Home » » Tahap Pembuatan Dendeng Daging Sapi Sambal Ijo

Tahap Pembuatan Dendeng Daging Sapi Sambal Ijo

Hasil perikanan dan peternakan dapat dibuat berbagai diversifi kasi bahan pangan setengah jadi seperti berbagai jenis bakso (bakso ikan, bakso daging, bakso ayam), nugget ikan, nugget ayam, bubuk agar-agar rumput laut, keju, mentega, kerupuk ikan, kerupuk udang, dan sebagainya. Bahan pangan setengah jadi hasil perikanan dan peternakan ini masih memerlukan proses atau tahapan pengolahan.

Bahan pangan setengah jadi masih memerlukan proses atau tahapan pengolahan agar bahan setengah jadi dari hasil perikanan dan perternakan ini memiliki kandungan gizi yang lebih bermanfaat dan aman bagi kesehatan tubuh, memiliki rasa yang menggoyang lidah, dan memiliki nilai estetika dengan kemasan yang menarik.

1. Identifi kasi Kebutuhan
Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, Dendeng daging sapi adalah salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat. Bahan dendeng daging sapi telah banyak dijual dalam bentuk kemasan di pusat oleh-oleh atau pasar swalayan.

2. Ide gagasan
Membuat “Dendeng Daging Sapi Sambal Ijo” dengan kreasi masing-masing.

3. Alat dan Bahan
Mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan secara lengkap. Apakah itu dengan cara membeli atau meminjam teman/tetangga. Bahan yang dibutuhkan antara lain : 1 kg daging sapi empuk, bumbu: 3 siung bawang putih, 6 siung bawang merah, 15 buah cabe hijau keriting, 1 sdm gula merah, daun jeruk nipis, penyedap rasa, dan garam secukupnya serta minyak untuk menumis. Sedangkan alat yang dibutuhkan antara lain : kuali/pengorengan, sutil, serokan, ulekan, dan spatula.
Alat dan bahan
4. Proses pembuatan
Proses pembuatan Dendeng Daging Sapi Sambal Ijo dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Sambel Ijo
  1. Siapkan daging sapi yang telah dibersihkan dan diiris tipis,  Jemur sebentar dendeng sapi sebelum digoreng agar hasilnya lebih garing dan renyah.
  2. Panaskan minyak dalam wajan.
  3. Goreng dendeng sapi hingga matang, angkat dan tiriskan. (Goreng dendeng sapi dengan api sedang agar tidak mudah gosong)
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe hijau keriting.
  5. Tumis sambal ijo yang telah dihaluskan hingga harum baunya, tambahkan garam dan gula secukupnya. Tambahkan pula daun jeruk nipis, aduk sampai harum
  6. Masukkan dendeng sapi goreng dalam tumisan sambal ijo, aduk rata dan tambahkan penyedap rasa secukupnya. Masak sampai bumbu meresap ke dalam daging.
  7. Dendeng sapi sambel ijo siap disantap.

KESELAMATAN KERJA
Perhatikanlah !
  • Gunakan celemek, ikat rambutmu jika perempuan agar tidak ada rambut yang terjatuh pada makanan saat bekerja. Cuci tangan sebelum bekerja atau gunakan sarung tangan.
  • Hati-hati dalam bekerja, baik dalam menggunakan peralatan tajam, listrik, kompor gas/minyak tanah maupun peralatan pecahbelah.
  • Kebersihan tempat kerja dan peralatan yang digunakan pada pembuatan hendaknya diperhatikan, baik saat akan memulai memasak maupun setelah selesai memasak.
  • Bekerjasama yang baik antar teman.
  • Matikan kompor dengan baik setelah selesai memasak.

5. Penyajian
Penyajian dendeng sapi sambal ijo menggunakan piring, nikmat disantap dengan nasi hangat. Jika suka dapat ditambah lalapan seperti: mentimun, daun selada, daun kemangi, atau tomat sesuai selera, akan menambah nilai gizinya

6. Evaluasi Diri
Di akhir pembuatan pengolahan pangan dendeng daging sapi ujilah hasilnya dengan cara mencoba/merasakan masakanmu. Buatlah angket penilain sederhana bagaimana rasanya, warna, aroma dan bentuk penyajiannya mintalah beberapa teman dan guru untuk mengisi angket tersebut. Jika ada yang kurang sesuai buatlah catatan evaluasinya sebagai bahan masukkan dan bahan perbaikan berikutnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:21 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.