Home » » Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Indonesia

Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Indonesia

Perdagangan antarnegara terjadi karena suatu negara memiliki produk yang lebih unggul dari negara lainnya yang terjadi akibat perbedaan sumber daya alam dan manusianya. Mempunyai keunggulan di ekonomi dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, karena itu perlu dilakukan pengembangan kepada pusat-pusat keunggulan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

Indonesia mempunyai banyak keunggulan dalam bidang ekonomi. Keunggulan ekonomi yang dimiliki oleh Indonesia dapat menjadi potensi dan peluang bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Pengelolaan dari pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia bisa dikelola sendiri dan ada yang dikelola oleh perusahaan atau investor asing. Berikut ini adalah beberapa contoh pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia.

A. PT Freeport Indonesia
AspekPenjelasan
Deskripsi PT Freeport adalah sebuah perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. PT Freeport Indonesia menambang, memproses dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak.
Daerah operasi Beroperasi di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua,
Kontribusi dan peranan
  1. Menyediakan lapangan pekerjaan bagi sekitar 24.000 orang di Indonesia
  2. Menanam investasi > USD 8,5 Miliar untuk membangun infrastruktur perusahaan dan sosial di Papua
  3. Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, Freeport telah memberikan kontribusi lebih dari USD 37,46 Miliar
  4. Keuntungan finansial langsung ke pemerintah Indonesia dalam kurun waktu empat tahun terakhir adalah 59%, sisanya ke perusahaan induk.
  5. Membayar Pajak 1,7% dari anggaran nasional Indonesia.
  6. Membentuk 0,8% dari semua pendapatan rumah tangga di Indonesia. dan membentuk 44% dari pemasukan rumah tangga di provinsi Papua.
  7. Penambangan yang dilakukan oleh Freeport dikelola sesuai dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

B. Perusahaan Tambang Minyak Negara (PTMN)
Dalam sejarah perminyakan nasional tercatat bahwa pasca kemerdekaan 17 Agustus 1945, di tanah air sudah lahir beberapa Perusahaan Negara dalam bidang perminyakan di berbagai daerah.Dengan UU No.8/1971 PN Pertamina berubah menjadi Pertamina (Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) yang merupakan perusahaan minyak nasional.

Kilang minyak (oil refinery) adalah pabrik/fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia. Produk-produk utama yang dihasilkan dari kilang minyak antara lain minyak bensin (gasoline), minyak diesel, minyak tanah (kerosene).
Peta Kilang Minyak
Ada beberapa perusahaan di Indonesia yang berkaitan dengan operasi kilang minyak ini. Perusahaan tersebut dapat dikategorikan sebagai salah satu pusat keunggulan ekonomi negara kita. Indonesia saat ini mengimpor banyak sekali minyak mentah dan bahan bakar minyak (BBM), Beberapa kilang minyak di Indonesia antara lain sebagai berikut :
  1. Kilang Pangkalan Brandan. Kilang tersebut milik Pertamina dengan nama Pertamina Unit Pengolahan I Pangkalan Brandan, Sumatera Utara. Kapasitas kilang ini mencapai 5.000 barel per hari, sayangnya kilang ini sudah ditutup sejak awal 2007.
  2. Kilang Dumai/ Sei Pakning di Riau. Kapasitas kilang Dumai mencapai 127.000 barel per hari. Berbagai produk bahan bakar Minyak (BBM) dan Non Bahan Bakar Minyak (NBBM) telah dihasilkan dari kilang Putri Tujuh Dumai - Sungai Pakning dan telah didistribusikan ke berbagai pelosok tanah air dan manca negara.
  3. Kilang Cilacap. Unit Pengolahan IV Cilacap merupakan salah satu unit pengolahan di tanah air, yang memiliki kapasitas produksi terbesar yakni 348.000 barrel/hari, dan terlengkap fasilitasnya.
  4. Kilang Balikpapan. Kilang yang berada di Kalimantan Timur memiliki kapasitas produsi sebanyak 260.000 barel per hari. Kilang minyak ini terletak di tepi teluk balikpapan, meliputi areal seluas 2,5 km persegi
  5. Kilang Kasim. Kilang BBM Kasim dibangun diatas areal seluas kurang lebih 80 HA. dan terletak di desa Malabam kecamatan Seget kabupaten Sorong Papua. Kilang BBM Kasim mempunyai kapasitas 10.000 barrel / hari, dirancang untuk mengolah Crude(minyak mentah) Walio (60%) dan Salawati (40%).
  6. Kilang Balongan yang berlokasi di Indramayu (Jawa Barat), dengan wilayah operasi di Balongan, Mundu dan Salam Darma. Kilang ini memproduksi seperti Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosene (Minyak Tanah), LPG, Propylene,
  7. Kilang Cepu. PTMN Cepu adalah salah satu perusahaan yang dapat membantu pemerintah dalam hal BBM yang banyak sekali manfaatnya bagi angkatan perang. Kilang minyak Cepu ditoang 6 lapangan minyak yaitu Kawenangan, Nglondo, Ledok, Semanggi, Tapen, Tambakrejo.

