Home » » Bentuk Bentuk Globalisasi

Bentuk Bentuk Globalisasi

Proses perubahan sosial budaya di era modern berkaitan erat dengan globalisasi. Menurut Waters dalam Kamanto Sunarto (2004), globalisasi adalah suatu proses sosial yang di dalamnya kendala geografi terhadap pengaturan sosial dan budaya menjadi surut dan manusia menjadi semakin sadar bahwa pengaturan tersebut menjadi semakin surut. Globalisasi menjadikan seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terkait, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru dengan meniadakan batas
geografis, ekonomi, sosial, dan budaya.

Globalisasi telah melanda berbagai bidang kehidupan. Globalisasi ditandai dengan persamaan dalam berbagai bidang kehidupan di semua negara di dunia. Adapun bentuk-bentuk globalisasi terjadi dalam bidang-bidang berikut!

A. Globalisasi Bidang Budaya
Globalisasi budaya adalah penyebaran gagasan, makna, dan nilai ke seluruh dunia dengan cara tertentu untuk memperluas dan mempererat hubungan sosial. Globalisasi budaya dalam hal bahasa misalnya, bahasa Inggris merupakan salah satu contoh bahasa dunia. Semua orang belajar bahasa Inggris untuk dapat berkomunikasi dengan masyarakat dunia.

Budaya global akan masuk ke negara mana saja yang mengikuti arus globalisasi. Dengan globalisasi budaya semacam ini pelan-pelan budaya lokal dapat tergeser. Namun saat ini banyak yang sudah mulai menggabungkan budaya lokal dan budaya global yang mereka sebut glokal.
Bentuk Bentuk Globalisasi
Aktivitas Kelompok
Untuk memahami berbagai contoh globalisasi budaya lakukanlah kegiatan berikut!
1. Amatilah globalisasi yang terjadi di Indonesia!
2. Apa yang dapat kamu kemukakan dari hasil pengamatanmu?
3. Analisislah beberapat hal berkaitan dengan globalisasi budaya berikut!
No.AspekContoh
1. Nilai
  1. Perubahan masyarakat dari masyarakat agraris tradisional menjadi masyarakat industri modern. Semula masyarakat yang sangat sosial menjadi masyarakat yang individualis.
  2. Banyak nilai-nilai yang mulai ditinggalkan misalnya tentang sopan santun, cara berbicara, gotong royong dan kerja bakti yang mulai ditinggalkan dan cenderung meniru nilai-nilai dari luar yang cenderung bebas.
2. Simbol
  1. Simbol "makan" sebelumnya dimaknai sebagai aktivitas untuk mendapatkan gizi dan kesehatan. Tetapi pada era globalisasi "makan" dimaknai sebagai salah satu pemenuhan lifestyle atau gaya hidup.
  2. Sebelumnya perhiasan emas dan perak menjadi simbol kekayaan, pada era globalisasi simbol kekayaan berubah menjadi barang-barang seperti : mobil dan handphone, semakin mahal dan keluaran terbaru yang digunakan maka makin dianggap kaya.
3. Teknologi
  1. Sebelumnya petani menggunakan bajak kerbau tetapi pada era globalisasi menggunakan traktor untuk mempercepat proses pembajakan.
  2. Sebelumnya komunikasi menggunakan alat sederhana seperti surat, kentongan dan komunikasi lisan, sekarang sudah berubah menjadi komunikasi jarak jauh dengan menggunakan handphone, komputer dan internet yang berteknologi canggih
4. Tulislah hasil pengamatanmu di buku tugas!
5. Kumpulkan pada guru untuk dinilai!

B. Globalisasi Bidang Komunikasi
Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak ke pihak lain. Globalisasi dalam bidang komunikasi dapat dilihat dari kemajuan teknologi komunikasi. Awalnya masyarakat Indonesia berkomunikasi dengan cara tradisional. Kemudian mulai mengalami perkembangan dalam teknologi telepon, handphone, internet serta media sosial yang ada sekarang ini.

