Home » » Pembelajaran 4 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Pembelajaran 4 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Alat Transportasi
Kakek Udin bercerita tentang bermacam-macam alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan di jalan raya dan di atas rel.

Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan di atas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh.

Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan feri atau kapal.

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang paling cepat. Kita dapat tiba di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara.
Alat Transortasi
Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anak-anak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.

Ayo Mencoba
Saat ini, jenis alat transportasi sangat banyak. Ada berbagai jenis sepeda, mobil, kereta api, pesawat, dan perahu. Jenis alat transportasi apa saja yang kamu ketahui? Adakah jenis alat transportasi khas di tempat tinggalmu? Tuliskan jawabanmu pada tabel berikut!
No.Jenis KendaraanContoh
1.SepedaSepeda santai, sepeda gunung, sepeda BMX, sepeda lipat, sepeda balap
2.MobilBus, Bajaj,  Angkot, Koperades, Taksi, dan Bemo
3.Kereta ApiKereta api uap. Kereta api diesel, Kereta rel listrik, Kereta api daya magnit, Kereta api monorel, dan Kereta api bawah tanah
4.PesawatJumbo-Passenger-Jets, Mid-Size-Passenger-Jets, Light-Passenger-Jets, dan Passenger-Turbo-Props
5.PerahuKapal Feri, Kapal Pesiar, Perahu Jukung, Speed Boat, Perahu Kora-kora

Ayo Menulis
Amati kembali teks “Alat Transportasi”! Garis bawahi kata-kata tentang alat transportasi! Lalu, buatlah kalimat dari kata yang kamu temukan!
No.KataKalimat
1.SepedaSepeda merupakan alat transportasi darat
2.MobilAda beberapa jenis mobil angkutan umum di Indonesia
3.Kereta ApiKereta api merupakan alat transportasi yang murah.
4.PesawatAir Bus merupakan salah satu jenis pesawat penumpang
5.PerahuNelayan menggunakan perahu untuk melaut

Ayo Bermain Peran
Setiap orang memiliki alat transportasi yang disukai. Setiap orang juga memiliki alat transportasi yang tidak disukai. Apakah kamu dapat memaksa temanmu menyukai alat transportasi yang tidak disukainya? Apa yang akan terjadi jika kamu memaksa? Apa yang akan terjadi jika kamu tidak memaksa? Bermain peranlah secara berpasangan dengan temanmu! Peragakan cara memaksakan pendapat dan cara menjawabnya! Peragakan cara menerima pendapat dan cara menjawabnya!

Ayo Menulis
Setelah bermain peran, tulislahlah kesimpulan tentang pentingnya menghargai perbedaan!
Pentingnya Menghargai Perbedaan
Dengan menghargai perbedaan yang ada mulai suku, budaya, agama, derajat, pekerjaan dan lain sebagainya, maka ini menjadi cara yang baik untuk menciptakan persatuan yang tetap utuh meski ada banyak perbedaan dalam bangsa Indonesia.

Ayo Mengamati
Peraturan Kolam Renang
“Jagalah Keselamatanmu dan Keselamatan Orang Lain”
  1. Tidak sakit kulit, sakit mata, sakit menular.
  2. Gunakanlah pakaian renang.
  3. Tidak membawa makanan ke dalam kolam.
  4. Tidak membawa binatang peliharaan.
  5. Membilas anggota tubuh sebelum berenang.
  6. Tidak meludah dan buang air kecil di dalam kolam.
  7. Tidak memakai alas kaki ke dalam area kolam.
  8. Tidak berlarian di tepi kolam.
  9. Tidak melompat ke dalam kolam.
  10. Tidak bermain-main di dalam kolam.

Amati peraturan-peraturan itu!
Menurutmu, apakah peraturan-peraturan itu  berkaitan dengan menjaga keselamatan orang lain Ambillah 1 peraturan kolam renang. Lalu, jelaskan mengapa ada peraturan itu dan bagaimana jika kita melanggarnya?
No.PeraturanPenjelasan
1.Tidak sakit kulit, sakit mata, sakit menularOrang yang sakit dapat menularkan penyakit melalui air kepada orang lain
2.Gunakanlah pakaian renangPakaian renang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah gerakan renang.
3.Tidak membawa makanan ke dalam kolamMakanan yang masuk ke dalam air kolam mengakibatkan air menjadi keruh dan kurang bersih
4.Tidak membawa binatang peliharaanBinatang peliharaan dapat mengganggu aktivitas orang lain di kolam renang
5.Membilas anggota tubuh sebelum berenangMembilas tubuh berenang dapat digunakan untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu air kolam
6.Tidak meludah dan buang air kecil di dalam kolamMembuang air kecil dan meludah di kolam renang dapat mengotori air kolam
7.Tidak memakai alas kaki ke dalam area kolamAlas kaki hanya digunakan di luar kolam saja
8.Tidak berlarian di tepi kolamBerlarian di tepi kolam sangat berbahaya karena bisa tercebur ke dalam kolam.
9.Tidak melompat ke dalam kolamMelompat ke dalam kolam dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain
10.Tidak bermain-main di dalam kolam.Kegiatan berenang harus dilakukan dengan serius karena berbahaya jika dilakukan sambil bermain-main

Ayo Berlatih
Udin, Mutiara, dan kakek bersiap-siap untuk berenang. Mereka sudah mengenakan pakaian renang. Mereka melakukan pemanasan sebelum berenang. Mereka berjalan mengelilingi kolam. Mereka tidak mengenakan alas kaki. Mereka tidak membawa makanan. Sebelum masuk kolam, mereka membilas anggota tubuh. Mereka masuk kolam secara perlahan.

Udin, Mutiara, dan kakek menaati peraturan di kolam renang. Apakah kamu seperti mereka?Ceritakanlah apa yang akan kamu lakukan untuk menjaga keselamatan orang lain saat berenang!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.