C. Batik Indonesia
Batik merupakan salah satu hasil ekonomi kreatif yang dikembangkan Indonesia dari sejak dulu. Beberapa wilayah di Indonesia menghasilkan kain batik berdasarkan ciri khas dari masing-masing daerah. Batik yang terkenal di Indonesia selain berasal dari Solo, Jogyakarta, kain Pekalongan.

Untuk membantu mengamankan motif batik Departemen Perindustrian mendokumentasikan 2.788 motif batik dan tenun tradisional agar tidak dicuri oleh negara lain. UNESCO telah metapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak tanggal 2 Oktober 2009. Dilihat dari tekniknya batik dibagi menjadi tiga :
  1. Batik tulis, merupakan kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang menggunakan tangan. Satu kain batik dapat dihasilkan dengan waktu kurang lebih 2 – 3 bulan
  2. Batik cap, adalah kain yang dhias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap (biasanya terbuat dari tembaga). Butuh waktu 2 – 3 hari untuk pembuatan batik ini.
  3. Batik lukis, adalah proses pembuatan batik dengan cara melukis pada kain putih. Pewarnaan pada batik tulis biasanya menggunakan serat-serat alami.

Batik berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan ciri khasnya sendiri-sendiri. Selain itu batik juga mempunyai corak yang bermacam-macam menurut daerah asalnya. Batik pantas menjadi salah satu keunggulan bangsa, cagar budaya dan cagar usaha yang bernilai sangat tinggi.

Aktivitas Kelompok
  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3–4 orang!
  2. Pelajari beberapa pusat keunggulan ekonomi di Indonesia dari berbagai sumber.
  3. Lakukanlah pengamatan melalui berbagai media mengenai contoh pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia, seperti pameran seni, pekan raya, dan sebagainya!
  4. Kalian dapat mencari referensi dari buku-buku di perpustakaan, brosur, atau berbagai artikel di internet!
  5. Dengan bimbingan dari guru tulislah hasil pengamatan kalian dalam laporan yang sistematis dengan mengacu pada 5 W dan 1 H!
  6. Presentasikan hasilnya di depan kelas!
Jakarta Fair Kemayoran (Pekan Raya Jakarta) 2018 : Pameran Terbesar dan Paling Meriah di Indonesia
(sumber : https://www.pedomanwisata.com/event/festival/jakarta-fair-kemayoran-pekan-raya-jakarta-2018-pameran-terbesar-dan-paling-meriah-di-indonesia)
AspekPenjelasan
What Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2018 merupakan acara yang ke-51 kali digelar sejak tahun 1968. 
Who Sehubungan dengan ulang tahun Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni, ibu kota metropolitan akan kembali menyelenggarakan pameran dan pertunjukan mega tahunan selama lebih dari sebulan penuh lewat Jakarta Fair Kemayoran 2018 atau disebut juga sebagai Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2018.
When Pekan Raya Jakarta berlangsung tanggal 5 Juni - 15 Juli 2018 di Jakarta International Expo Kemayoran. Dijadwalkan dibuka selama lebih dari sebulan penuh, acara ini tak terbantahkan sebagai pameran terbesar dan paling meriah di Indonesia.
Why Awalnya disebut Pasar Gambir, yang diadakan di Lapangan Merdeka, - pada zaman kolonial yang disebut Koningsplein, - Pameran tersebut telah dipindahkan ke lokasi sekarang di Jakarta International Expo di Kemayoran. Bukan hanya pameran perdana dari semua jenis produk buatan Indonesia, Jakarta Fair secara konsisten mempertahankan konsep aslinya tentang Night Market Fair yang menawarkan rekreasi, belanja dan kesenangan bagi seluruh keluarga.
Where Pekan Raya Jakarta merupakan transformasi dari Pasar Malam Gambir, yang telah berlangsung sejak zaman Belanda tahun 1930 an. Saat ini PRJ telah menjadi ikon nasional dan masuk dalam event top 100 Wonderful  Indonesia.
How Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan menampilkan paviliun dari pemerintah provinsi, perusahaan, dan usaha kecil dan menengah. Berbagai produk unggulan dari semua skala bisnis akan mengisi bilik dan paviliun di Jakarta International Expo Kemayoran. Pameran ini juga akan disempurnakan dengan berbagai pentas seni untuk menghibur pengunjung, mulai dari pertunjukan musik spektakuler dari artis papan atas negeri ini, Miss Jakarta Fair Beauty Pageant, Karnaval, dan banyak lainnya.

Tahun ini, akan ada lebih dari 2.500 bilik dan paviliun yang menampilkan beberapa produk terbaik di pasaran serta penawaran diskon yang menarik. Di antara beberapa produk yang ditawarkan di festival ini adalah fashion dan tekstil, barang rumah tangga, peralatan elektronik, gadget, otomotif, kerajinan tangan, produk kesehatan, dan banyak lagi.

Direncanakan berjalan sampai 15 Juli di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Jakarta Fair Kemayoran  2018 akan dimeriahkan dengan sejumlah besar program hiburan, termasuk konser multi-genre. Konser ini menampilkan berbagai jenis musik, bervariasi dari rock, balada, metal hingga dangdut, panggung musik diatur untuk menampilkan berbagai musisi lokal.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.