Aktivitas Individu
  1. Aktivitas ini dikerjakan secara mandiri!
  2. Kamu tentunya sudah paham mengenai globalisasi yang terjadi dalam bidang komunikasi. Penyampaian pesan dan informasi yang dilakukan oleh satu pihak ke pihak lain dilakukan pada proses interaksi sosial. Dalam era global sekarang interaksi sosial dapat dilakukan melalui berbagai macam media. Media yang digunakan dalam berinteraksi tersebut dapat dijadikan sebagai saluran dalam globalisasi.
  3. Carilah saluran yang digunakan dalam proses globalisasi
  4. Tulislah hasil pencarianmu pada buku tugas!
  5. Kumpulkan pada guru untuk diberi nilai!
  6. Dari kegiatan tersebut diharapkan siswa dapat mengetahui tentang saluran yang dapat digunakan dalam globalisasi.
MediaPenjelasan
Telepon/
Handphone
Sarana modern tersebut sudah menjadi sarana komunikasi jarak jauh yang paling efektif karena komunikasi bisa dilakukan secara langsung melalui tulisan (sms), suara, gambar dan video secara tatap muka. Setiap informasi bisa dilakukan antar negara sehingga jarak dan waktu menjadi seperti tidak ada.
Internet Globalisasi dalam internet bisa terjadi pada media-media internet berikut ini :
  1. Media sosial : sebagai contoh yaitu : facebook, instagram, twitter dll. Penggunanya bisa berinteraksi melalui status dan informasi tentang aktivitas dalam bentuk tulisan, gambar dan video.
  2. Messenger : misalnya whatsapp, blackberry messenger, telegram Messenger , dll. Aplikasi yang berguna untuk melakukan komunikasi langsung seperti sms dengan tulisan dan video tatap muka.
  3. Aplikasi berbagi Video : seperti : youtube, metube, vidio.com yang berguna untuk membagikan informasi berubah video.
  4. Media massa online : seperti : kompas.com, republika.com, okezone dll. Memberikan informasi seperti media massa konvensional tetapi lebih cepat dan akurat karena bisa diupdate secara real time.

C. Globalisasi Bidang Ekonomi
Globalisasi ekonomi berkaitan erat dengan perdagangan bebas (free trade). Perdagangan bebas adalah sistem perdagangan yang makin luas dan menghilangkan hambatan-hambatan tidak
lancarnya perdagangan internasional. Kerja sama di bidang ekonomi antarnegara
telah menyatukan negara yang terlibat dalam organisasi internasional.

Di Eropa terdapat European Free Trade Association (EFTA), dan European Community (EC). Di kalangan negara-negara pengekspor minyak terdapat Organitation of Petroleum Exporting Countries (OPEC), sedangkan negara-negara lain juga membentuk organisasi kerja sama ekonomi.

Beberapa ciri yang menandai globalisasi ekonomi adalah sebagai berikut.
  1. Beroperasinya suatu perusahaan di lebih dari satu negara. Perusahaan ini memproduksi dan menjual hasil produksinya secara internasional.
  2. Perubahan dalam mencari keuntungan yang kompetitif dan memaksimalkan laba dengan terus-menerus mencari lokasi produksi paling efisien dan murah.
  3. Memiliki kemudahan jangkauan geografis yang membuat perusahaan dengan cepat memindahkan berbagai sumber dan operasi di seluruh dunia
  4. Menguasai tiga perempat perdagangan dan sekitar sepertiga dari seluruh output perekonomian global.
  5. Adanya penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, dan jasa.
  6. Batas suatu negara akan menjadi kabur.
  7. Keterkaitan antara ekonomi nasional dan internasional semakin erat.
  8. Membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif.
  9. Membuka peluang bagi masuknya produk global ke pasar domestik.

Aktivitas Kelompok
Untuk membantu memahami mengenai bentuk-bentuk dan contoh dari globalisasi ekonomi lakukanlah kegiatan berikut dengan berkelompok!
  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa di kelas!
  2. Setiap kelompok diberikan tugas untuk melakukan pengamatan mengenai globalisasi ekonomi yang terjadi di Indonesia ataupun dunia!
  3. Pengamatan dapat dilakukan melalui berbagai media!
  4. Melalui pengamatan tersebut, siswa ditugaskan untuk mencatat berbagai macam globalisasi ekonomi yang terjadi di Indonesia!
  5. Dari temuan yang diperoleh melalui pengamatan tersebut, siswa mendiskusikannya dalam kelompok!
  6. Hasil diskusi dipresentasikan dan kelompok lain menaggapi!

Globalisasi memberikan dampak besar pada bidang ekonomi di berbagai negara. Beberapa contoh globalisasi di bidang ekonomi di Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Kegiatan Ekspor dan Impor, ini adalah hubungan kerjasama antar negara di bidang perekonomian. Ekspor-impor dapat meningkatkan devisa suatu negara dan memenuhi kebutuhan di dalam negeri Indonesia.
  2. Munculnya Pasar Bebas, artinya setiap negara di kawasan tertentu dapat melakukan kegiatan ekonomi satu sama lain. Misalnya pasar bebas di negara-negara Asia Tenggara atau yang kita kenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
  3. Perusahaan Asing Masuk Indonesia, artinya perusahaan-perusahaan asing dapat mengoperasikan bisnisnya di Indonesia dan saling menguntungkan satu sama lain. Misalnya, restoran McDonalds, KFC, dan lain-lain.
  4. Bisnis E-Commerce Tumbuh Pesat, perkembangan teknologi informasi merupakan salah satu bentuk globalisasi. Hal tersebut kemudian membuat bisnis e-commerce di berbagai negara semakin menjamur, termasuk di Indonesia.
  5. Masuknya Produk Luar Negeri, globalisasi membuat proses impor produk luar lebih mudah. Hal tersebut mengakibatkan banyak sekali produk luar negeri masuk ke Indonesia.

