Home » » Soal Evaluasi Tema 5 Kelas Vi Wirausaha

Soal Evaluasi Tema 5 Kelas Vi Wirausaha

Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu. Tujuan itu ialah supaya siswa mengalami perubahan yang positif. Penilaian berarti usaha untuk mengetahui sejauh mana perubahan itu telah terjadi melalui kegiatan belajar mengajar. Evaluasi dapat diartikan suatu pengamatan terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah lakunya. Kegiatan mengukur, menilai, dan mengevaluasi sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Kegiatan tersebut merupakan suatu tolak ukur yang dibutuhkan untuk mengetahui sejauhmana pencapaian pendidikan telah terlaksana.

Pada bagian akhir setiap tema yang ada di buku siswa kelas VI sekolah dasar biasanya diadakan evaluasi. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa setelah mengikuti pembelajaran dan menyelesaikan tema tersebut. Berikut ini adalah soal evaluasi Tema V Kelas VI sekolah dasar.

1. Apakah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) itu?
MEA adalah bentuk integrasi ekonomu ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN.

2. Apa manfaat dari MEA bagi Indonesia dan negara ASEAN lainnya?
  • MEA membuka kesempatan bagi seluruh pekerja di kawasan Asia Tenggara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka karena lapangan pekerjaan yang banyak tersedia.
  • Produk – produk baik dari Indonesia dan negara lainnya dapat diperdagangkan dengan bebas dan legal tentunya. Karena sudah banyak produk Indonesia yang di akui khususnya di kawasan Asia Tenggara.
  • MEA juga dapat mendorong peningkatan ekspor dan impor dengan adanya sistem yang bebas tarif dan bebas hambatan.
  • MEA juga dapat mendorong pertumbuhan investasi asing yang dapat memperkuat ketahanan modal di dalam negeri.

3. Apa yang perlu dipersiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu berpartisipasi dalam di MEA?
Kualitas sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asin. Untuk menghadapi pesaing yang tidak hanya datang dari dalam negeri, para pekerja harus menguasai bahasa asing minimal Bahasa Inggris, meningkatkan pofesionalisme seperti tekun, kerja keras, dan fokus.

4. Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan.
Magnet memiliki beberapa sifat, antara lain sebagai berikut :
  1. Magnet memiliki gaya tarik sehingga dapat menarik benda-benda lain. Gaya tarik magnet terkuat berada di kutub-kutubnya.
  2. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet tidak sesama tarik menarik dan sesama akan menolak 
  3. Magnet memiliki gaya yang dapat menembus benda.
  4. Sifat kemagnetan bisa hilang jika terbakar, dipukul-pukul atau dibanting.
  5. Jika digantung bebas magnet akan menunjukkan arah kutub utara dan selatan. Sifat ini dimanfaatkan dalam pembuatan kompas.

Medan magnet adalah ruang di mana sebuah benda yang berada di dalam ruang itu mendapat gaya magnet. Medan magnet digambarkan sebagai garis-garis lengkung yang disebut garis gaya magnet.

5. Sebutkan masing-masing 5 contoh benda magnetis dan benda nonmagetis yang ada di sekitarmu?
Benda magnetis adalah benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet. Benda ini biasanya terbuat dari logam besi atau baja. Contoh benda magnetis yang biasa kita temukan sehari-hari adalah pisau, paku, gunting, palu, penjepit kertas dan masih banyak lagi..

Benda nonmagnetis adalah benda-benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet. Biasanya benda nonmagnetis ini tidak mengandung logam, misalnya pensil, karet pengapus, penggaris kayu, ember plastik dan buku.

6. Sebutkan 3 cara membuat magnet.
Ada tiga cara membuat magnet, yaitu dengan cara menggosok, dengan cara induksi, dan dengan cara mengalirkan arus listrik.

Membuat Magnet dengan Gosokan
Besi yang semula bukan magnet, dapat dijadikan magnet. Caranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah agar magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Apabila magnet elementer besi telah teratur dan mengarah ke satu arah, dikatakan besi dan baja telah menjadi magnet.
Membuat Magnet
Membuat Magnet dengan Induksi
Besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan cara induksi. Caranya adalah besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang menyebabkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet sehingga dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya.

