Home » » Pembelajaran 1 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran 1 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang

Bahan Dasar Pakaian
Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.

Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.

Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.

Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan.

Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki

Ayo Berlatih
Bacalah kembali teks “Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti!
Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf!
Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!
  1. Paragraf 1 :Keluarga Udin memiliki banyak pakaian
  2. Paragraf 2 : Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba
  3. Paragraf 3 : Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutr
  4. Paragraf 4 : Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan
  5. Pargraf 5 : Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam.

Ayo Menulis
Kamu sudah menemukan isi cerita dalam setiap paragraf. Informasi apa saja yang kamu dapatkan dari setiap paragraf? Tulislah jawaban dengan kalimatmu sendiri!
Keluarga Udin memiliki banyak pakaian yang digunakan untuk melindungi tubuh. Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra yang digunakan pada acara khusus. Pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam yang jumlahnya terbatas.

Ayo Mencoba
Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan.

Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling
menutupi. Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!
Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat

Cara Menentukan Simetri Lipat
Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan. Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan membuat sumbu simetri. Yaitu, garis yang membagi dua bangun datar dan saling menutupi. Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!
  1. Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.
  2. Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.
  3. Lalu, buka lipatan kertas.
  4. Buatlah garis pada bekas lipatan. Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?

Amati bagan berikut ini!
Ayo Berlatih
Buatlah satu bentuk bangun datar yang kamu inginkan! Berlatihlah mencari banyaknya simetri lipat! Gambarkan hasil temuanmu!
Simetri

Ayo Mengamati
Udin bercerita tentang kain sutra ibunya. Kain ibu Udin dibuat dengan cara dipintal dan ditenun. Dayu menanggapi cerita Udin. Ia memperagakan gerakan memintal dan menenun.

Amati gerakan Dayu! Cobalah menirukan gerakan itu!
1. Gerakan memintal kapas
Tenun1
Posisi duduk, lutut kanan menekuk ke atas. Tangan kanan melakukan gerakan memutar ke arah depan. Tangan kiri bergerak ke samping kiri. 8 × 1 hitungan.

2. Gerakan menenun 1
Menenun1
Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak lembut ke kanan atas dan bawah, lalu ke kiri atas dan bawah. Kepala bergerak mengikuti arah tangan. 8 × 1 hitungan.

3. Gerakan menenun 2
Menenun2
Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak kuat  ke arah jari kaki, lalu bergerak lembut ke arah perut. Badan membungkuk saat tangan ke depan dan tegak saat tangan bergerak ke arah perut. 8 × 1 hitungan.

4. Gerakan menjemur. 
Gerakan menjemur
Posisi berdiri. Kedua tangan bergerak kuat ke kanan atas, lalu bergerak lembut ke kiri bawah. Lakukan berganti arah. Kepala bergerak mengikuti arah gerakan tangan. 8 × 1 hitungan

Ayo Menari
Ibu Dayu bercerita ada sebuah tarian namanya tari Pontanu. Pontanu artinya menenun. Tarian itu berasal dari Sulawesi Tengah.

Peragakan gerakan memintal dan menenun di atas! Kamu dapat merangkainya menjadi sebuah tarian. Kamu dapat menggunakan musik daerahmu sebagai pengiring. Berkreasilah dan teruslah berlatih sampai gerakanmu halus.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.