Home » » Teks Eksplanasi Menyalurkan Energi Listrik

Teks Eksplanasi Menyalurkan Energi Listrik

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya. Struktur teks ekplanasi terdiri dari Pernyataan Umum (Topik Masalah), Deretan Penjelas, dan Interpretasi (Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis). Berikut ini contoh teks eksplanasi.

Menyalurkan Energi Listrik
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi
karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.
Menyalurkan Energi Listrik
Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusatpusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya listrik, kini masyarakat dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tanpa listrik, tentunya hal tersebut tidak akan bisa terjadi. Lalu bagaimana dengan daerahmu? Apakah kamu telah merasakan manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari di rumah?

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

1. Apa saja jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik?
Sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik antara lain air sungai, panas bumi, dan angin.

2. Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik?
Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) berfungsi menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit listrik.

3. Mengapa energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?
Energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah agar sesuai tegangannya sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

4. Bagaimana sistim transmisi tersebut memiliki peran penting di era globalisasi sekarang ini? Jelaskan dengan singkat.
Dengan adanya listrik kini masyarakat dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. 

Berdasarkan hasil diskusi, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada diagram berikut!
Penyaluran Listrik
Paragraf 1 (Topik Masalah)

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Listrik memanfaatkan sumber energi aliran air sungai, panas bumi, dan aliran angin.

Paragraf 2 (Deretan Penjelas)
Energi listrik dinaikan tegangannya oleh transformator, listrik disalurkan melalui sistem transmisi SUTET, gardu induk menurunkan tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv, gardu distribusi menurunkan tegangan menjadi tegangan rendah 220 volt.

Paragraf 3 (kesimpulan)
Listrik membantu masyarakat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Listrik sangat berpengaruh terhadap proses globalisasi. Beragam benda elektronik yang berperanan terhadap terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memberikan peran yang sangat besar terhadap akses informasi ke berbagai belahan dunia. Dengan adanya listrik terjadi arus informasi yang dengan cepat bisa diakses oleh waga di berbagai penjuru dunia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:51 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.