Home » » Tujuan dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Tujuan dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan/laba. Perdagangan internasional terdapat barang-barang keluar dan masuk dari suatu negara ke negara lain, artinya. Mengirimkan atau menjual barang ke negara lain disebut ekspor dan negara pelaku ekspor disebut eksportir. Masuknya barang dari negara lain ini disebut impor dan negara pelaku impor disebut importir.

A. Tujuan Perdagangan Internasional
Perdagangan internasional dilakukan untuk meningkatkan pendapatan negara dan terjadi jika ada kesepakatan antar dua negara yang saling membutuhkan sebagai usaha pemenuhan kebutuhan masing-masing negara. Secara lebih rinci tujuan perdagangan internasional adalah sebagai berikut.
  1. Untuk memenuhi kebutuhan yang ada di negara lain
  2. Untuk menaikkan devisa negara
  3. Memperoleh keuntungan dari spesialisasi
  4. Memperluas pasar dan menambah keuntungan
  5. Transfer teknologi modern
Perdagangan Internasional
Berdasarkan kegiatan perdagangan internasional dan perdagangan dalam negeri sebenarnya kegiatan
yang dilakukan sama yaitu pertukaran barang dan jasa. Namun terdapat beberapa perbedaan antara perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional. Perbedaan ini dapat dilihat dari beberapa aspek berikut ini:
Perdagangan Dalam NegeriPerdagangan Internasional
  1. Kegiatan dilakukan dalam wilayah suatu negara
  2. Pembeli & penjual cenderung berinteraksi langsung.
  3. Mata uang yang digunakan sama.
  4. Tidak dikenakan bea masuk hanya retribusi.
  5. Biaya angkut lebih murah
  6. Kualitas barang bervariasi
  7. Peraturan perundangundangan sama/hukum nasional.
  1. Kegiatan dilakukan dalam wilayah antarnegara
  2. Pembeli dan penjual tidak berinteraksi langsung
  3. Mata uang yang digunakan berbeda sehingga menggunakan devisa.
  4. Dikenakan pajak/bea masuk
  5. Biaya angkut lebih mahal
  6. Kualitas barang harus mengikuti standar internasional
  7. Peraturan peundang-undangan berbeda/hukum internasional

B. Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
Pada dasarnya perdagangan Internasional muncul dilatar belakangi oleh karena kemampuan menghasilkan barang antara negara yang satu dengan negara lain berbeda. Perbedaan inilah mendorong terjadinya perdagangan internasional. Beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional antara lain sebagai berikut :
Faktor PendorongPenjelasan
Perbedaan Sumber Daya Alam yang Dimiliki Oleh Setiap Negara. Misalnya perbedaan antara Indonesia dan Saudi Arabia tidak mampu menghasilkan sayur mayur maka mereka mengimpor dari negara di kawasan Asia yang dapat menghasilkan sayur mayur.
Perbedaan Tingkat Kualitas Sumber Daya Manusia Suatu negara yang mempunyai sumber daya manusia yang dilihat terutama dari segi kualitas maka akan menghasilkan barang dan jasa dengan mutu atau kualitas yang lebih baik.
Perbedaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Negara yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan mampu memproduksi barang dan jasa yang lebih banyak, bermutu dan efisien dibanding dengan negara yang tidak menguasainya.
Perbedaan Budaya Suatu Bangsa Misalnya, seni ukir dan batik Indonesia, merupakan daya tarik sendiri bagi negara lain untuk membeli barang tersebut. Demikian juga keramik China menjadi daya tarik tersendiri bagi negara lain.
Perbedaan lainnya Perbedaan lain yang mempengaruhi perdagangan internasional yaitu perbedaan harga barang, perbedaan upah dan biaya produksi, dan perbedaan selera.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.