Home » » Pembelajaran 1 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Pembelajaran 1 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Praja Muda Karana disingkat menjadi Pramuka. Pramuka memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Lambang gerakan pramuka berupa tunas kelapa. Anggota pramuka dikelompokkan berdasarkan usia. Kelompok pramuka berusia 7-10 tahun dinamakan pramuka siaga.

Pramuka mengajarkan anggotanya untuk selalu bergembira. Semua kegiatan disampaikan dengan senang dan gembira. Ada banyak lagu yang dinyanyikan. Ada banyak permainan yang diperkenalkan. Pramuka menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Mengenal pramuka membuat anggota pramuka lebih mencintai negara indonesia. Pramuka juga mengajarkan anggotanya menjadi anak yang mandiri. Pramuka mengajak anggotanya menjadi anak yang selalu riang gembira.

Ayo Bernyanyi
Udin menjadi anggota pramuka. Udin menjadi anggota pramuka siaga. Udin dan teman-teman senang menjadi anggota pramuka siaga. Pramuka memiliki tepuk tangan yang khas yaitu tepuk pramuka. Cobalah tepuk tangan pramuka berikut ini.
Tepuk Pramuka
Cobalah melakukan tepuk pramuka bersama temanmu, sekarang perhatikan lagu Pantun Pramuka berikut ini. Ikuti nyanyian denga bertepuk tangan, bagilah kelas menjadi dua kelompok. Satu kelompok bertugas untuk menyanyi dan kelompok lainya bertugas untuk bertepuk tangan. Ulangi kegiatan dengan bertukar peran.
Pantun Pramuka
Kegiatan bertepuk tangan dapat diganti dengan bertepuk meja, selain itu juga bisa diganti dengan menggunakan alat musik pukul.

Menurut lagu tersebut anggota pramuka harus hemat dan cermat. Anggota pramuka juga harus selalu disiplin. Disiplin dalam berbagai hal termasuk saat latihan.

Anggota pramuka dilatih untuk mencitai negara Indonesia. Anggota pramuka dikenalkan dengan bendera dan lambang negara Indonesia. Anggota pramuka juga dilatih untuk lebih mengenal pramuka. Anggota pramuka juga dikenalkan dengan lambang gerakan pramuka.

Ayo Berlatih
Tuliskan apa yang kamu ketahui dari kata-kata berikut ini !
No.IdentitasPenjelasan
1.Bahasa IndonesiaBahasa persatuan bangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia
2.Indonesia RayaLagu kebangsaan Indonesaia adalah lagu Indonesia Raya
3.Merah PutihBendera Indonesia adalah sang saka merah putih
4.Garuda PancasilaLambang negara republik Indonesia adalah burung Garuda Pancasila
5.Tunas KelapaLambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa
Lambang digunakan sebagai identitas.

Bendera negara kita diberi nama Sang Merah Putih. Kita memberi hormat saat bender dikibarkan sebagai tanda penghormatan. Cara memberi hormat kepada Sang Merah Putih antara lain sebagai berikut.
Hormat
Ketika ada aba-aba “hormat gerak”, posisi badan tegak, telapak kanan di buka ujung jari tengah diletakkan di ujung alis kanan membentuk sudut. Ketika ada aba-aba “tegak gerak” kembalikan tangan seperti sikap sempurna.

Cobalah jiplak tepi lurus tangan Udin, lalu tangan Udin kita geser. Maka akan diperoleh hasil jiplakan yang disebut sudut. Ada berapa garis yang yang membentuk sudut? (Dua buah garis)
Bagian Sudut
Gambar di atas disebut sudut. Garis AB dan AC di sebut kaki-kaki sudut. Titik A disebut titik sudut.

Amati gambar di bawah ini.
Daerah Sudut
Manakah gambar yang merupakan sudut/ (1)
Disebut apa gambar 3? (Daerah sudut)

Sudut adalah bangun datar. Sudut dibentuk oleh 2 garis. Posisi kedua garis berpotongan

Simpulan :
Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua garis yang saling berpotongan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:28 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.