Home » » Pembelajaran 3 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran 3 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Sejarah Penggunaan Telepon
Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Manusia sudah mengenal surat dan telegraf sebelum ditemukannya telepon. Namun, surat memerlukan waktu berhari-hari dalam menyampaikan pesan. Selain itu, komunikasi dilakukan secara tertulis.

Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800-an. Berdasarkan hasil penelitian tentang gelombang bunyi, Alexander Graham Bell menciptakan telepon. Pada uji coba pertama kali, daya jangkau telepon sekitar 8 mil.

Selanjutnya, ada satelit telepon. Oleh karena itu, daya jangkau telepon semakin luas. Komunikasi dapat dilakukan antarnegara.

Sekarang, jaringan telepon bergerak melalui satelit. Kita dapat berkomunikasi di mana saja dengan menggunakan telepon genggam atau ponsel.

Sampaikan informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan di atas secara bergantian dengan temanmu!

Ayo Berlatih
Amati kartu kosakata di bawah ini!
Komunikasi
Warnai kata-kata yang berhubungan dengan produk teknologi komunikasi!

Carilah kalimat utama dari setiap paragraf pada teks “Sejarah Penggunaan Telepon”! Kumpulan kalimat utama dari tiap paragraf dapat membentuk suatu ringkasan. Tuliskan ringkasan informasi dari teks tersebut!
Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800-an. Selanjutnya, ada satelit telepon. Sekarang, jaringan telepon bergerak melalui satelit.

    Ayo Berkreasi
    Dayu dan teman-teman membuat telepon kaleng. Lani dan Udin membawa kaleng bekas susu kental manis. Edo dan Beni menyiapkan benang kasur. Sementara itu, Dayu dan Siti membawa kertas dan lem untuk hiasan. Amati langkah-langkah membuat “telepon kaleng” berikut!
    Telepon Kaleng
    1. Sediakan Alat dan Bahan sebagai berikut ; 2 buah kaleng bekas susu kental manis. benang kasur. kertas dan lem untuk hiasan, palu, dan paku
    2. Minta bantuan orang dewasa untuk melubangi kaleng
    3. Masukkan tali ke dalam lubang. Buat simpul ujung tali.
    4. Telepon kaleng siap digunakan

    Penampilan telepon kaleng akan semakin menarik jika diberi hiasan. Salah satu motif hiasan adalah pola hiasan dari Toraja. Amati pola hiasan Toraja berikut!
    Motif Bugis

    Hiasan akan menambah keindahan suatu benda. Ayo, kita buat pola hiasan untuk menghias telepon kaleng! Siapkan selembar kertas seukuran kaleng. Kemudian, salin hasil karya hiasan yang telah dibuat! Warnai gambarmu. Tempelkan gambarmu pada kaleng. Kini, penampilan telepon kalengmu semakin menarik, bukan?

    Ayo Mengamati
    Setelah menghias kaleng, Lani menunjukkan gambar yang ia buat. Udin mengusulkan agar gambar Lani diberi bingkai. Dayu menawarkan untuk membantu Lani membuat bingkai. Lani pun setuju. Untuk membuat bingkai, Dayu harus mengetahui keliling dari kertas gambar milik Lani. Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran dari sisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.

    Ayo Berlatih
    Buatlah gambar sebuah bangun datar! Tunjukkan keliling dari bangun tersebut kepada guru atau temanmu!
    Keliling Bangun Datar
    Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran dari sisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.
    Posted by Nanang_Ajim
    Mikirbae Updated at: 7:08 AM

    0 komentar:

    Post a Comment

    Mohon tidak memasukan link aktif.