D. Globalisasi Bidang IPTEK
Pada dasarnya ilmu pengetahuan merupakan teori-teori yang dirumuskan secara tetap sementara teknologi adalah praktek atau ilmu terapan dari teori yang berasal dari ilmu pengetahuan. Perkembangan iptek tidak bisa dihindarkan oleh sebagian besar lapisan masyarakat dunia.
Penggunaan teknologi komputer, faksimile, handphone, siaran televisi, serta satelit telah mempercepat aliran informasi menembus batas dunia.

Tujuan utama perkembangan globalisasi iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat, dan aman. Globalisasi iptek sendiri membawa pengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan. Beberapa pengaruh globalisasi bidang Iptek antara lain sebagai berikut :
  1. Mudahnya berkomunikasi. Berkat globalisasi, saat ini kita sangat mudah sekali untuk berkomunikasi meskipun dengan orang yang jauh jaraknya. Karena saat ini sudah banyak handphone yang canggih dan internet yang dapat mengirim pesan dengan cepat.
  2. Mudahnya mendapat informasi penting. Saat ini sudah banyak sekali televisi dan internet. Berkat keduanya, kita dapat mengetahui berbagai informasi dan kejadian penting dimanapun tempatnya dan kapanpun terjadinya.
  3. Mudahnya sarana transportasiSekarang ini jika kita ingin berpergian ke suatu tempat yang sangat jauh, kita tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menempuh jarak puluhan kilometer. Itu karena saat ini telah banyak transportasi seperti pesawat, kapal laut, mobil dan motor.
  4. Banyaknya mesin-mesin canggih yang membantu kebutuhan manusiaBukan hanya tranportasi juga, tetapi sekarang ini banyak mesin-mesin atau alat yang dapat meringankan pekerjaan atau kebutuhan manusia. Contohnya, sekarang ini terciptanya robot untuk membantu manusia dalam memproduksi barang di pabrik.

E. Globalisasi Bidang Transportasi
Transportasi adalah pemindahan barang, atau manusia dari tempat satu ke tempat yang lain. Peranan transportasi sangatlah penting dalam suatu negara. Produsen, distributor ataupun konsumen membutuhkan transportasi dalam melakukan aktivitasnya. Globalisasi transportasi dapat kita contohkan di negara Jepang. Jepang alat transportasi seperti kereta api, shinkansen, subway, bus, komuter, dan taksi merupakan sarana transportasi dari penduduknya.

Beberapa faktor membuat globalisasi di bidang ini menjadi semakin berkembang, antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Manusia menginginkan perubahan karena mereka menuntut hidup yang lebih mudah dan praktis.
  2. Perkembangan teknologi yang ditandai semakin majunya pendidikan
  3. Perkembangan di bidang telekomunikasi yang membuat perkembangan alat transportasi diberitakan dengan cepat ke seluruh penjuru dunia.

Aktivitas Kelompok
Melalui aktivitas kelompok berikut diharapkan siswa dapat menjelaskan manfaat globalisasi ekonomi dalam berbagai bidang kehidupan.
  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4 orang!
  2. Amatilah globalisasi yang terjadi dalam bidang transportasi di dunia!
  3. Diskusikan dengan teman mengenai manfaat globalisasi transportasi dalam beberapa bidang kehidupan berikut! a. ekonomi, b. sosial, c. budaya, d. politik, e. pembangunan
  4. Asosiasikan jawaban kalian dengan kelompok lain!
  5. Tulislah kesimpulan dari hasil diskusi kalian pada kertas yang disediakan!
  6. Presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas!
AspekManfaat Globalisasi
Ekonomi Globalisasi bermanfaat bagi kehidan bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi seperti, Globalisasi mampu meningkatkan kemampuan berkompetisi dan meningkatkan kualitas produksi dalam negeri untuk meningkatkan pendapatan perkapita mayarakat.
Sosial Globalisasi banyak mengubah pola pikir masyarakat yang tadinya tradisional dan akhirnya berkembang menuju modern. Globalisasi juga mengubah pola kehidupan masyarakat, 
Budaya Globalisasi dapat memperluas wawasan budaya, meningkatkan kemampuan bahasa asing, meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap mental kearah yang lebih baik, meningkatkan produktivitas kerja, dan memberikan arah dalam perilaku.
Politik Di Indonesia, politik juga mengalami perkembangan akibat dari globalisasi. Seperti, Indonesia mampu menegakkan nilai-nilai demokrasi, mempererat hubungan dan meningktkan keaktifan dalam hubungan inernasional demi menuju perdamaian dunia.
Pembangunan Globalisasi yang sedang berlangsung ternyata bermanfaat bagi pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh bangsa Indonesia. Dengan adanya globalisasi ternyata membantu memudahkan pembangunan yang sedang berkembang di Indonesia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:10 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.