Home » » Pembelajaran 6 Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca

Pembelajaran 6 Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca

Ayo Membaca
Penggalangan bantuan untuk pengungsi Gunung Agung sudah terkumpul. Hari ini, barang-barang bantuan akan dimasukkan dalam kardus-kardus. Udin mengajak teman-teman mengepak barangbarang.

Barang-barang tersebut akan dititipkan melalui Dayu. Mereka akan mengunjungi keluarga di Bali.

Ayo, kita bantu Udin dan teman-teman memilah barang. Kumpulkan barang sesuai jenisnya. Bajubaju dikumpulkan dalam satu kardus. Buku-buku juga dalam satu kardus. Selimut dalam satu kardus. Begitu juga barang-barang lainnya.

Ayo Mengamati
Menolong sesama adalah perbuatan mulia. Untuk menolong sesama, kita tidak boleh pilih-pilih. Apa pun latar belakang suku dan daerah asalnya. Perbedaan warna kulit bahkan agamanya. Kita wajib menolongnya.

Ini yang dilakukan oleh Udin dan teman-teman. Mereka mendapat kabar tentang pengungsi Gunung Agung. Mereka segera bergerak menghimpun bantuan.

Apakah kamu pernah menunjukkan sikap menolong selama ini? Tuliskan sikap menolong yang pernah kamu lakukan. Lalu, ceritakan pada temanmu di depan kelas.

Ani tidak membawa alat menggambar saat pelajaran menggambar. Danu, temannya membawa alat menggambar lebih. Sebagai teman yang baik, Danu meminjamkan alat menggambarnya kepada Ani
Menolong
Ayo Berlatih
Dayu akan membawa bantuan teman-teman SD Nusantara. Ayah akan mengendarai mobil ke Bali. Dibutuhkan waktu 48 jam perjalanan ke Bali dari Jakarta.

Yuk, kita temani Dayu selama perjalanan ke Bali. Selesaikan soal hitungan di bawah ini.

1. Ibu membawa melon untuk bekal di jalan. Melon dipotong menjadi 8 bagian. Dayu makan 2/8 bagian melon. Ayah makan 3/8 bagian melon. Berapa jumlah melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu?

2+3=5
888

2. Selama perjalanan Dayu tak henti makan kue lapis. Satu loyang kue lapis dipotong menjadi 12 bagian. Dayu makan 4/12 bagian kue lapis. Ibu makan 2/ 12 bagian kue lapis. Berapa bagian kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu?

4+2=6
121212

3. Dayu membawa bekal 15 batang cokelat untuk dinikmati selama perjalanan. Dayu telah memakan 5 batang cokelat. Ibu dan ayah menghabiskan 5 batang juga. Berapa bagian cokelat yang telah dihabiskan? Masih tersisa berapa bagian untuk diberikan pada saudara di Bali?

5+5=10
151515
Bagian yang tersisa

15-10=5
151515
4. Selesaikan operasi hitungan berikut ini!
a.3-4=7
444
b.2-3=5
101010
c.1-4=5
555
Ayo Mengamati
Siti dan teman-teman menitipkan barang bantuan untuk warga Bali. Mereka juga menitipkan surat untuk Komang, sepupu Dayu.
Jakarta, 5 September 2017
Untuk Komang
Di Bali

Halo Komang salam kenal. Bagaimana kabarmu dan pengungsi di Bali? Semoga makin membaik ya.

Kami di SD Nusantara telah mengumpulkan sejumlah bantuan. Ada pakaian, makanan, selimut, dan perlengkapan sekolah. Kami harap bantuan ini dapat
meringankan teman-teman di pengungsian.

Cuaca memang akhir-akhir ini mudah sekali berubah. Terkadang pagi hari cerah. Matahari bersinar hingga siang. Akan tetapi, saat sore, cuaca berubah menjadi hujan deras. Semoga kondisi tubuh kita tetap terjaga. Sudah dulu, ya, Komang. Kami harap Komang dan para pengungsi dapat menerima bantuan ini. Salam untuk teman-teman di Bali.

Sahabatmu

Ayo Menulis
Temukan kata-kata yang berhubungan dengan cuaca dalam surat di atas. Tuliskanlah kata-kata tersebut pada awan-awan yang berarak di halaman berikut ini!
Cuaca
Jelaskan makna kata-kata tersebut. Kamu boleh menggunakan kamus untuk melihat makna katanya.
  1. Cerah adalah terang (tentang hari, bulan, warna); jernih (tentang kaca)
  2. Matahari adalah benda angkasa, titik pusat tata surya berupa bola berisi gas yang mendatangkan terang dan panas pada bumi pada siang hari;-
  3. Cuaca adalah keadaan udara (tentang temperatur, cahaya matahari kelembapan, kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas
  4. Berubah adalah menjadi lain (berbeda) dari semula
  5. Hujan adalah titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan

Ayo Mengamati
Tahukah kamu apa itu kamus? Kamus adalah buku yang berisi kata atau istilah. Biasanya disusun menurut abjad. Kamus juga memberikan penjelasan makna kata atau istilah tersebut. Tahukah kamu cara menggunakan kamus? Perhatikan petunjuk berikut ini.
  1. Tentukan kata dasar yang dicari. Misalnya “menjaga”, kata dasarnya adalah “jaga”
  2. Buka kamus berdasarkan huruf awal kata dasarnya. Jaga berarti “J” huruf awalnya.
  3. Cari berdasarkan urutan huruf kedua. Jaga berarti “ja”
  4. Setelah ketemu letak kata dasarnya, temukan kata yang kita cari. Jaga, menjaga; memelihara; merawat. Udin menjaga kondisi tubuhnya dengan baik.

Ayo Berlatih
Cari dan temukan kata-kata yang berhubungan dengan cuaca pada kamus dan tuliskan maknanya.
  1. BERAWAN artinya diliputi awan
  2. PETIR adalah kilatan listrik di udara disertai bunyi gemuruh karena bertemunya awan yang bermuatan listrik positif (+) dan negatif (–)
  3. IKLIM adalah kondisi cuaca yang berlangsung di tempat tertentu dalam kurun waktu yang lama (sekitar 30 tahun).
  4. KELEMBAPAN, sifat lembap; keadaan (hawa) yang lembap
  5. MENDUNG, awan yang mengandung hujan.
Ayo Menulis
Kamu tentu pernah mengalami keadaan cuaca yang berubah dalam waktu satu hari. Bagaimana cara kamu mengatasinya? Tuliskan pengalamanmu pada kolom berikut.

Akhir-akhir ini cuaca menghadapi musim pancaroba yang tidak menentu. Pagi cerah, siang panas dan sore pun bisa hujan hingga malam.  Daya tahan tubuh pasti menurun saat musim cuaca berubah. Ada baiknya harus memawas diri supaya tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit, yaitu dengan :
  1. Makan makanan yang bergizi karena gizi yang cukup menambah daya tahan tubuh.
  2. Banyak minum air putih karena bermanfaat untuk kesehatan terutama dalam menjaga keseimbangan tubuh
  3. Olahraga teratur akan membuat tubuh menjadi segar karena sehat harus diimbangi dengan olahraga.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:15 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.