Membuat Magnet Dengan Cara Arus Listrik
Besi dan baja dapat juga dijadikan magnet dengan arus listrik. Caranya besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh aliran arus searah (DC) yang dihasilkan baterai. Hal ini menyebabkan magnet elementer letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet dan dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya.

7. Sebutkan contoh-contoh formulir yang kamu ketahui dan informasi penting apa yang biasa dituliskan pada formulir tersebut?

Beberapa contoh formulir beserta informasi penting yang harus dituliskan anatara lain sebagai berikut
  1. Formulir Pendaftaran Lomba : Informasi penting : Nama, Tempat Tanggal Lahir, Asal Sekolah, dan bidang lomba yang diikuti.
  2. Formulir Pendaftaran Ekstrakurikuler : Informasi Penting : Nama, Umur, Kelas, Nomor Induk Siswa
  3. Formulir Daftar Riwayat Hidup : Informasi penting : Nama, Alamat, Jenis Kelamin, Kewarganegaraan, Agama, Riwayat Pendidikan dan Kecakapan yang dimiliki
  4. Formulir Pengiriman Barang Dalam Negeri : Informasi penting : Nama, Alamat, Alamat penerima, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kode Pos.
  5. Formulir Ujian Sekolah : Informasi penting : Nama, Nomor Peserta, Tempat dan tanggal lahir, Nama mata pelajaran

8. Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup? Apa saja yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup?
Daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang menggambarkan diri pribadi secara singkat, pendidikan, serta mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. Beberapa informasi penting yang dicantumkan antara lain Nama, Alamat, Jenis Kelamin, Kewarganegaraan, Agama, Riwayat Pendidikan dan Kecakapan yang dimiliki.

9. Bagaimana kamu menghargai keberagaman usaha dan ekonomi yang ada di sekitarmu?
Cara menghargai keberagaman ekonomi orang lain antara lain sebagai berikut
1. Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
2. Menghormati orang yang sedang bekerja.
3. Menghargai pekerjaan orang lain.

10. Apa manfaat keberagaman ekonomi bagimu dan keluargamu?
Dengan adanya keberagaman ekonomi kebutuhan ekonomi kita dapat terpenuhi karena tidak semua kebutuhan dapat dicukupi sendiri namun membutuhkan bantuan dari orang lain.

11. Selesaikan soal-soal di bawah ini.
Hitunglah volume bangun gabungan berikut.

a. Hitunglah volume bangun di bawah ini
Volume gabungan
Bangun di atas merupakan bangun gabungan antara kubus dan balok
Volume kubus = s³ = 8³ = 512 cm³
Volume Balok = p x l x t = 16 x 8 x 5 = 640 cm³
Volume gabungan = 512 cm³ + 640 cm³ = 1.152 cm³

b. Hitunglah volume bangun di bawah ini
Volume Balok dan Prisma
Bangun tersebut terdiri dari prisma segi tiga dan balok
Volume Prisma Segitiga
= Luas Alas x Tinggi
= (½ alas x tinggi)  x tinggi
= (½ x 6 x 4) x 10
= 12 x 10
= 120 m³

Volume Balok
Volume = p x l x t
= 10 x 6 x 0,5
= 30 m³

Volume gabungan = 120 m³ + 30 m³ = 150 m³

c. Hitunglah Volume bangun di bawah ini
Volume Tabung dan kerucut
Bangun tersebut merupakan gabungan bangun tabung dan kerucut
Volume Tabung = Luas Alas x Tinggi
= πr² x tinggi
= 3,14 x 5² x 12
= 78,5 cm²  x 12
= 942 cm³

Volume Kerucut
Volume = 1.3 x Luas Alas x Tinggi
= ⅓ x πr² x tinggi
= ⅓ x 3,14 x 5² x 12
= ⅓ x 78,5 cm² x 12
= ⅓ x 942 cm³
= 314 cm²

Volume Gabungan = 942 cm³ + 314 cm³ = 1.256 cm³

Sebuah bola mempunyai diameter 18 cm. berapakah volume bola tersebut?
V = ⁴⁄₃πr³
V = ⁴⁄₃ x 3,14 x 9³
V = ⁴⁄₃ x 3,14 x 729
V = ⁴⁄₃ x 2.289,06 cm³
V = 3.052,08 cm³
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:33 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.