Home » » Pembelajaran 4 Subtema 2 Perubahan Cuaca

Pembelajaran 4 Subtema 2 Perubahan Cuaca

Cuaca cerah matahari bersinar jernih dan udara terasa segar. Pada umumnya, hujan tidak akan turun saat cuaca mendung. Angin bertiup semilir.

Cuaca panas udara terasa kering dan panas. Ketika langit ada beberapa awan, kondisi hal seperti ini dinamakan cuaca mendung. Cahaya matahari tidak begitu terasa panas karena tertutupi oleh awan. Suatu daerah akan merasakan cuaca sejuk jika kelembaban udara tinggi, angin bertiup sangat cepat dan suhu udara rendah.

Cuaca hujan udara terasa dingin dan air hujan turun dari langit. Cuaca berangin angin berhembus dengas cepat sehingga benda-benda yang berhamburan.

Cuaca begitu mendung. Angin bertiup cukup kencang. Udara terasa lebih dingin. Edo dan teman-teman memakai jaket saat berjalan ke sekolah. Mereka membawa payung. Siap sedia jika nanti hujan turun.

Mereka juga membawa artikel koran. Artikel tentang pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia. Saat tiba di sekolah, mereka menunjukkan artikel masing-masing.

Ayo Mengamati
Perhatikan percakapan Edo dan teman-teman!
Percakapan
Ayo Membaca
Bacalah artikel berita yang kelompok Edo temukan di koran!

Artikel 1
Pengaruh Cuaca terhadap Kesehatan dan Perilaku
Jakarta, CNN Indonesia–Kondisi cuaca ternyata memiliki berpengaruh besar terhadap manusia. Pengaruhnya adalah sebagai berikut.

1. Udara sejuk dapat membuat tidur menjadi nyenyak.
Udara yang sejuk, tidak terasa panas. Angin berhembus dengan lembut. Kita pun dapat tidur dengan nyenyak. Kebalikannya, udara yang panas membuat kita berkeringat. Tidur pun menjadi tidak nyaman.

2. Hujan dapat membuat alergi kian parah.
Banyak orang yang pilek karena alergi. Salah satunya karena cuaca dingin. Saat cuaca hujan, udara menjadi lebih dingin. Alergi pun dapat bertambah parah.

3. Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati.
Saat cuaca cerah, langit terlihat biru. Kicauan burung-burung pun terdengar. Suasana ini dapat membuat hati bahagia sepanjang hari. disarikan

Artikel 2
Perubahan Cuaca Penyebab Kenaikan Jumlah Pasien
REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, berbicara tentang dampak perubahan cuaca.

Di Kediri terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu. Cuaca panas dan dingin berganti dengan cepat. Daya tahan tubuh menjadi terganggu. Akibatnya, orang mudah terserang penyakit.

Hal ini menyebabkan kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat. Dari 400-500 orang per hari, menjadi 600-700 orang per hari. Ada 2 penyakit yang sering dikeluhkan pasien saat perubahan cuaca ini. Penyakit itu adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare.

Penyakit tersebut sebenarnya dapat dicegah. Caranya dengan banyak makan sayur, buah-buahan, dan minum air putih. Selain itu, dianjurkan agar warga banyak berolahraga..

Ayo Berdiskusi
Edo, Beni, dan Udin telah selesai membaca kedua artikel berita tentang perubahan cuaca. Mereka lalu berdiskusi untuk menemukan kata atau istilah khusus dari kedua artikel tersebut.

Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan hasil diskusimu di kolom berikut ini.
No.Kata/Istilah khusus di
Artikel 1
Kata/Istilah khusus di
Artikel 2
1.Cuaca panasPerubahan cuaca tidak menentu
2.Cuaca dinginCuaca panas dan dingin
3.Cuaca hujaninfeksi saluran pernafasan akut (ISPA) 
4.Cuaca cerahKunjungan pasien

Ayo Bercerita
Edo, Beni, dan Udin telah menemukan kata atau istilah khusus tentang perubahan cuaca dalam
artikel 1 dan 2. Mereka lalu menceritakan kata atau istilah khusus tersebut di hadapan teman-teman. Mereka menceritakan dengan bahasa sendiri.

