Home » » Beberapa Dampak Positif Globalisasi dan Contohnya

Beberapa Dampak Positif Globalisasi dan Contohnya

Arus globalisasi yang melanda seluruh dunia mempunyai dampak bagi bidang sosial budaya suatu bangsa. Pada awalnya, globalisasi hanya dirasakan di kota-kota besar di Indonesia. Namun dengan adanya kemajuan teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi globalisasi juga telah menyebar ke seluruh penjuru tanah air. Arus globalisasi yang penyebarannya sangat luas dan cepat tersebut membawa dampak positif dan negatif. Dampak positif globalisasi, antara lain sebagai berikut.

A.Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang kehidupan membawa pengaruh positif dalam masyarakat. Dalam bidang pertanian misalnya, perkembangan teknologi yang diterapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian. Selain keuntungan terhadap hasil produksi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mampu meningkatkan efektivitas sehingga terjadi efisiensi.

B.Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi
Efektivitas dapat diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan yang telah diinginkan. Sedangkan efisien dapat diartikan sebagai tepat, cermat, berdaya guna, dan bertepat guna dalam melakukan sesuatu.

Globalisasi memberikan manfaat yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Diantaranya adalah
terjadi efektivitas dalam penggunaan pikiran, tenaga, ataupun waktu. Hal ini tentunya membuat segala kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan lebih mudah.

Aktivitas Individu
Agar kalian dapat mendeskripsikan dampak positif dari globalisasi, lakukanlah kegiatan berikut!
  1. Amatilah dampak positif dari globalisasi yang terjadi di Indonesia!
  2. Setelah kamu amati, apa yang ingin kamu ketahui?
  3. Carilah informasi mengenai contoh efektivitas dan efisiensi yang terjadi sebagai akibat dari globalisasi di bidang berikut! a. Iptek, b. Komunikasi, c. Budaya
  4. Tulislah jawaban kalian di buku tugas!
  5. Kumpulkan hasilnya pada guru!
Efektivitas dan Efisiensi
AspekContoh
Iptek
  1. Membuat mobil : dengan adanya teknologi robot maka mobil bisa dibuat dengan lebih baik dan bermutu (efektif) dan dengan tenaga kerja yang lebih sedikit serta waktu yang lebih singkat (efisien).
  2. Pertanian : teknologi bisa membuat hasil panen sesuai dengan target (efektif) dan waktu tanam yang lebih singkat serta tenaga kerja yang lebih sedikit (efisien)
Komunikasi
  1. SMS : Pesan bisa langsung dan tepat ke penerima yang dituju (efektif) & biaya pesan lebih murah dan lebih cepat sampai (efisien)
  2. Video Call : Pesan bisa dilakukan secara tatap muka sehingga maksud dan tujuan pesan mudah diterima oleh penerima pesan (efektif) & biaya lebih murah dan cepat (efektif)
Budaya
  1. Festival Budaya Internasional : Bisa membina perdamaian dunia (efektif) & bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat : misalnya 1 atau 2 hari, hal ini tidak terlepas dari dukungan alat transportasi udara sehingga peserta cepat sampai ditempat festival meskipun berada di negara yang berbeda (efisien).
  2. Promosi Budaya Nasional : tujuannya bisa diketahui oleh masyarakat dunia (efektif) & bisa menggunakan iklan di media elektronik dan internet sehingga lebih cepat dilaksanakan (efisien)

C. Perekonomian Suatu Negara Semakin Meningkat
Globalisasi ekonomi tampak antara lain di bidang perdagangan, produksi, investasi, ideologi organisasi, pasar modal, dan pasar kerja. Globalisasi perekonomian ini mampu membawa banyak manfaat positif. Salah satu dampak positif kehadiran globalisasi ekonomi adalah semakin berkembang dan menggeliatnya perekonomian sebuah negara.

D. Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat
Meningkatnya perekonomian suatu negara pada akhirnya dapat membuat peningkatan taraf hidup masyarakat. Keadaan seperti ini akan membuat negara semakin aman, damai, dan tentram karena bisa menurunkan tingkat kriminalitas di negara tersebut. Dunia yang tanpa batas saat ini memungkinkan seseorang untuk berusaha meningkatkan taraf hidup dan keluarganya. Tidak sedikit warga negara kita yang bekerja di luar negeri untuk membiayai kebutuhan keluarganya di dalam negeri.

E. Komunikasi Semakin Cepat dan Mudah
Saat ini komonukasi sudah bergeser diantaranya dengan surat elektronik (e-mail), internet, telepon, media jejaring sosial, dan sebagainya. Saat ini media komunikasi tersebut lebih disukai masyarakat karena dianggap lebih cepat dan murah. Dalam hitungan detik pesan kita sudah tersampaikan.
Dampak Positif Globalisasi
F. Berkembangnya Dunia Pariwisata
Tempat-tempat wisata di Indonesia semakin dikenal masyarakat dunia lewat berbagai teknologi seperti internet dan media sosial lainnya. Selain itu penyebaran informasi melalui media internet atau aplikasi smartphone menjadikan tempat-tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan dengan mudah diketahui orang lain.

H. Perkembangan Alat Komunikasi dan Keterbukaan Informasi
Dengan adanya globalisasi untuk mendapatkan informasi lebih bebas, terbuka, dan mudah. Keterbukaan dan kebebasan informasi sangatlah penting terutama di masa globalisasi seperti sekarang. Saat ini informasi beredar secara global dan cepat. Berita, kejadian, atau hal-hal yang ada di belahan dunia mana pun, dalam hitungan detik

Aktivitas Kelompok
Dalam memperdalam pengetahuan tentang dampak positif globalisasi lakukanlah kegiatan berikut!
  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3 – 4 orang!
  2. Lakukanlah pengamatan dari berbagai media tentang kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia!
  3. Apa yang dapat kamu kemukakan dari hasil pengamatanmu?
  4. Diskusikanlah dengan teman kalian mengenai hal-hal berikut!
  5. Tulislah hasil diskusi kalian di lembar kertas yang disediakan oleh guru!
  6. Kalian dapat mencari informasi dari berbagai sumber untuk membantu diskusi!
  7. Presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas!
Efektivitas dan Efisiensi
BidangContoh
Politik Demokrasi semakin berkembang dengan baik, rakyat bisa bebas menyuarakan pendapatnya kepada pemerintah. Pemerintah juga mudah untuk menyerap aspirasi dari rakyat. Layanan seperti e-government bisa mempermudah arus komunikasi antara rakyat dengan pemerintah.
Ekonomi Ekonomi bisa berkembang dengan baik, pasar produksi bisa meluas ke seluruh pelosok negeri bahkan sampai mancanegara. Perdagangan bebas menjadi peluang yang besar untuk meningkatkan produksi sehingga bisa menambah devisa negara.
Sosial Budaya
    Kesejahteraan rakyat bisa meningkat dengan pendapatan per kapita juga meningkat dan berkurangnya pengangguran. Kebudayaan juga akan berkembang dengan baik karena budaya dari seluruh dunia bisa dilihat melalui media massa dan internet, sehingga budaya-budaya tersebut bisa saling memperkaya budaya yang sudah ada sebelumnya.
    Informasi
      Informasi bisa berjalan lebih cepat dan akurat. Tidak perlu pergi ke tempat jauh hanya untuk mengirim pesan,sekarang hanya dengan SMS, Whatsapp dan email kita bisa bertukar pesan secara langsung atau real time. Informasi secara online juga meningkat penggunaanya, misalnya dengan website, televisi dan radio
      Pendidikan
        Pendidikan sudah berkembang dengan cepat dengan menggunakan media elektronik seperti laptop,lcd proyektor dan powerpoint bisa membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami siswa. Selain penilaian juga menggunakan sistem berbasis komputer sehingga bisa dijamin hasilnya dan aspek kejujurannya.
        Posted by Nanang_Ajim
        Mikirbae Updated at: 10:28 PM

        0 komentar:

        Post a Comment

        Mohon tidak memasukan link aktif.