Home » » Pembelajaran 2 Subtema 4 Aku Suka Berkarya

Pembelajaran 2 Subtema 4 Aku Suka Berkarya

Menjadi Petugas Penerima Tamu
Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas memberikan penjelasan tentang SD Nusantara.

Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.

Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas.

Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.

Ayo Berlatih
Berikut ini denah yang digunakan Udin dan teman-teman. Jawablah pertanyaan berdasarkan bacaan dan gambar denah yang diberikan!
Denah
Jika tiang bendera adalah pusatnya, maka bagian utara ada gerbang sekolah dan taman. Sebelah selatan ada lapangan basket, kantin, dan pengolahan sampah. Sebelah barat ada kelas 4-6 dan ruang perpustakaan, sebelah timur ada ruang guru dan ruang kepala sekolah, serta ruang kelas 1-3
  1. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Udin dan Lani?(Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah, yaitu gerbang sekolah dan taman hasil kerja siswa)
  2. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Edo dan Dayu? (Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah, yaitu lapangan basket, kantin, dan pengelolaan sampah)
  3. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Siti?(Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah, yaitu ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang kelas 1-3.)
  4. Sebutkan bagian sekolah yang dijelaskan oleh Beni?(Beni bertugas menjelaskan bagian barat sekolah, yaitu ruang kelas 4-6 dan ruang perpustakaan.)
  5. Siapakah yang paling banyak bertugas menjelaskan? Bagaimana cara kamu mengetahuinya?
NoNama SiswaBagian yang dijelaskan
1Udin dan Lani2 bagian (gerbang sekolah dan taman hasil kerja siswa)
2Edo dan Dayu3 bagian (lapangan basket, kantin, dan pengelolaan sampah)
3Siti3 bagian (ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang kelas 1-3)
4Beni2 bagian (ruang kelas 4-6 dan ruang perpustakaan)

Ayo Menulis
Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu! Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan
paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.

Cobalah menemukan pikiran pokok dari bacaan
“Menjadi Petugas Penerima Tamu”
Tuliskan pada tabel berikut ini!
Pikiran pokok pada paragraf pertama adalah
SD Nusantara kedatangan tamu
Pikiran pokok pada paragraf kedua adalah
Udin dan teman-teman berbagi tugas.
Pikiran pokok pada paragraf ketiga adalah
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik
Pikiran pokok pada paragraf keempat adalah
Para juri memberikan pujian
Cobalah menuliskan gabungan pikiran pokok dari semua paragraf secara berurut.
SD Nusantara kedatangan tamu. Udin dan teman-teman berbagi tugas. Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian.

Apa yang kamu temukan dari tulisan tersebut?
Kamu akan menemukan rangkaian kalimat yang saling berhubungan. Kalimat tersebut akan membentuk sebuah cerita yang lengkap. Untuk menulis sebuah cerita, mulailah dengan menuliskan pikiran pokok. Lalu, kembangkan cerita dari setiap pikiran pokok yang telah ditentukan.

Ayo Mengamati
Sikap anak-anak SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama saat menerima tamu. Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa senang berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga mampu membagi tugas dengan baik.

Semua anak terlibat dalam melaksanakan program kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk menentukan program kebersihan sekolah. Semua anak mendapat kesempatan memberikan pendapat.

Ayo Berlatih
Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pernyataan ini menunjukkan sikap pengamalan Pancasila. Tuliskan sila yang sesuai dengan pernyataan! Tuliskan bunyi dan lambang dari sila Pancasila yang sesuai!
Sikap/PerilakuPengamalan dari Sila Pancasila
LambangBunyi
Berdiskusi menentukan program.Kepala BantengKerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Bekerja sama mengerjakan tugasPohon BeringinPersatuan Indonesia
Memberi kesempatan semua berpendapatPadi dan KapasKeadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Mengerjakan semua tugas dengan
bertanggung jawab
BintangKetuhanan yang maha esa
Membagi tugas dengan rata dan sesuai dengan keahlian.RantaiKemanusiaan yang adil dan beradab

Ayo Bercerita
Manakah dari contoh sikap tersebut yang pernah kamu lakukan? Ceritakan kepada teman-temanmu!
Saya pernah berdiskusi dalam menentukan pembagian tugas piket kelas. Berdiskusi menentukan pembagian tugas piket merupakan pengamalan sila keempat.

Bekerja sama termasuk pengamalan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Simbol sila ketiga berupa pohon beringin. Bangsa Indonesia sangat besar dan beragam. Sila ketiga berpesan agar kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh warga negara juga berkewajiban menjaga nama baik Indonesia.

Kerja sama dengan teman bagian dari pengamalan sila ketiga. Bekerja sama membuat tugas menjadi lebih ringan dan mudah.

Ayo Mencoba
Melalui kerja sama kita juga dapat memenangkan sebuah perlombaan. Cobalah mempraktikkan kerja sama dalam permainan berikut ini!

Nama permainan berikut ini lompat tali. Permainan ini harus dilakukan secara berkelompok. Ada yang bertugas memegang tali. Ada juga yang bertugas menjadi pemain.

Ikuti tahapan permainan berikut ini!
Bermain Lompat Tali
  1. Tentukan dua pemain untuk memegang tali.
  2. Pemain berdiri di dekat tali.
  3. Ayunlah tali sambil diputar melewati badan pemain.
  4. Pemain mengangkat kedua kaki secara bersamaan saat posisi tali berada di bawah.
  5. Meloncatlah dengan benar dan upayakan tali tidak mengenai kaki.
  6. Tali mengenai kaki pemain berarti tiba saatnya berganti peran. Pemain lompat tali akan berganti tugas menjadi pemegang tali. Petugas pemegang tali akan berganti menjadi pemain lompat tali.

Semua pemain harus bekerja sama dalam permainan tersebut. Kerja sama yang baik membuat permainan menjadi lebih menyenangkan. Kerja sama yang baik juga membuat permainan lebih aman dan nyaman.

Begitupun rakyat Indonesia juga harus bekerja sama. Bekerja sama untuk membangun Indonesia agar menjadi negara besar. Bersamasama menghadapi tantangan. Bersama-sama menghadapi gangguan yang menghalangi tercapainya cita-cita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:48 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.