Dapatkah kamu bercerita tentang kata atau istilah khusus yang kamu temukan di artikel 1 dan 2 Lakukan bersama temanmu. Lakukan secara bergiliran.

Artikel 1
Kondisi cuaca ternyata memiliki berpengaruh besar terhadap manusia. Udara sejuk dapat membuat tidur menjadi nyenyak. Kebalikannya, cuaca panas membuat kita berkeringat. Tidur pun menjadi tidak nyaman.

Cuaca hujan dapat membuat alergi kian parah. Cuaca dingin saat hujan menyebabkab alergi bertambah parah.

Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati. Saat cuaca cerah langit terlihat biru dan kicauan burung-burung terdengar membuat hati bahagia.

Artikel 2
Di Kediri terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu. Cuaca panas dan dingin berganti dengan cepat sehingga orang mudah terserang penyakit.

Hal ini menyebabkan kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat.  Ada 2 penyakit yang sering dikeluhkan pasien saat perubahan cuaca ini. Penyakit itu adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare.

Penyakit tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan banyak makan sayur, buah-buahan, dan minum air putih, dan banyak berolahraga..

Ayo Mengamati
Tak terasa, waktu istirahat pun tiba. Udin dan teman-teman hendak bermain di halaman sekolah. Namun, hujan turun rintik-rintik. Mereka lalu kembali ke dalam kelas agar nanti tidak kehujanan. Mereka duduk di lantai dan berdiskusi kegiatan apa yang cocok dimainkan di dalam kelas.

Kegiatan apa yang kamu pilih saat cuaca hujan? Bicarakan dengan teman-temanmu.
Saat cuaca hujan ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di dalam rumah. Misalnya saja bermain kelerang, bermain lompat tali, bermain tapak gunung, dan membaca buku

Udin dan teman-teman memilih beristirahat di kelas saat cuaca hujan. Udin dan teman-teman bersama-sama mendorong meja dan kursi ke pinggir, bersisian dengan dinding. Kini, mereka dapat beristirahat dan bermain di ruang kelas yang lebih lapang.
Bermain
Waktu istirahat telah usai. Saatnya merapikan kembali mainan yang telah digunakan. Udin dan teman-teman membersihkan bekas kapur permainan tapak gunung, merapikan tali, buku, dan kelereng.

Meja dan kursi ditarik kembali ke posisi semula. Kelas pun kembali rapi dan bersih.

Ayo Menulis
Aktivitas Udin dan teman-teman saat istirahat tadi beragam. Namun, mereka tetap bersatu untuk merapikan kelas kembali seperti semula. Apakah kamu pernah memiliki pengalaman yang sama dengan Udin dan teman-temannya? Mengapa bersatu dalam keberagaman itu penting?
Bersatu dalam keberagaman sangat penting karena dapat mewujudkan pergaulan antarsesama yang lebih akrab. Kemudian, perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
Tuliskan pengalamanmu pada lembar yang tersedia. Jika telah selesai menulis, gunting lembaran tersebut dan pajanglah di kelasmu. Kamu boleh bercerita kepada teman tentang pengalamanmu.

Ayo Beraktivitas
Dayu melihat ke langit. Cuaca hujan berangsur-angsur menghilang, berganti dengan cuaca berawan. Sesekali angin bertiup agak kencang.

Udara terasa sejuk saat cuaca berawan. Ini waktu yang tepat untuk beraktivitas di luar ruangan. Dayu mengajak teman-teman berkumpul di halaman sekolah.

Dayu bertugas menjadi pemimpin barisan. Dayu dan teman-teman berbaris dengan rapi. Mereka mengatur barisan agar setiap orang memiliki ruang yang cukup untuk bergerak.

Dayu meminta teman-teman melakukan gerakan berputar seperti tertiup angin. Gerakan harus tetap
seimbang tanpa terjatuh.
Gerak Senam
Dapatkah kamu mengikuti gerakan Dayu? Lakukan sambil menghirup udara. Rasakan hembusan angin dan sejuknya udara di saat cuaca berawan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.