagai benua dan telah memunculkan paduan musik baru jazz-gamelan. di Pulau Jawa dan Bali salah satu jenis seni bebunyian atau seni tetabuhan yang dianggap paling tua dan masih bertahan hidup serta berkembang sampai saat sekarang ini adalah alat musik gamelan atau di daerah- daerah tertentu sering disebut dengan istilah seni karawitan.

Istilah karawitan pada saat sekarang di daerah-daerah tertentu terutama pada lingkungan perguruan tinggi seni sering digunakan untuk menyebut berbagai jenis alat musik daerah yang berbentuk alat instrumental maupun vokal yang memiliki sifat, kerakter, dan konsep serta cara kerja atau aturan tertentu.

Jadi karawitan tidak hanya menunjuk pada gamelan Jawa, Bali, Sunda tetapi juga jenis seperangkat alat musik lain di Indonesia. Contoh; Talempong Sumatera Barat, Gondang Sumatera Utara, Kulintang Sulawesi Selatan, Angklung Jawa Barat, Arumba, tifa, dan sejenisnya.

Musik ansambel dapat dikelompokkan berdasarkan penyajiannya dan berdasarkan jenis alat musiknya. Berdasarkan penyajiannya, musik ansambel dikelompokan menjadi dua:
  • Musik ansambel sejenis, yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan alat-alat music sejenis. Contoh : ansambel rekorder, ansambel gitar, ansambel pianika, dan ansambel tamborin.
  • Musik ansambel campuran, yaitu bentuk penyajian music ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat music atau bermacam-macam jenis alat music. Contohnya ansambel pianika, gitar, rekorder, triangle, tamborin, dan simbal.

Berdasarkan peranan dan fungsi alat-alat musik yang digunakan, musik ansambel dikelompokan menjadi tiga macam:
  • Ansambel melodis, yaitu alat musik yang digunakan berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contohnya piano, rekorder, pianika, biola, terompet, dan harmonica.
  • Ansambel ritmis, yaitu alat musik yang digunakan berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contohnya tamborin, drum set, triangle, gong, dan gendang.
  • Ansambel harmonis, yaitu alat musik yang digunakan bisa berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan juga mengatur irama lagu.

Ciri Musik Ansambel
  • Musik ansambel terdiri dari beberapa alat musik (minimal tiga alat musik) yang dimainkan bersama-sama. Alat musik dapat berupa alat musik yang sejenis pada ansambel sejenis atau juga merupakan campuran dari beberapa alat musik pada ansambel campuran.
  • Harmonisasi bunyi merupakan salah satu kekuatan pada musik ansambel. Harmonisasi adalah kombinasi atau perpaduan yang baik antara bunyi alat musik sehingga menciptakan sesuatu yang indah di dalam musik.

Prinsip Memaikan Alat Musik Ansambel
Musik ansambel dapat berhasil apabila hasil dari penyajian tersebut enak didengar, indah, dan harmonis. Keberhasilan tersebut akan terwujud apabila :
  • Pembagian alat – alat musik seimbang. Balance ( keseimbangan dalam pembagian alat musik yang dimaksud adalah keseimbangan dalam hasil suara yang dibunyikan dari pembagian alat musik tersebut )
  • Tiap – tiap pemain tampil dalam memainkan alat musiknya secara disiplin, tertib, dalam memperhatikan partitur dan dirigen. 
  • Kerja sama dalam bermain musik sangat diutamakan. Musik ansambel merupakan permainan dari berbagai jenis alat musik sehingga dibutuhkan kerjasama antar pemain musik agar musik ansambel menciptakan harmonisasi musik.

Jenis Musik Ansambel Tradisional
Gamelan jelas bukan musik yang asing. Popularitasnya telah merambah berbagai benua dan telah memunculkan paduan musik baru jazz-gamelan, melahirkan institusi sebagai ruang belajar dan ekspresi musik gamelan, hingga menghasilkan pemusik gamelan ternama. Pagelaran musik gamelan kini bisa dinikmati di berbagai belahan dunia.
Gamelan
Di Indonesia terutama di Pulau Jawa dan Bali salah satu jenis seni bebunyian atau seni tetabuhan yang dianggap paling tua dan masih bertahan hidup serta berkembang sampai saat sekarang ini adalah alat musik gamelan atau di daerah- daerah tertentu sering disebut dengan istilah seni karawitan. Istilah karawitan pada saat sekarang di daerah-daerah tertentu terutama pada lingkungan perguruan tinggi seni sering digunakan untuk menyebut berbagai jenis alat musik daerah yang berbentuk alat instrumental maupun vokal yang memiliki sifat, karakter, dan konsep serta cara kerja atau aturan tertentu.

Istilah karawitan kemudian dapat digunakan untuk menyebut atau mewadahi beberapa cabang seni yang memiliki karakter yang halus, kecil dan indah. Jadi karawitan tidak hanya menunjuk pada gamelan Jawa, Bali, Sunda tetapi juga jenis seperangkat alat musik lain di Indonesia. Contoh; Talempong Sumatera Barat, Gondang Sumatera Utara, Kulintang Sulawesi Selatan, Angklung Jawa Barat, Arumba, tifa, dan sejenisnya.

Ansambel Calung Banyumasan
Musik bongkel yang selama ini disebut-sebut sebagai cikal-bakal angklung dan calung Banyumas. Bongkel adalah salah satu bentuk musik rakyat yang terdapat di desa Gerduren, Jatilawang, Banyumas (Jawa Tengah). Musik ini didukung sebuah instrumen perkusi (sejenis angklung bambu), berlaras slendro.

Angklung merupakan alat musik dari tabung bambu yang disusun secara longgar dalam bentuk kerangka bambu. Ansambel angklung terdiri atas sekitar 15 angklung yang digantung pada gayor. Calung merupakan generasi termuda generasi musik bambu didaerah Banyumas, dianggap sebagai gabungan instrumen angklung (bambu) dan gamelan (logam). Tidak ada perbedaan antara calung dan orkes angklung dalam hal penggunaan instrumen, lagu, pagelaran atau fungsi sosial. Satu-satunya yang membedakan yaitu angklung digantung dengan gambang yang disebut gambang penodos.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:36 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.