Home » » Sistem Pengendali Manual dan Otomatis

Sistem Pengendali Manual dan Otomatis

Sistem kendali adalah proses pengaturan/pengendalian terhadap satu atau beberapa besaran (variable, parameter) sehingga berada pada suatu rangkuman harga tertentu. Ditinjau dari segi peralatan, sistem kendali terdiri atas berbagai susunan komponen fisis yang digunakan untuk mengarahkan aliran energi ke suatu mesin atau proses agar dapat menghasilkan prestasi yang diinginkan.

Tujuan utama sistem kendali adalah mendapatkan optimasi yang diperoleh dari fungsi sistem kendali itu sendiri, yaitu: pengukuran (measurement), membandingkan (comparison), pencatatan dan perhitungan (computation), serta perbaikan (correction). Secara umum sistem kendali dapat dikelompokkan menjadi:
  1. Manual dan otomatis.
  2. Lup tertutup (closed-loop) dan lup terbuka (open-loop).
  3. Kontinyu (analog) dan diskrit (digital).
  4. Servo dan regulator.
  5. Menurut sumber penggerak: elektris, pneumatis (udara), hidraulis (zalir), dan mekanis.

Pada tulisan ini hanya akan membahas sedikit tentang pengendali manual dan otomatis saja. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini sistem kendali manual maupun automatik memiliki peran yang sangat penting. Sistem pengendalian proses terbagi menjadi dua yaitu sistem pengendalian manual dan sistem pengendalian otomatis.
  1. Pengendalian secara manual adalah pengendalian yang dilakukan oleh manusia yang bertindak sebagai operator. Pengendalian secara manual banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pada aliran air melalui keran, hidup-matikan lampu, televisi, radio, dan sebagainya. 
  2. Pengendalian secara otomatis adalah pengendalian yang dilakukan oleh mesin-mesin/peralatan yang bekerja secara otomatis dan operasinya di bawah pengawasan manusia. Pengendalian secara otomatis banyak ditemukan dalam proses industri, pengendalian pesawat, pembangkit tenaga listrik, dan sebagainya.

Peranan sistem kendali automatik adalah paling menonjol dalam berbagai keperluan hajat manusia atau bangsa yang telah maju peradabannya. Contoh konkret dapat kita temui pada pengendalian pesawat ruang angkasa, peluru kendali, sistem pengemudi pesawat, sateIit dan sebagainya. Sementara di industri diperlukan untuk pengendalian mesin-mesin produksi bidang manufaktur dan pengendalian proses seperti tekanan, temperatur, aliran, gesekan, kelembaban dan sebagainya.

TUGAS (LK - 3)
Carilah di berbagai sumber tentang alat-alat pengendali, setelah itu tuliskan hasilnya pada tabel berikut!
Sistem Pengendali
No.Nama AlatGambarFungsi
1.Lampu Otomatis
Lampu Otomatis
Lampu otomatis akan bekerja dengan kendali sensor.
2.Robot
Robot
Membantu manusia menyelesaikan pekerjaan atu tugas-tugasnya,
3.Remote TV
Remote TV
Remote berfungsi mematikan, menghidupkan televisi, memindah channel dan mengatur program TV.
4.Penyiram tanaman Otomatis
Penyiram Tanaman
Alat ini akan bekerja sesuai dengan program yang diberikan.
5.Autopilot
Autopilot
Memandu sebuah kendaraan tanpa campur tangan dari manusia

Pemakaian sistem kendali otomatis banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari baik dalam pemakaian langsung maupun tidak langsung, pemakaian tersebut dapat dikelompokkan menjadi:

  1. Pengendalian proses: suhu, aliran, tekanan, tinggi permukaan cairan, viskositas, dan lain-lain; misalnya pada industri kimia, makanan, tekstil, dsb. 
  2. Pembangkit tenaga listrik (pengendalian distribusi tenaga). 
  3. Pengendalian numeris (CNC): pengendalian yang membutuhkan ketelitian tinggi dalam proses yang berulang-ulang. 
  4. Transportasi; elevator, eskalator, pesawat terbang, dsb. 
  5. Servomekanis. 
  6. Bidang non teknis, seperti: ekonomi, sosiologi, dan biologi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:16 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.