Home » » Pembelajaran 3 Subtema 1: Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran 3 Subtema 1: Teknologi Produksi Pangan

Hasil Teknologi Pangan
Manusia butuh makanan terus-menerus. Bahan makanan yang diperlukan berasal dari hasil panen. Panen terjadi pada waktu tertentu saja. Oleh karena itu, dicarilah cara agar makanan dapat bertahan lebih lama.

Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan merupakan suatu cara untuk mengolah bahan makanan. Kacang kedelai dapat diolah menjadi tahu, tempe, dan susu kedelai. Mangga dan stroberi diolah menjadi manisan dan selai. Daging dapat diolah menjadi bakso, sosis, dan kornet.

Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Selanjutnya, makanan olahan tersebut disimpan dalam kaleng atau dalam plastik kedap udara. Kedap udara maksudnya adalah tidak dapat dimasuki oleh udara. Proses penyimpanannya dapat membuat makanan lebih awet.

Carilah jenis makanan baru yang dihasilkan oleh teknologi pangan!

Ayo Berlatih
Kelompokkan jenis makanan hasil panen dan makanan hasil teknologi pangan. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!
NoHasil PanenNoHasil Teknologi Pangan
1Kacang Kedelai1Tahu dan Tempe
2Mangga2Manisan
3Daging3Bakso, Sosis, Kornet
4Stroberi4Selai
5Kacang Kedelai5Susu Kedelai

Amati kalimat yang berwarna merah pada teks “Hasil Teknologi Pangan”. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama pada setiap paragraf. Kumpulan kalimat utama disebut ringkasan! Tuliskan kembali kalimat utama dari setiap paragraf agar dapat terbentuk ringkasan.
Manusia butuh makanan terus-menerus. Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru.

Ceritakan ringkasan yang telah dibuat olehmu secara bergantian di depan kelas!

Ayo Bernyanyi
Setelah membaca dan bercerita tentang teknologi pangan, Lani mengajak teman-teman bernyanyi bersama. Bibi Lani memperkenalkan sebuah lagu baru.
Tukang Sayur
Ayo Berlatih
Dengarkan dengan baik lagu “Tukang Sayur” yang dinyanyikan oleh gurumu. Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola irama adalah susunan sekelompok bunyi yang muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah lagu.

Apakah lagu “Tukang Sayur” memiliki pola irama yang berbeda? Nyanyikan lagu tersebut secara bergantian dengan temanmu. Iringi nyanyian temanmu dengan berbagai gerakan untuk menunjukkan pola irama berbeda. Pola irama 1 diiringi dengan tepuk tangan. Pola irama 2 diiringi dengan petikan jari. Pada lirik lagu tersebut, pola irama yang berbeda ditandai dengan gambar alat musik yang berbeda.

Ayo Mengamati
Bibi Lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai di dalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya. Tempe yang dibeli Bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi.
Luas Tempe

Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang. Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku.

Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga. Amati bentuk di bawah ini!
Luas Tempe

2 satuan segitiga = 1 satuan persegi
Persegi dan segitiga dapat dijadikan alat ukur luas permukaan suatu bidang

Ayo Berlatih
Hitunglah luas permukaan bidang berikut.
Satuan Persegi
Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu.Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.